Connect with us

Sosial Budaya

Tak Melulu Kue, Ini Pilihan Hamper Lebaran Kekinian

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Menjelang Hari Raya Idulfitri, banyak yang sibuk mencari referensi hamper Lebaran untuk saudara, rekan kerja, hingga orang terkasih. Masalahnya, ternyata tidak sedikit yang beranggapan jika hamper Lebaran identik dengan berbagai pilihan kue kering maupun makanan manis. Padahal, masih banyak produk ekonomi kreatif lainnya yang tidak kalah menarik untuk dijadikan hamper Lebaran.

Membahas hamper, ternyata berkirim hamper Lebaran kepada orang terkasih tak sekadar memberikan bingkisan saja. Nyatanya, berkirim hamper Lebaran juga bisa sebagai salah satu cara mempererat silaturahmi dengan orang lain hingga menumbuhkan rasa berbagi, sekaligus bersyukur atas segala hal yang didapatkan.

Lantas, apa saja referensi hamper Lebaran kekinian selain kue kering yang bisa diberikan kepada orang terkasih? Berikut pilihannya dikutip dari Laman Kemenparekraf, Minggu (7/4/2024).

Kain tradisional

Kalau ingin memberikan hamper Lebaran kekinian yang anti-mainstream, maka kain tradisional adalah pilihan yang tepat. Tak hanya terlihat berkelas, memberikan produk ekonomi kreatif satu ini sebagai kiriman hamper menjadi salah satu cara sederhana melestarikan budaya Indonesia.

Salah satu pilihan kain tradisional yang bisa diberikan sebagai hamper Lebaran adalah kain batik. Selain indah, setiap motif kain batik juga memiliki daya tarik tersendiri dan sarat akan filosofi. Beberapa rekomendasi kain batik yang bisa dipilih antara lain: Batik Solo, Batik Yogyakarta, Batik Pekalongan, maupun Batik Cirebon.

Kalau ingin yang lebih menarik lagi, bisa memberikan kain tenun ulos khas Batak atau kain tenun sasak khas Lombok sebagai hamper Lebaran. Saat ini ada banyak kreasi produk ekonomi kreatif dari kain tenun yang bisa dipilih, seperti tas, dompet, maupun taplak meja. 

Satu set baju muslim

Selanjutnya, Sobat Parekraf bisa memberikan satu set baju muslim sebagai hamper Lebaran untuk keluarga dekat. Supaya lebih berkesan, kita bisa memberikan satu set baju muslim spesial buatan jenama lokal. Mengingat, saat ini sudah banyak jenama lokal yang menghadirkan berbagai koleksi baju muslim yang bisa membuat seluruh anggota keluarga tampil kompak dan elegan saat Lebaran.

Sobat Parekraf bisa memberikan satu set baju muslim dengan motif-motif unik dan menarik. Apalagi, saat ini banyak jenama lokal ramah lingkungan yang memadukan warna alam serta unsur budaya Indonesia, dengan tetap memerhatikan nilai-nilai syariat dan kesederhanaan. 

Foto: Perlengkapan salat dan Al-Quran bisa menjadi piliihan hamper Lebaran (Shutterstock/mohdizuan)Foto: Perlengkapan salat dan Al-Quran bisa menjadi piliihan hamper Lebaran (Shutterstock/mohdizuan)

Perlengkapan salat

Pilihan hamper Lebaran kekinian yang patut dipertimbangkan adalah satu paket perlengkapan salat. Memberikan perlengkapan salat lengkap bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengingat, perlengkapan salat sudah pasti akan digunakan setiap hari untuk beribadah.

Bukan perlengkapan salat biasa, kali ini kita bisa memilih paket mukena atau sarung, beserta sajadah dengan motif maupun corak yang menarik. Bahkan, juga bisa melengkapinya dengan tasbih, Al-Quran mini, maupun kerudung.

Satu set alat makan

Hamper Lebaran tak melulu harus kain maupun alat salat. Ada satu referensi hamper Lebaran kekinian yang tidak kalah menarik dipertimbangkan, yaitu satu set alat makan. Tak hanya cantik, satu set alat makan bisa menjadi hadiah yang pasti berguna dan awet untuk jangka waktu lama.

Menariknya, saat ini hamper alat makan tidak melulu terbuat dari bahan pecah belah. Kita bisa memilih hamper alat makan estetik yang terbuat dari bahan kayu. Selain memiliki desain menawan yang tak lekang zaman, alat makan kayu juga akan jauh lebih aman dan ramah lingkungan.

Kaligrafi

Kaligrafi termasuk salah satu produk kriya yang bisa dipertimbangkan sebagai hamper Lebaran kekinian. Terlebih lagi, saat ini ada banyak desain kaligrafi dengan doa yang sangat cantik. Selain menggunakan bahan dasar kayu, tidak jarang ditemukan kaligrafi berbahan kaca maupun kuningan.

Berhubung akan diberikan sebagai hamper Lebaran, bisa memberikan kaligrafi yang dilengkapi dengan tulisan ayat suci Al-Quran. Selain indah dan bermakna, hamper kaligrafi bisa memberikan suasana sejuk dan tentram saat dipajang di rumah penerima.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *