Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Go-Jek dan Grab Tawarkan Solusi kepada Konsumen Ritel Hadapi Kemacetan

Published

on

LALU lintas yang cenderung macet di kawasan Asia, seperti di Indonesia, Korea, Thailand, Vietnam, telah mendorong orang berpikir kreatif dalam menjawab persoalan  tersebut. Untuk tetap bertahan dalam bisnis mereka, para pengeloa ritel besar pun beradaptasi dengan kecenderungan konsumen yang secara terbuka dan nyaman menggunakan jasa layanan transportasi online (daring) seperti Go-Jek dan Grab.

Kemacetan yang menjadi langgam hidup di kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, Bangkok dan kota-kota besar lainnya di Asia, tidak jarang membuat orang malas pergi ke toko grosir atau ritel. Bayangkan, untuk kasus di Depok, orang yang tinggal di kawasan Cisalak atau Simpang Depok, perlu menempuh waktu satu jam lebih –yang jaraknya kurang dari 20-km, untuk mencapai Margo City. Jl Margonda Raya, menjadi langganan macet pada Sabtu dan Minggu, yang berimbas ke jalan-jalan lain yang terkait. Lalu lintas bisa stak.

Untunglah, kini ada ojek online seperti Go-Jek dan Grab, yang bisa dioder untuk membelikan makanan atau kebutuhan lainnya di restoran atau supermarket. Para riteler besar pun kini sudah menggandeng kerjasama dengan dua platform transportasi daring itu.

 

Aeon misalnya, dalam bisnisnya di Indonesia ia telah bergabung dengan Go-Jek,  untuk memulai layanan belanja dan pengiriman ke rumah. Untuk belanja atau memesan barang di Aeon, pelanggan cukup  memesannya melalui smartphone untuk diambil di toko Aeon. Barang kemudian  akan dikirim oleh pengemudi Go-Jek. Dalam transaksinya,  Aeon di tokonya juga akan menerima  Go-Pay, uang digital yang dikelola Go-Jek.

Raksasa ritel Jepang ini memiliki dua pusat perbelanjaan besar di Indonesia. Kehadirannya di tanah air, langsung mendapat sambutan hangat konsumen kelas menengah ke atas. Tetapi, seiring dengan itu,  Aeon menyadari bahwa di  Asia Tenggara “konsumen telah mengubah sikap mereka dengan cepat,” kata Presiden dan CEO Aeon Motoya Okada. Itulah sebabnya, pihaknya kemudian menjalin kerjasama dengan  perusahaan berbasis internet seperti Go-Jek. Sebagai peritel, Aeon merasa dituntut untuk  cepat beradaptasi dengan kebutuhan konsumen.

Di Thailand, jaringan  hypermarket Tesco Lotus, juga membuka peluang bagi para  pelanggannya untuk memesan bahan makanan secara online melalui startup HappyFresh, untuk kemudian dikirimkan oleh perusahaan pemandu transportasi  yang berpusat di Singapura, Grab. TCC konglomerat Thailand juga merupakan bagian dari pengaturan serupa melalui afiliasi supermarket Big C.

Pengecer mencari kemitraan dengan aplikasi ini karena armada sepeda motor mereka dapat menavigasi lebih cepat daripada mobil melalui kota-kota yang terkunci di Asia Tenggara. Layanan transportasi  Grab, misalnya, dapat mengirimkan produk yang dipesan pada jam 5 sore  di Bangkok pada jam sibuk sore hanya dalam waktu lebih dari satu jam dari toko sekitar 6 km. Layanan ini tersedia untuk pesanan lebih dari 200 baht ($ 6) dan biaya 60 baht hingga 90 baht.

Bangkok adalah kota paling macet kedua di dunia – setelah Mexico City – sementara Jakarta yang ketiga, demikian menurut layanan pemetaan Belanda TomTom. Dengan bermitra dengan aplikasi “naik-memanggil”, pengecer dapat secara fleksibel mengirimkan pesanan ketika mereka diterima, apa pun kondisi lalu lintas, tanpa membangun jaringan logistik mereka sendiri.

Go-Jek dan Grab adalah dua aplikasi naik kendaraan terbesar di Asia Tenggara. Aplikasi Indonesia memiliki 1 juta pengemudi sepeda motor terdaftar, sedangkan mitra Singapura-nya memiliki 4 juta pengemudi mobil dan motor. Kedua perusahaan telah berkembang pesat karena kekurangan dalam transportasi umum di kawasan itu.

Grab telah meluncurkan layanannya di delapan negara, sementara Go-Jek mengklaim 100 juta pengguna di Indonesia dan telah mulai berekspansi ke luar negeri, dengan debutnya di Vietnam. Aplikasi ini juga telah mendiversifikasi layanan mereka dengan pembayaran digital dan pengiriman rumah.

Ekonomi digital telah mengalami pertumbuhan   lebih cepat di Asia Tenggara daripada tempat lain di dunia. Nilai pasarnya lebih dari tiga kali lipat menjadi $ 240 miliar pada tahun 2025, didorong oleh peningkatan lima kali lipat dalam e-commerce, demikian menurut perkiraan  Google dan Temasek Holdings  (pengelola “BUMN”  Singapura).

Tetapi pertumbuhan penjualan di toko brick-and-mortar seperti di Pasar Tanah Abang, mal-mal   di Asia Tenggara telah melambat secara signifikan. Di Indonesia, pasar terbesar di kawasan ini, penjualan di bulan Oktober naik hanya 2,9% pada tahun itu, dibandingkan dengan pertumbuhan dua digit hingga 2016. Akibatnya, pengecer di kawasan ini ditekan untuk menyesuaikan dengan perubahan kebutuhan konsumen.

Transmart Carrefour memulai upaya yang mirip dengan apa yang tahun lalu dilakukan  Aeon di Indonesia. KFC bekerja sama pada  Agustus dengan layanan pengiriman makanan yang berbasis di Jerman Foodpanda di Malaysia, dengan rencana untuk mengirimkan 70% dari tokonya pada akhir 2019, naik dari sekitar 30% sekarang.

Pengecer dan restoran juga dapat mengumpulkan data yang lebih rinci, seperti demografi pelanggan, dengan bermitra dengan aplikasi naik-memanggil yang memiliki layanan pembayaran.

“Kami dapat menerima nilai baru dengan bekerja sama dengan Go-Jek, yang telah menjadi infrastruktur penting untuk kehidupan sehari-hari,” kata Yoshiaki Naito, manajer umum Aeon Mall Jakarta Garden City.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *