Connect with us

Fashion

Arumi Buka “Jember Fashion Kebaya Nusantara”

Published

on

JEMBER, JAYAKARTANEWS – Jember Fashion Kebaya Nusantara (JFKN)  merupakan salah satu bentuk upaya melestarikan budaya Bangsa Indonesia, khususnya para perempuan agar gemar menggunakan kebaya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dekranasda Prov. Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak saat membuka acara  JFKN di Halaman Kantor Bupati Jember, Jumat (23/12) malam.

Sebagai informasi, JFKN diikuti oleh sekitar 300 peserta yang diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi wanita yang ada di Jember hingga masyarakat umum yang ada di Jember.

JFKN ini dilaksanakan di ruangan terbuka dan disaksikan oleh masyarakat luas.

Menurut Arumi, panggilan akrabnya itu, JFKN yang dilakukan secara bersama dan melibatkan kaum ibu dan perempuan di Jember ini adalah wujud kecintaan yang nyata terhadap warisan budaya bangsa dalam menghadapi tantangan, pengembangan dan era globalisasi di Jawa Timur.

Karena itu, lanjut Arumi, Dekranasda Jatim akan terus berupaya ikut serta dalam mendukung dan mendorong perekonimian di daerah dalam meningkatkan kesejahteraan para pelaku usaha fashion, kerajinan hingga UMKM.

Arumi juga berharap agar generasi muda  melanjutkan tradisi memakai kebaya yang menjadi ciri khas para wanita Indonesia pada era modern saat ini. 

“Jember Fashion Kebaya Nusantara ini merupakan sebuah upaya dalam melestarikan warisan budaya berkebaya khususnya di era modern saat ini,” ungkapnya.

Kegiatan ini, lanjut Arumi selain melestarikan budaya bangsa juga turut menggerakkan roda perekonomian daerah untuk meningkatkan kesejahteraan pelaku usaha kebaya, menggerakkan sektor ekonomi hingga pelaku UMKM. Sehingga terjadi penguatan ekonomi secara domestik atau regional.

“Melalui Event ini kita berharap dapat menyejahterakan para keluarga di Kabupaten Jember,” ujar istri dari Wagub Emil Dardak ini.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto menyatakan bahwa kegiatan Fashion Kebaya Nusantara di Kab. Jember ini dipersembahkan kepada para Ibu Ibu hingga perempuan yang telah memberikan kontribusi terbaik bagi Kab. Jember.

Diharapkan, kegiatan ini akan menjadi agenda rutin tahunan sesuai tagline Kab. Jember menjadi Jember Fashion Carnival dunia.

Ketua Dekranasda Jember Kasih Fajarini mengatakan, bahwa Jember Fashion Kebaya Nusantara merupakan bentuk apresiasi khususnya kepada para kaum ibu atau perempuan yang Bulan ini dikenal sebagai Hari Ibu pada tanggal 22 Desember 2022.

Ia menyebut, bahwa Kebaya menjadi salah satu busana yang anggun digunakan oleh para perempuan Indonesia dimana keberadaannya wajib untuk dilestarikan. Oleh karenanya, dalam melestarikan kebaya Dekranasda Jember mengadakan kegiatan Fashion Kebaya Nusantara tahun 2022.

“Mudah mudahan melalui event ini dapat melestarikan kebaya sebagai bagian dari budaya perempuan Indonesia. Lewat Fashion Kebaya Nusantara ini akan menambah energi positif bagi para ibu dan perempuan untuk lebih kreatif dan inovatif di Jember,” tutupnya. (poedji)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *