Connect with us

Kabar

Helikopter Jatuh di Siberia,18 Pekerja Minyak Tewas

Published

on

SEBUAH  helikopter Rusia jatuh tak lama setelah lepas landas pada Sabtu di Siberia, menewaskan ke-18 orang yang ada di atas pesawat, sebagian besar pekerja minyak, kata pihak berwenang.

Komite Penerbangan Interstate, yang mengawasi penerbangan sipil di  bekas negara Uni Soviet, mengatakan helikopter Mi-8 bertabrakan dengan helikopter lain yang membawa muatan tergantung. Keduanya telah diturunkan dari landasan yang sama di Vankor, di atas Lingkaran Arktik, sekitar 2.600 kilometer (1.600 mil) timur laut Moskow.

 

 

 

 

 

Helikopter kedua tidak rusak dan mendarat dengan selamat, kata komite itu.

Helikopter sering membawa muatan dalam sling yang menggantung di bawah pesawat.

Helikopter yang jatuh itu, membawa 15 penumpang dan tiga awak, menurut operatornya, maskapai UTair. Perusahaan minyak negara Rosneft mengatakan penumpang adalah karyawan dari anak perusahaannya RN Vankor, dan pekerja kontrak.

UTair, salah satu maskapai terbesar di Rusia, mengoperasikan sejumlah besar helikopter yang melayani ladang minyak Siberia serta penerbangan tetap di Rusia dan tujuan internasional, sebagian besar di bekas republik Soviet.

Helikopter yang jatuh itu diproduksi pada 2010 dan pilot itu memiliki hampir 6.000 jam pengalaman, termasuk 2.300 sebagai kapten, kata pernyataan UTair.

Keselamatan udara Rusia telah membaik sejak tahun 1990-an, ketika pemeliharaan pesawat yang buruk, pelatihan pilot dan pengawasan resmi di belakang runtuhnya Uni Soviet mengakibatkan tingginya jumlah kecelakaan.

Pada Februari, pesawat jet regional Saratov Airlines An-148 jatuh sekitar enam menit setelah tinggal landas dari Bandara Domodedovo, Moskow, menewaskan 71 orang di dalamnya. Para penyelidik mengatakan bahwa kru gagal menyalakan unit pemanas, yang mengakibatkan pembacaan kecepatan udara yang salah.

Sebuah pesaUTair ATR 72 jatuh di Siberia pada tahun 2012, menewaskan 33 dari 43 orang yang naik, setelah gagal diturunkan sebelum lepas landas.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *