Connect with us

Kabar

Pesepakbola Paling Tajir 2023 Versi Forbes

Published

on

Ronaldo saat menerima penghargaan sebagai pemain tersubur di Liga Arab Saudi. [Foto Screenshot: Channel MS Football]

JAYAKARTA NEWS – Berbicara tentang sepakbola tahun ini memang luar biasa dengan kontrak-kontrak menggelegar di Arab Saudi dan tanda tangan pemain besar di Major League Soccer (MLS). Tetapi, di puncak daftar finansial, para bintang terkenal seperti Ronaldo, Messi, dan Neymar tetap memimpin.

Majalah Forbes, kembali merilis pesepakbola dunia dengan pendapatan paling top. Forbes menjelaskan bagaimana metode pemeringkatan para pesepakbola tersebut. Peringkat Forbes tentang pemain sepakbola tajir dalam menerima bayaran di dunia mewakili total gabungan pendapatan di lapangan untuk musim 2023-24, termasuk gaji dasar, bonus, dan, dalam beberapa kasus, kesepakatan hak citra klub, serta perkiraan di luar lapangan yang mencakup pendapatan dari endosmen, lisensi, dan berbagai tawaran komersial yang telah diumumkan atau diperkirakan pada tanggal pengajuan. Kompensasi luar lapangan juga mungkin mencakup potongan saham, bonus keberhasilan, dan kerja sama dengan mitra sponsor liga dan klub. Semua angka diperoleh dari sumber yang dapat dipercaya; jumlah ini adalah perkiraan belaka dan bersifat subjektif.

Forbes mencatat, dalam beberapa tahun terakhir, ada lonjakan besar dalam gaji pemain sepakbola terbaik di dunia. Perpindahan pemain top ke Liga Pro Arab Saudi, telah mengubah lanskap finansial sepakbola, dengan sejumlah pemain top memperoleh gaji luar biasa. Hal ini juga menunjukkan bagaimana negara Arab Saudi berusaha mengembangkan industri olahraga mereka.

Meskipun pemain-pemain terkenal seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, dan Neymar mendominasi daftar ini, yang menarik adalah bagaimana beberapa pemain muda seperti Erling Haaland dan Kylian Mbappé, juga masuk ke dalam daftar ini dengan pendapatan yang signifikan. Ini menunjukkan bahwa prestasi di lapangan, bersama dengan daya tarik komersial dan sponsor, berdampak signifikan pada penghasilan pemain.

Sementara angka-angka ini bisa menjadi kontroversial dan disoroti dalam konteks transfer dan lonjakan gaji yang signifikan, mereka mencerminkan pentingnya pemain dalam industri sepakbola saat ini. Pemain memiliki pengaruh besar baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan, dan klub-klub berusaha untuk memanfaatkan daya tarik dan citra pemain untuk tujuan finansial mereka sendiri.

Bujukan Klub

Untuk meyakinkan Neymar meninggalkan Ligue 1 Prancis dan bergabung dengan Liga Pro Arab Saudi, klub barunya, Al Hilal, harus memberikan tebusan yang luar biasa. Bintang Brasil berusia 31 tahun itu dikabarkan menerima sebuah istana lengkap dengan staf, armada mobil mewah, dan akses ke jet pribadi. Selain itu, ia mendapatkan bonus atas kemenangan tim dan postingan media sosial, serta izin untuk tinggal bersama kekasihnya, meskipun dibatasi oleh hukum Islam. Semua itu ditambah dengan perkiraan $80 juta kompensasi di lapangan ($112 juta total pendapatan) yang diharapkan Neymar terima musim ini.

Al Hilal mampu melakukannya. Klub ini adalah salah satu dari empat klub yang diambil alih oleh Dana Investasi Publik Arab Saudi senilai $700 miliar pada bulan Juni, dan merupakan bagian penting dari ambisi besar Kerajaan Saudi di dunia olahraga. Sama seperti yang mereka lakukan dengan LIV Golf, Arab Saudi berambisi untuk mengguncang lanskap sepakbola global dan menciptakan tujuan baru bagi para pemain terbaik. Dan mereka tidak segan-segan mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk mendatangkan sejumlah bintang.

Menurut Deloitte, klub-kubu Liga Pro Arab Saudi royal menggelontorkan hampir $1 miliar untuk mengakuisisi 94 pemain asing selama bursa transfer musim panas 2023. Itu belum termasuk jumlah yang fantastis yang ditawarkan kepada pemain yang menolak meninggalkan klub-klub Eropa mereka, termasuk paket senilai $1,1 miliar yang dilaporkan ditawarkan untuk mencoba membujuk Kylian Mbappé dari Paris-Saint Germain selama satu tahun, atau kesepakatan tiga tahun senilai $1,6 miliar yang disodorkan kepada Lionel Messi sebelum ia memilih melanjutkan karirnya di MLS.

Secara keseluruhan, sebelas pemain sepakbola terbaik di dunia diproyeksikan akan menghasilkan $995 juta musim ini sebelum pajak dan biaya agen, dengan lima di antaranya mencapai lebih dari angka sembilan digit. Ini adalah lonjakan yang mengesankan sebesar 53% dibandingkan dengan daftar tahun lalu, yang menempatkan sepuluh pemain pada total $652 juta. Pemain-pemain Liga Pro Arab Saudi menduduki empat posisi tahun ini dan menyumbang lebih dari setengah dari total pendapatan 2023, terutama berkat kesepakatan di lapangan yang menguntungkan.

Cristiano Ronaldo, yang menduduki puncak daftar pemain sepakbola terbaik yang dibayar pada tahun 2021, menduduki posisi pertama dengan perkiraan pendapatan total $260 juta. Keputusannya untuk pindah ke Al Nassr Arab Saudi awal tahun ini, setelah putus hubungan dengan Manchester United, menjadi pemicu eksodus ke Kerajaan tersebut. Ronaldo diproyeksikan mendapatkan $200 juta di lapangan, tetapi kesepakatannya diyakini mencakup upah bermain serta insentif keuangan dari kesepakatan komersial yang difasilitasi oleh klub. Dan meskipun Al Nassr kemungkinan membeli sebagian hak citra Ronaldo, dia masih memiliki portofolio endosmen yang menguntungkan (termasuk Nike dan Jacob & Co), menghasilkan perkiraan $60 juta per tahun.

Arab Saudi memang dikenal sebagai negara yang kurang transparan dalam urusan bisnis mereka, terutama dalam pengeluaran yang tampaknya melebihi logika bisnis. Forbes berbicara dengan lebih dari selusin pihak yang berada di dalam industri untuk merinci perkiraan kontrak ini, dan ada konsensus kuat bahwa beberapa laporan publik tentang gaji pemain sepakbola mungkin terlalu dibesar-besarkan. Ini mungkin dilakukan untuk mengurangi dampak reputasi karena bermain di negara yang dituduh melakukan “sportswashing” untuk mengalihkan perhatian dari catatan hak asasi manusia mereka. (Dalam wawancara baru-baru ini dengan Fox News, Pangeran Mohammed bin Salman, ketua Dana Investasi Publik, mempertahankan alasan tersebut: “Jika ‘sportswashing’ akan meningkatkan PDB saya sebesar satu persen, maka saya akan terus melakukannya.”) Atau angka gaji yang sangat tinggi ini mungkin digunakan untuk menarik lebih banyak pemain bermain di Arab Saudi. Meskipun informasi kontrak yang pasti, termasuk dokumen yang bocor dan pengajuan publik, kadang-kadang muncul, pihak-pihak dalam dunia sepakbola menyarankan bahwa beberapa angka yang dilaporkan adalah perkiraan yang didasarkan pada informasi terbatas dari perantara yang terlibat dalam kesepakatan masing-masing.

Tetapi jika tujuan mereka adalah pendapatan yang berkelanjutan, Liga Pro Arab Saudi jelas memerlukan model ekonomi yang lebih berkelanjutan. Liga Super China adalah contoh peringatan yang sudah dikenal: Klub-klubnya menghabiskan lebih dari $1 miliar untuk transfer selama tahun 2016 dan 2017, untuk membawa bintang-bintang seperti Oscar dari Brasil dan Hulk serta Carlos Tevez dari Argentina ke liga yang sedang berkembang. Tetapi setelah hampir satu dekade, mimpi besar sepakbola Xi Jinping telah menjadi mimpi buruk. Ekonomi China melambat, minat investor merosot, sponsor dan pemirsa berkurang, klub-klub berjuang dengan gaji, dan banyak pemain dan pelatih asing mengundurkan diri, sebagian karena kebijakan Covid-19 yang ketat. Pada tahun 2022, klub-klub liga tersebut menghabiskan hampir $30 juta untuk transfer.

Sementara itu, Liga Pro Arab Saudi sudah mengalami turbulensi. Dalam 18 bulan ter

akhir, Pusat Penyelesaian Sengketa FIFA telah mengadili 21 kasus yang diajukan oleh pemain-pemain melawan klub-klub Arab Saudi, dengan tuntutan mulai dari pemutusan kontrak yang tidak adil hingga tidak pembayaran gaji, menurut The Athletic. Pemain-pemain tersebut memenangkan setiap kasus, dan total yang dibayarkan kepada para atlet yang merasa dirugikan lebih dari $16 juta. Tahun lalu, dengan meningkatnya kekhawatiran tentang viabilitas pembayaran, FIFPro, serikat internasional yang mewakili 65.000 pemain, menyarankan pemain untuk tidak pindah ke Arab Saudi.


Untuk saat ini, Kerajaan dapat mengeluarkan sebanyak mungkin cek dengan banyak angka nol sesuai keinginan mereka, berkat sumber daya keuangan yang mendalam. Sementara itu, peraturan Fair Play Keuangan di Eropa mencegah klub mengeluarkan lebih banyak daripada yang mereka hasilkan, yang berarti Liga Besar Eropa hanya dapat mengikuti sejauh itu. Memang, banyak transfer Arab Saudi adalah pemain yang berada di akhir karier mereka masing-masing, sehingga menjaga minat dalam liga memerlukan kreativitas. “Semua orang masih mengikuti Ronaldo, semua orang mengikuti [Karim] Benzema dan semua pemain kelas dunia ini,” kata Rossi Biddle, pemilik firma pemasaran olahraga XtraTimeFC. “Tetapi para pemain ini hanya memiliki dua tahun tersisa, jadi apa yang akan terjadi setelah itu? Apakah akan pergi ke klub-klub Eropa terkemuka untuk membebaskan pemain yang sudah menua? Atau apakah kita akan melihat kesepakatan gaya Messi dalam waktu yang sangat dekat?”

Untuk membujuk pemain berusia 36 tahun itu bergabung dengan Major League Soccer, perjanjian Messi dengan Inter Miami kabarnya mencakup porsi pendapatan dari mitra liga seperti Adidas dan Apple TV, serta opsi untuk membeli saham di Inter Miami ketika ia pensiun. Dikombinasikan dengan pendapatan di luar lapangan sebesar $70 juta per tahun, yang meningkat seiring dengan kemenangan Argentina dalam Piala Dunia 2022 dan kepindahannya ke Amerika Serikat, Messi menduduki peringkat kedua dengan perkiraan pendapatan total sebesar $135 juta. Hal ini menjadikan Messi pemain MLS pertama yang masuk dalam sepuluh besar sejak David Beckham pada tahun 2012. (MLS memungkinkan tiga “pemain yang ditunjuk” per roster, yang memungkinkan gaji melebihi batas anggaran liga.)

Tentu saja, Messi dan pemain lain yang menuju Arab Saudi, seperti Karim Benzema dari Al Ittihad ($106 juta) dan Sadio Mané dari Al Nassr ($52 juta), bukan satu-satunya yang mendapatkan gaji besar. Mbappé, yang turun dari peringkat pertama tahun lalu ke peringkat keempat di daftar ini, memimpin semua pemain berbasis Eropa dengan perkiraan pendapatan sebesar $120 juta. Tiga pemain Premier League masuk dalam daftar, termasuk rekan satu tim Manchester City, Erling Haaland ($58 juta) dan Kevin De Bruyne ($39 juta), serta Mohamed Salah dari Liverpool ($53 juta). Harry Kane, dalam musim pertamanya dengan Bayern Munich, dan Robert Lewandowski dari Barcelona melengkapi sepuluh besar, dengan perkiraan pendapatan total sebesar $36 juta dan $34 juta, masing-masing.

Berikut 11 pesepakbola dengan pendapatan tertinggi di dunia:

1. $260 Juta
Cristiano Ronaldo, USIA: 38 | TIM: AL NASSR | KEWARGANEGARAAN: PORTUGAL | DI LAPANGAN: $200 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $60 JUTA

Pengusaha baru Arab Saudi Ronaldo tidak malu-malu dalam memanfaatkan ketenarannya sebagai bintang iklan. Dia muncul dalam video yang diposting oleh Al Nassr, mengenakan pakaian tradisional Arab Saudi, untuk mempromosikan Hari Nasional Kerajaan tersebut, dan juga mempromosikan pertandingan tinju Tyson Fury melawan Francis Ngannou yang akan datang di Riyadh. Ronaldo juga terus mempromosikan mitra-mitra bisnisnya sendiri, dengan iklan untuk Clear, Herbalife, dan Binance, antara lain, muncul di akun Instagramnya selama dua bulan terakhir.

2. $135 juta
Lionel Messi, USIA: 36 | TIM: INTER MIAMI | KEWARGANEGARAAN: ARGENTINA | DI LAPANGAN: $65 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $70 JUTA

Efek Messi tidak hanya mempercepat permintaan tiket dan mengirim harga naik untuk Inter Miami, tetapi juga untuk klub-klub di seluruh MLS. Dalam pertandingan mereka melawan Miami pada bulan Oktober, saat sang GOAT absen karena cedera, Chicago Fire berhasil menarik rekor klub dengan 62.124 penonton di Soldier Field dan menghasilkan pendapatan sekitar $7 juta hingga $10 juta, lebih dari semua pertandingan kandang mereka selama musim ini yang digabungkan. Kedatangan Messi di tanah Amerika juga dicatat dalam sebuah dokumenter Apple TV yang baru saja dirilis.

3. $112 juta
Neymar Jr., USIA: 31 | TIM: AL HILAL | KEWARGANEGARAAN: BRAZIL | DI LAPANGAN: $80 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $32 JUTA

Oktober telah menjadi bulan bersejarah bagi Neymar – ia mencetak gol pertamanya dengan klub barunya, Al Hilal Arab Saudi, dan menyambut kelahiran anak keduanya, seorang bayi perempuan. Di luar lapangan, ia tetap aktif dengan daftar sponsor yang mencakup Puma, Konami, dan Red Bull. Baru-baru ini, Neymar mengumumkan kerja sama dengan peternakan kuda Portugal, Team Campline.

4. $110 juta
Kylian Mbappé, USIA: 24 | TIM: PARIS SAINT-GERMAIN | KEWARGANEGARAAN: PRANCIS | DI LAPANGAN: $90 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $20 JUTA

Keputusan Mbappé untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan Paris-Saint Germain di Prancis menjelang musim Ligue 1 baru, membuatnya berselisih dengan pemilik PSG – dengan klub bahkan memilih untuk mengeluarkannya dari tur pramusim di Jepang. Dua belah pihak sepertinya telah memperbaiki hubungan mereka, tetapi desas-desus tentang Mbappé mewujudkan impian masa kecilnya untuk bermain untuk Real Madrid semakin keras. Klub Spanyol yang terkenal, yang telah mengejarnya sebelumnya, kabarnya berencana untuk melakukan dorongan besar lainnya pada musim panas mendatang.

5. $106 juta
Karim Benzema, USIA: 35 | TIM: AL ITTIHAD | KEWARGANEGARAAN: PRANCIS | DI LAPANGAN: $100 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $6 JUTA

Benzema mungkin telah mengikuti mantan rekan setimnya dari Real Madrid, Ronaldo, ke Arab Saudi, tetapi ketika ditanya tentang kepindahannya, pemenang Ballon d’Or saat ini memberikan penjelasan yang sangat pribadi untuk transfer tersebut. “Itu tempat di mana saya ingin berada karena penting bagi saya untuk berada di negara Islam, di mana saya merasa orang-orang sudah seperti saya,” kata Benzema kepada media pada bulan Juni. “Ini akan memungkinkan saya memiliki kehidupan baru dan saya tak sabar untuk tinggal di sana.”

6. $58 juta
Erling Haaland, USIA: 23 | TIM: MANCHESTER CITY | KEWARGANEGARAAN: NORWEGIA | DI LAPANGAN: $46 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $12 JUTA

Haaland mencetak 52 gol di semua kompetisi musim lalu, menghancurkan rekor pemain Premier League. Kesuksesan gemilangnya ini telah menarik perhatian Real Madrid, yang kabarnya mendorong Manchester City untuk membuka kembali pembicaraan kontrak dengan bintang 23 tahun mereka, meskipun masih memiliki hampir empat tahun tersisa dalam kontraknya. Di luar lapangan, Haaland memiliki kesepakatan menguntungkan dengan Nike dan muncul di sampul video game EA Sports FC 2024, yang diubah namanya setelah kemitraan EA dengan FIFA berakhir.

7. $53 juta
Mohamed Salah, USIA: 31 | TIM: LIVERPOOL | KEWARGANEGARAAN: MESIR | DI LAPANGAN: $35 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $18 JUTA

Mo Salah hampir menjadi pemain sepakbola Arab Saudi termahal hingga saat ini, dengan Al Ittihad dikabarkan menawarkan biaya transfer sebesar $190 juta. Liverpool menolak, sehingga Salah akan tetap bermain di Anfield dalam waktu yang bisa diprediksi. Bintang Mesir ini juga memiliki sepatu tanda tangannya sendiri dengan Adidas dan baru-baru ini menjadi subjek studi Harvard Business School tentang negosiasi kontrak terbarunya.

8. $52 juta
Sadio Mané, USIA: 31 | TIM: AL NASSR | KEWARGANEGARAAN: SENEGAL | DI LAPANGAN: $48 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $4 JUTA

Mané telah menjadi salah satu pemain sepakbola paling produktif dalam sejarah Senegal, memimpin tim nasional dengan 37 gol sepanjang karirnya. Dia juga memiliki kesuksesan serupa dalam karier klubnya, berbagi Sepatu Emas Liga Premier dengan mantan rekan setimnya Salah di Liverpool pada tahun 2018-19. Dua tahun lalu, Mané menandatangani perpanjangan kontrak jangka panjang dengan New Balance.

9. $39 juta
Kevin De Bruyne, USIA: 32 | TIM: MANCHESTER CITY | KEWARGANEGARAAN: BELGIA | DI LAPANGAN: $35 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $4 JUTA

Pada Maret, De Bruyne menandatangani kesepakatan dukungan dengan McDonald’s yang akan melihatnya dipasarkan kembali di Belgia, negara asalnya. Penggemar yang ingin melihatnya di lapangan harus menunggu, meskipun. De Bruyne absen dari skuat Manchester City sejak awal musim karena pemulihan dari operasi hamstring yang bisa membuatnya absen selama hingga lima bulan.

10. $36 juta
Harry Kane, USIA: 30 | TIM: BAYERN MUNICH | KEWARGANEGARAAN: INGGRIS | DI LAPANGAN: $26 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $10 JUTA

Mimpi Kane untuk menjadi pemain sepakbola NFL harus ditunda beberapa tahun lagi karena mantan bintang Tottenham Hotspur tersebut menandatangani kontrak empat tahun dengan Bayern Munich pada musim panas ini. Sementara itu, ia terus menambah portofolio pemasarannya. Kane menandatangani kemitraan multi-tahun dengan Fanatics, menjadi atlet Inggris pertama yang bermitra secara eksklusif dengan divisi tanda tangan dan memorabilia perusahaan tersebut.

11. $34 juta
Robert Lewandowski, USIA: 35 | TIM: FC BARCELONA | KEWARGANEGARAAN: POLANDIA | DI LAPANGAN: $24 JUTA • DI LUAR LAPANGAN: $10 JUTA

Dengan 33 gol musim lalu, Lewandowski berusia 35 tahun nampaknya masih memiliki karier yang panjang. Namun, itu tidak menghentikannya dari memberikan penekanan lebih besar pada aktivitas di luar lapangan. Pada bulan April, kapten tim nasional Polandia tersebut mempekerjakan CAA untuk mengurus perwakilannya secara komersial. Lewandowski saat ini memiliki delapan mitra, termasuk Nike, Spotify, dan Oanda, dan merupakan subjek dari serangkaian koin kenang-kenangan di negara asalnya. (suber: Forbes/sm)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *