Connect with us

Kabar

Kandaskan Taipei 3-0, Tim Thomas Indonesia Hattrick ke Final

Published

on

Tim Thomas Indonesia 2024/foto: humas PBSI

JAYAKARTA NEWS— Tim Thomas Indonesia dengan mulus melaju ke final Piala Thomas setelah menumbangkan Chinese Taipei 3-0. Pembuka kemenangan dimulai dari Anthony Sinisuka Ginting yang mengalahkan Chou Tien Chen 21-18, 21-19.

Kemenangan semakin mantap setelah pasangan ganda Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengandaskan harapan Lee Yang/Wang Chi-Lin dengan 16-21, 21-19, 21-18. Pertarungan Jonatan Christie di Tunggal kedua melawan Wang Tzu Wei membuat Tim Thomas Indonesia berhasil menorehkan hattrick ke final dengan kemenangan 21-11 dan 21-16.

Kemenangan 3-0 atas Taipei ini membuat dua partai lainnya akhirnya tidak dimainkan, yakni; Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan , dan, partai Chico Aura Dwi Wardoyo vs Chia Hao Lee.

Dikutip dari laman resmi PBSI, berikut ini adalah komentar para pemain;

Anthony Sinisuka Ginting: “Cukup senang dengan performa hari ini, dari pasang surut di lapangannya saya bisa mengatasi. Saat kejar-kejaran poin, unggul lalu hampir tersusul, saat tertinggal bisa menyusul. Semuanya bisa diatur dan dikontrol dengan baik.

Saya agak terkejut dengan kemenangan Chinese Taipei dari Denmark kemarin tapi memang secara kekuatan mereka merata. Jadi poin pertama ini penting di awal jadi teman-teman yang lain bisa main lebih rileks dan tambah motivasi.

Chou lawan Axelsen, saya lawan Chou atau saya lawan Chou pasti berbeda polanya. Setiap pemain punya ciri masing-masing jadi saya tidak terlalu fokus memikirkan laga Chou lawan Axelsen kemarin, saya lebih fokus ke recovery agar hari ini bisa bermain lebih baik. Kalau pola permainan sudah ada gambaran, hanya dingat-ingat saja apa kebiasaan dan kelebihannya.”

Muhammad Rian Ardianto: “Alhamdulillah bisa bermain dengan lancar dan tanpa cedera, bersyukur juga menang dan memberikan poin kedua untuk Indonesia.

Lee/Wang bermain dengan baik, mereka mempunyai drive dan speed yang luar biasa. Beberapa kali di gim pertama mereka sangat percaya diri dan nyaman dengan pola permainannya. Sementara kami kurang siap dan banyak melakukan kesalahan sendiri.

Di gim kedua dan ketiga, dukungan tim di belakang sangat berarti. Itu membakar semangat dan menambah pede kami.”

Fajar Alfian: “Memang kami di gim kedua dan ketiga kami memaksa untuk mengadu pola yang mereka terapkan. Kami banyak mengadu drive yang ternyata efektif untuk mendapatkan poin. Di gim pertama kami ragu-ragu untuk melakukan itu.

Kami mau mengubah pola dengan bermain bertahan tapi saya rasa kurang cocok karena kondisi shuttlecock yang lumayan kencang.

Lucky ball memang banyak didapatkan pasangan Chinese Taipei, sulit dikembalikan. Tapi kami tidak mau terlalu memikirkannya, fokus saja pada poin-poin berikutnya.

Selamat untuk tim Uber bisa masuk ke final. Setelah 16 tahun bisa masuk final lagi. Ada motivasi dari keberhasilan itu buat kami tim Thomas. Semoga kami bisa menyusul teman-teman di tim Uber.”

Jonatan Christie: ”Pastinya Puji Tuhan bersyukur sekali bisa kembali ke final ketiga kalinya secara beruntun. Besok juga akan jadi final Piala Thomas keempat saya. Berkat Tuhan tidak pernah kami bayangkan karena kami datang berisikan skuad yang cukup berbeda dari edisi sebelum-sebelumnya.

Masuk final adalah salah satu pencapaian yang baik dengan permainan tim yang bagus juga.

Sebenarnya yang benar-benar menjadi penentu itu Fajar/Rian menurut saya. Hasil mereka mengubah arah pertandingan karena saya bisa bermain lebih tenang dan sebaliknya lawan terlihat ada tekanan. Itu yang coba saya maksimalkan.

Tidak pernah terpikirkan bisa masuk final bersama tim Uber. Salut saya untuk mereka, perjuangan dari awal sampai final luar biasa dengan banyak diisi pemain-pemmain muda juga. Ini menandakan semua di pelatnas ada perkembangan yang positif.

Setiap malam kami berkumpul untuk saling mendukung satu sama lain. Kami menyamakan visi, kami sama-sama satu tujuan. Itu yang selalu ditekankan.

Kehadiran a Ricky (Soebagdja) dan a Taufik (Hidayat) di tim Thomas kali ini sangat-sangat berpengaruh. Mereka bisa membangkitkan semangat jadinya bisa bermain jauh lebih baik”. ***/din

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *