Segarnya Aroma Pinus di Pantai Panjang

 Segarnya Aroma Pinus di Pantai Panjang
Pantai Panjang Bengkulu. Foto: Parasian Sitanggang

BENGKULU terkenal dengan sebagai salah satu tempat bersejarah, dimana presiden pertama Indonesia Bapak Ir. Sukarno, diasingkan. Tidak hanya bangunan bersejarah yang menarik minat wisatawan, tapi juga banyak destinasi wisata menarik di sana. Salah satunya Pantai Panjang.

Nama Panjang tidak hanya digunakan oleh Pantai Panjang Bengkulu, beberapa tempat juga memakai nama yang sama, seperti Pantai Sepanjang di Yogya, Pulau Panjang di Jepara, Pantai Jembatan Panjang di Malang, Jawa Timur, Pantai Pasir Panjang di Singkawang, Pontianak, Kalimantan Barat

Yang ini, Pantai Panjang Bengkulu yang memiliki garis pantai sepanjang 7 km, dan lebar 500 m. Pantai ini tidak terdapat karang, sehingga ketika ombak besar, sangat mudah menjilat daratan. Keindahan pantai ini terlihat ketika air surut karena hamparan pasir putihnya jadi semakin luas. Dan yang paling ditunggu para pengunjung adalah saat menikmati matahari tenggelam. Warna yang berpeda di permukaan air laut, memanjakan mata dan membuat hati merasa terkagum-kagum.

Pantai ini tergolong bersih, namun sangat tidak disarankan untuk berenang atau mandi. Karena pantai ini tergolong memiliki ombak yang cukup besar, hampir menyerupai ombak di Kepulauan Mentawai. Jika di Mentawai banyak wisatawan luar negeri berselancar, di Pantai Panjang, jarang sekali terlihat perselancar baik dari lokal maupun dari luar negeri.

Pantai Panjang ini terletak di 3 kecamatan yakni, Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Teluk Segara dan Kecamatan Ratu Samban. Dari Pusat Kota Bengkulu jaraknya kira-kira mencapai 3-4 Km.

Menikmati makan siang di tengah hutan pinus Pantai Panjang, Foto: Parasian Sitanggang

Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan di sana, seperti jogging, volly pantai, berjemur, berenang, berkemah dan hingga mencoba berbagai wisata kuliner yang terletak di sepanjang Pantai Panjang.

Pantai panjang ini terletak sejajar dengan Pantai Tapak Paderi dan Pantai Jakat. Di Sepanjang pantai ini terdapat beberapa warga menawarkan transportasi sejenis delman. Para pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan pantai serta menikmati sejuknya udara pantai. Harga yang ditawarkan untuk diantar delman menyisir pantai tersebut tergolong terjangkau, yakni Rp. 30.000.

Beberapa warga menuturkan bahwa pengunjung Pantai Panjang paling ramai pada pagi hari dan sore hari. Biasanya banyak yang melakukan jogging, diarea jogging track yang tersedia pada waktu tersebut.

Fasilitas pantai ini masih banyak perlu ditambah, seperti penambahan pengawas penjaga pantai. Karena disana tidak ditemukan sedikitpun penjaga pantai. Di Sepanjang Pantai Panjang banyak terdapat restoran, café, penginapan, area bermain, dan pusat perbelanjaan.

Pantai ini juga unik, jika pada umumnya banyak pantai ditanami pohon kelapa, tetapi pohon terbanyak ditanami adalah pohon pinus dan pohon cemara. Kesegaran dari aroma pinus dan cemara ini membuat suasana pantai, benar-benar membuai.

Pantai Panjang tidak dikenai harga tiket masuk, alias gratis. Hanya saja ditempat-tempat tertentu ada beberapa area parkir yang dikenakan biaya.

Untuk mancing, di sepanjang pantai tersebut sangat jarang ada pemancing. Warga lokal menuturkan bahwa untuk mendapat ikan, nelayan harus jauh melaut ke arah Samudera Hindia. Lokasi ini memang cocok untuk berekreasi, disarankan agar ke Pantai ini pada pagi hari dan merupakan hari kerja. Jika anda mengunjungi lokasi ini pada sore hari dan pada saat momen hari libur, suasana menjadi sangat tidak nyaman, karena penduduk lokal dan wisatawan ramai sekali, dan siang hingga sore hari disana sangat panas menyengat lebih cocok untuk berjemur.

Karena itu, banyak yang melakukan aktivitas di sepanjang pantai Panjang pada pagi hari adalah, jogging, bersepeda, berswafoto dengan latar belakang matahari terbit hingga bermain pasir. Menjelang siang hari, beberapa akan memilih meneduh di warung makan dan restoran sambil menikmati es kelapa muda, kalaupun ada yang di pinggir pantai saat siang hari, biasanya ingin berjemur. Pada sore hari banyak yang memilih untuk jogging, bersepeda, atau sekedar duduk-duduk menikmati matahari terbenam dan berswafoto dengan latar belakang matahari terbenam.

Untuk menuju lokasi terdapat berbagai macam transportasi seperti angkutan umum, minibus, taksi, atau mobil sewaan. Jika dari pusat kota Bengkulu rute yang baik digunakan adalah dari Jl. Fatmawati lurus hingga menuju Jl. Ratu Agung. Selanjutnya terus melewati Jalan Samudra, kemudian memilih Jalan Pariwisata. Dari pusat kota bengkulu membutuhkan waktu kira-kira 15 menit. Pantai ini memiliki nama asli Pantai Panjang Putri Gading Cempaka. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *