Connect with us

Ekonomi & Bisnis

China Desak AS Hentikan Tindakan Keras tak Masuk Akal pada Huawei

Published

on

CHINA menyerukan Washington  untuk “menghentikan tindakan keras yang tidak masuk akal” terhadap Huawei setelah Amerika Serikat meningkatkan tekanan pada raksasa teknologi itu dengan mendakwanya atas tuduhan mencuri teknologi dan melanggar sanksi terhadap Iran.

Beijing  akan “dengan tegas membela” perusahaan-perusahaannya, pernyataan  kementerian luar negeri China. Namun hal itu  tidak memberi indikasi, apakah Beijing akan membalas dakwaan terhadap Huawei, merek teknologi global ternama China dan pembuat “perpindahan gigi” terbesar untuk perusahaan telepon dan internet tersebut.

Huawei Technologies Ltd., yang telah menghabiskan waktu satu dekade untuk memerangi tuduhan A.S. itu adalah front bagi mata-mata Tiongkok, membantah melakukan pelanggaran yang disebutkan dalam dakwaan Senin.

Kementerian luar negeri  mengeluh Washington telah “mengerahkan kekuatan negara” untuk melukai perusahaan-perusahaan China “dalam upaya untuk mencekik operasi yang adil dan adil.”

“Kami sangat mendesak Amerika untuk menghentikan tindakan keras yang tidak masuk akal terhadap perusahaan Cina, termasuk Huawei,” kata pernyataan yang dibacakan di TV pemerintah. Dikatakan Beijing akan membela “hak dan kepentingan sah perusahaan China” tetapi tidak memberikan rincian.

Tuduhan yang secara resmi disampaikan pada Senin oleh Departemen Kehakiman, menuduh Huawei mencoba mengambil sepotong robot dan teknologi lainnya dari laboratorium T-Mobile yang digunakan untuk menguji smartphone. Huawei melewati Apple pada pertengahan 2018 sebagai merek smartphone global terbesar kedua setelah Samsung.

Tuduhan A.S. tidak termasuk dugaan Huawei bekerja atas arahan pemerintah China. Namun Washington sebelumnya menuduh Beijing terlibat dalam cyberspying dan pencurian rahasia industri. Ini menuduh beberapa peretas dan pejabat intelijen Tiongkok.

Huawei juga didakwa menggunakan perusahaan  Hong Kong, Skycom, untuk berdagang dengan Iran yang melanggar kontrol A.S. Kejaksaan AS  menuduh kepala keuangan Huawei, Meng Wanzhou, berbohong kepada bank tentang transaksi itu.

Meng, putri pendiri Huawei Ren Zhengfei, ditangkap pada 1 Desember di Vancouver, sebuah langkah  yang memicu badai politik antara Cina dan Kanada.

“Kami mendesak AS untuk segera menarik surat perintah penangkapan terhadap Nona Meng Wanzhou dan berhenti membuat permintaan ekstradisi semacam itu,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri, Geng Shuang.

“Kami mendesak Kanada untuk mengambil  China yang serius, segera membebaskan Meng Wanzhou dan melindungi hak-haknya yang sah.”

 

Huawei, yang berkantor pusat di selatan kota Shenzhen, dekat Hong Kong, telah menolak tuduhan A.S.

“Perseroan membantah bahwa pihak kami atau anak perusahaan atau afiliasinya telah melakukan salah satu dari pelanggaran hukum AS yang dinyatakan dalam masing-masing dakwaan,” kata pernyataan Huawei.

Huawei “tidak melihat adanya kesalahan yang dilakukan oleh Meng, dan percaya pengadilan AS pada akhirnya akan mencapai kesimpulan yang sama,” katanya.

Meng keluar dengan jaminan di Vancouver dan dijadwalkan di pengadilan Selasa ini saat dia menunggu proses ekstradisi.

Huawei mengatakan jaksa A.S. menolak permintaan untuk membahas penyelidikan setelah penangkapan Meng. Ia juga mencatat tuduhan dalam tuduhan rahasia dagang adalah subjek dari gugatan perdata A.S. yang telah diselesaikan.

Tuduhan terbaru dapat meredupkan prospek pembicaraan perdagangan AS-Cina yang akan dimulai Rabu di Washington.

Presiden Donald Trump dan mitranya dari Tiongkok, Xi Jinping,  setuju pada 1 Desember lalu untuk menunda sanksi lebih lanjut terhadap ekspor satu sama lain ketika mereka bernegosiasi. Sebuah gangguan kemungkinan akan menyebabkan tarif yang lebih tinggi, prospek yang telah mengguncang pasar keuangan selama berbulan-bulan.

Pers China yang sepenuhnya dikontrol negara telah menggambarkan Huawei sebagai korban upaya pemerintah AS untuk melumpuhkan calon penantang industri Amerika.

“Ini bukan hanya masalah Huawei. Ini melibatkan seluruh bangsa China, ” kata Qin Xiaohua, yang bekerja di industri keuangan di Beijing. “Kita harus bersatu tidak peduli sebagai individu atau sebagai negara yang terintegrasi.”

Sementara pihak berwenang A.S. mengklaim akan  kebebasan pengadilan, “Orang-orang Tionghoa biasa semua percaya itu adalah tindakan keras terhadap Huawei,” kata Lu Feng, seorang ekonom di Universitas Peking. Dia mengatakan Beijing akan melihat “kaitan ini  hubungan dagang China-AS. . ”

“Perbedaan dalam pemahaman akan membawa masalah yang rumit,” kata Lu.

Ditanya tentang kemungkinan dampak kasus Huawei pada pembicaraan perdagangan, juru bicara kementerian luar negeri, Geng, mengatakan, “seperti untuk relasi China-AS. pembicaraan perdagangan dan posisi kami dalam hal ini, saya pikir A.S. juga cukup jelas tentang hal itu. ”

Pejabat Departemen Kehakiman memberikan perincian dari dakwaan grand count juri 10-hitungan di Seattle, dan kasus 13-hitungan terpisah dari jaksa penuntut di New York.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *