PT WIKA Terbitkan Komodo Bonds Senilai Rp 5,4 Triliun

 PT WIKA Terbitkan Komodo Bonds Senilai Rp 5,4 Triliun

KOMODO Bonds, obligasi global berdenominasi rupiah pertama kali diterbitkan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desember 2017 lalu. Sukses Jasa Marga, kini diikuti PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. BUMN Wika, Senin (29/1), berhasil mencatatkan sahamnya di London Stok Exchange (LSE).

Pencatatan Komodo Bonds PT WIKA dihadiri Menteri BUMN Rini M. Suwandi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Bintang Parbowo, Menteri Negara Untuk Asia Pasifik, Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris Mark Filed, CEO LSE Plc Nikhil Rathi, dan jajaran Direksi BUMN terkait lainnya.

Komodo Bonds senilai Rp 5,4 triliun (setara 405 juta dolar AS) ini merupakan surat utang dengan kupon obigasi 7,7% pa dengan jangka waktu tiga tahun. Obligasi ini mendapat dukungan dari investor global dan mengalami oversubscribed hingga 250 persen. Dana yang diperoleh akan digunakan untuk membiayai proyek investasi dan infrastruktur di Indonesia.

Menteri BUMN Rini M.Suwandi menjelaskan, BUMN memiliki peran penting dalam pembangunan infrastruktur Indonesia. “Kami berkomitkan untuk mempercepat proyek strategis demi menciptakan konektivitas yang sangat dibutuhkan di dalam negeri. Upaya ini sejalan dengan fokus pemerintaj untuk memastikan terwujudnya pertumbuhan ekonomi dan berkurangnya ketidaksetaraan di Indonesia. Besarnya anggaran yang dibutuhkan untuk mewujudkan rencana pembangunan infrastruktur Indonesia memiliki arti bagi BUMN untuk terus berinovasi dan melebihi ekspektasi dalam hal solusi pembiayaan. Komodo bonds menjadi solusi andalan bagi kami untuk melangkah maju,” papar Menteri BUMN.

Pencatatan obligasi Komodo Bonds WIKA merupakan obligasi aktif ke-19 dalam mata uang Rupiah yang terdaftar di LSE yang membuat jumlah total outstanding menjadi sekitar US$2,7 miliar. Emiten lain termasuk emiten supranasional dan bank investasi besar seperti Inter-American Development Bank, European Bank for Reconstruction & Development, Barclays dan HSBC telah mengumpulkan lebih dari US$2 miliar untuk membiayai operasi di Indonesia.

Pencatatan obligasi Wijaya Karya merupakan rangkaian panjang dalam penerbitan obligasi global bond pertama oleh emiten Asia di London Stock Exchange. Pada Desember 2017, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan Komodo bonds pertama di dunia di London Stock Exhange International Securities Market, dengan catatan transaksi mencapai Rp4 triliun (setara US$ 295,7 juta). ***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.