Connect with us

Feature

Kidung Pisungsung, sebuah Sastra Mantra Corona

Published

on

Jayakarta News – Penggiat sastra mantra Jawa, R. Bambang Nursinggih, S.Sn seperti biasa, dengan bahasa Jawa halusnya hari ini (28/4/2020) berkirim pesan WhatsApp, “Punten dalem sewu menika kula kintuni gurit kangge waosan, gurit menika badhe kagiyaraken ing RRI Pro4 Yogyakarta mangke dalu.”

Jika diartikan, kurang lebih, “Mohon maaf, ini saya kirimi gurit (puisi berbahasa Jawa) untuk bacaan. Gurit ini akan disiarkan di RRI Pro4 Yogyakarta nanti malam”. Selama ini, penulis buku-buku Geguritan (puisi berbahasa Jawa) itu memang acap didaulat tampil di berbagai hajat.

Bambang Nursinggih, adalah sedikit sastrawan Jawa yang tinggal di Yogyakarta dan konsisten menekuni geguritan. Bukan hanya puisi berbahasa Jawa, oleh banyak kalangan, gurit karya Bambang Nursinggih bahkan masuk ranah sastra mantram atau sastra mantra. Mantram atau mantra, adalah doa.

Yang menarik, dalam banyak sastra mantra, Bambang tak lupa menukil ayat-ayat suci Alquran, dengan tetap diterjemahkan ke dalam bahasa Jawa yang puitis. Ia mengingatkan banyak orang kepada kiprah Sunan Kalijaga atau para wali yang lain.

Tak heran jika Bambang, yang juga anggota Teater Alam Yogyakarta angkatan tahun 80-an itu acap diminta berbagai pihak, baik perorangan, korporat atau institusi pemerintah untuk melakukan ritual sastra mantram. Suatu ketika, Bambang dan rombongan melantunkan geguritan di tengah sawah. Sebuah geguritan memohon berkah atas panen yang melimpah.

Kali lain, ia ada di tengah sungai juga mengidungkan geguritan sastra mantra sebagai penghargaan atas peran sungai dalam kehidupan manusia, pertanian, dan lain sebagainya. Tidak saja sebagai pengalir air, tetapi juga “penyedia” ikan-ikan yang bisa dikonsumsi masyarakat.

Bahkan, panitia acara pembukaan atau peresmian tempat usaha, pembukaan pameran lukisan, dan berbagai kegiatan lain sering pula meminta Bambang Nursinggih membacakan geguritan sastra mantram. Peran yang sesungguhnya lazim dibawakan oleh “pembaca doa” dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan.

Menjadi beda, karena Bambang membawakannya dengan geguritan yang dilantunkan dengan nada-nada tembang Jawa. Bambang dan kelompoknya (LKJ Sekar Pangawikan) juga berbusana Jawa, lengkap dengan blangkon dan kerisnya. Suasana yang terbangun menjadi sangat magis. Bahkan, orang tidak perlu harus mengetahui artinya, untuk bisa terhipnotis dalam suasana doa yang khusuk.

R. Bambang Nursinggih, S.Sn (tengah) memimpin pembacaan geguritan sastra mantram di RRI Pro4 Yogyakarta. (ist)

Sastra Mantra Corona

Akan halnya kegiatan malam ini. Saat Bambang dan kelompok geguritannya diminta RRI Pro4 Yogyakarta membawakan kidung sastra mantra berjudul “Kidung Pisungsun, Katur Pejuang Kamanungsan”. Begini gurit lengkapnya:

Dhokter, perawat, Tentara, Pulisi / lan Relawan pejuang kamanungsan kang tulus, / saguh nempuh kewuh, minangka beteng lan cucuk laku kang teguh / Panjenengane luruh ora adigang, adigung, adiguna, gumyur lan bingung, / kepara puguh, ngadhepi virus Korona kang angkuh / Lila legawa toh nyawa, ora keguh senajan pupus nempuh virus ampuh / Panjenengane tan lumuh mamrih harjane negara dimen saya kukuh bakuh

Atine sapa kang ora treyuh, / senajan dudu sanak, dudu kadang, kepara durung wanuh, / weruh Dhokter, perawat, Tentara, Pulisi lan Relawan / pejuang kamanungsan minangka cucuk laku, keluluh ing pupuh / Kang gugure gawe angluh sesepuh pinisepuh

Panjenengane gugur minangka tawur ing perang brubuh / Kang gawe angluh, ora gugur campuh mungsuh, / nanging mungsuh virus Korona ampuh / Panjenengane gugur minangka pejuang kamanungsan kang teguh

Minangka atur panuwun, sun sungsung Kidung pisungsung kang ampuh / minangka donga tetulak dimen virus Korona enggal mamprung ora tansah gawe kisruh

Ayo sedulur, cancut gumregut nyalik kampuh nglawan virus Korona kang ampuh / Memuji lan ngupiya cara, ora sembrana lan ngremehake ampuhe virus / Kanthi legawa, sawetara ora kumpul-kumpul ngalor ngidul, nggedebus, / kang resikan, kerep wisuh ara lumuh adus / Pambrasthane virus Korona mawa cara kang alus / Katempuh kanthi guyub rukun, ora bingungan lan kumenthus / Kanthi umbul donga kang tulus, virus Korona mesthi lampus / Temah negara negara rahayu lulus tulus

Minómartani, 27 Maret 2020

(roso daras)

SIMAK VIDEO-nya

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *