Connect with us

Kesehatan

2 Tips Jaga Kesehatan Ala Menkes Budi

Published

on

Menteri Budi saat kunjungan ke klinik utama cuci darah milik YLI dan berbincang dengan pasien yang sedang melakukan cuci darah di klinik YLI.(Foto:Kemenkes)

JAYAKARTA NEWS – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melakukan kunjungan ke Yayasan Lions Club Indonesia (YLI) di Jakarta pada Rabu (6/3/2024). YLI merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengumpulkan dana dari masyarakat untuk kesehatan, pendidikan, dan lingkungan hidup, serta bantuan bencana alam dan kegiatan kemanusiaan lainnya.

Dalam sambutannya pada kunjungan itu, Menteri Budi menyampaikan, Indonesia akan memasuki puncak bonus demografi pada 2030. Pada tahun itu, penduduk Indonesia didominasi usia produktif sehingga menjadi momentum untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan menjadikan Indonesia negara maju.

“Nah, kalau negara maju itu pendapatan perkapitanya harus Rp 15 juta per bulan. Kalau masih di bawah itu, artinya belum bisa menjadi negara maju,” kata Menteri Budi.

Menteri Budi melanjutkan, untuk mencapai pendapatan per kapita, masyarakat usia produktif perlu dijaga. Salah satunya yang telah dilakukan Kementerian Kesehatan adalah meningkatkan layanan primer untuk puskesmas dan posyandu.

Menkes Budi mengungkapkan, mayoritas orang di dunia menganggap sehat adalah ketika sembuh dari penyakit. Padahal, strategi yang tepat adalah dengan fokus menjaga orang tetap sehat bukan mengobati orang sakit.

Menteri Budi juga membagikan dua tips untuk menjaga diri agar masyarakat tetap sehat, yakni mengatur pola makan dan berolahraga minimal tiga kali dalam seminggu.

“Menjaga kesehatan itu gampang cukup jaga makan dan olahraga,” kata Menteri Budi.

Menkes Budi menutup sambutannya dengan menyampaikan, kesehatan sangat penting sehingga semua orang harus tetap sehat dengan menjaga kesehatan dan tidak sakit. Ia menambahkan, upaya membangun Indonesia Sehat tidak bisa eksklusif dan hanya mengandalkan pemerintah, tetapi dilakukan semua pihak dan secara bersama-sama.

Selain itu, Menkes Budi menambahkan, upaya membangun Indonesia Sehat juga tidak bisa hanya menggunakan pendekatan program, tetapi mengutamakan pendekatan ke masyarakat. Ia menambahkan, bangsa Indonesia memiliki modal sosial yang luar biasa untuk bersama-sama menyelesaikan masalah kesehatan demi Indonesia Emas 2045.

Setelah memberikan sambutan, Menteri Budi melakukan kunjungan ke klinik utama cuci darah milik YLI dan berbincang-bincang dengan pasien yang sedang melakukan cuci darah di klinik YLI.***/mel

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *