Connect with us

Feature

Langkah Pertama dalam memahami Biodiversitas Tumbuhan di Asia dengan pendekatan Biologi Molekular

Published

on

Sakura Science Program-Yamagata University (4)

PENGANTAR REDAKSI

Pada tanggal 15 Februari – 23 Februari 2023, berlangsung program “Sakura Science Program Universitas Gadjah Mada dan Universitas Yamagata Jepang”. Sebanyak 15 mahasiswa Biologi UGM dipandu dua orang dosen berangkat ke Jepang mengikuti program tersebut di Yamagata University. Laporan ke-4 ini ditulis oleh Nikita Magdalena Tambunan dan Reiza Athiya Akbar.

***

Minggu (19/02/2023) merupakan hari keempat program kami di Universitas Yamagata. Kami berkumpul di kampus pada pukul 08.00 pagi seperti biasa dan memulai hari dengan gyudon yang lezat sebagai sumber energi yang dibutuhkan untuk aktivitas hari ini.

Pagi itu turun hujan gerimis disertai tiupan angin, yang membuat suhu udara terasa makin menusuk kulit. Namun, cuaca ini tidak menghalangi agenda seru yang merupakan awal dari rangkaian eksperimen bertajuk “Memahami Keanekaragaman Hayati Asia dengan Teknik Biologi Molekular Lanjutan”.

Eksperimen ini direncanakan berlangsung selama tiga hari, diakhiri dengan presentasi hasil kami. Setelah dibagi menjadi 5 kelompok yang masing-masing berisi 3 orang, Profesor Jun Yokoyama memberi kami pengantar tentang apa yang akan kami lakukan serta memberi kami buku petunjuk experimen tersebut.

Setiap kelompok diminta memilih salah satu dari lima genus tanaman yang disediakan (Vanda, Bulbo, Dendrobium, Cymbidium, Phalaenopsis). Setiap anggota kelompok akan mengambil sampel tanaman yang termasuk dalam genus yang dipilih.

Kemudian, dengan mengikuti instruksi yang diberikan dalam manual, sampel diproses secara menyeluruh dengan serangkaian larutan buffer dan beberapa sesi sentrifugasi dengan tujuan mengisolasi DNA untuk selanjutnya dilakukan reaksi berantai polimerase (PCR). Proses ini akan dilanjutkan dengan elektroforesis di hari berikutnya.

Dengan mengisolasi DNA tumbuhan dan mengubahnya menjadi data yang dapat dibaca, kita dapat membandingkan persamaan dan perbedaan antara setiap tumbuhan dalam satu genus. Dengan demikian, kita mendapat gambaran tentang apa yang menyebabkan terjadinya evolusi antar spesies dan bagaimana biodiversitas bisa berada dalam satu genus, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada kuliah kemarin.

Mempersiapkan proses isolasi DNA bukanlah tugas yang mudah, terutama karena kebanyakan dari kami belum terbiasa dengan prosesnya. Meskipun kami sangat bersemangat untuk mencoba sesuatu yang baru, dibutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian yang luar biasa dalam penggunaan  bahan kimia yang terlibat dalam percobaan; salah satu yang harus kami perhatikan adalah meminimalkan kontak untuk menghindari kontaminasi, yang sekecil apa pun yang dapat membahayakan hasil.

Banyaknya langkah yang perlu dilakukan membuat kepanikan dan kecemasan kami meningkat, terutama di bagian awal eksperimen. Namun kegugupan tersebut mereda dengan bantuan para mahasiswa Yamagata yang menggunakan keahlian mereka untuk membimbing kami melakukan eksperimen yang baru bagi kami ini. Mereka memastikan eksperimen kami tidak akan gagal dan keramahan mereka menghilangkan semua tekanan.

Tak hanya itu, mereka bahkan membantu kami melakukan beberapa bagian percobaan yang rumit untuk menghemat waktu dan meringankan masalah. Kami sangat bersyukur memiliki mereka sebagai asisten lab. Salah satu bagian terbaik tentang memiliki mereka sebagai asisten lab adalah percakapan menyenangkan yang kami lakukan tentang pertukaran budaya. Kami mempelajari sesuatu yang baru dan menarik tentang satu sama lain di setiap menit; dari mempelajari frasa sederhana dari bahasa masing-masing hingga berbicara tentang masakan lokal.

Sore harinya, di sela-sela eksperimen yang masih berlanjut, kami mendapat kari ayam hangat dan gurih dengan naan sebagai makan siang. Setelah menyelesaikan isolasi DNA, kami menyimpan untuk selanjutnya melakukan PCR dan dengan penuh semangat menunggu hasilnya besok, berharap upaya kami akan membuahkan hasil.

Pukul 17.30, kami kembali makan malam di restoran India dari malam sebelumnya, di mana kami makan kari yang kami pesan sebelumnya, sambil mengobrol dengan asisten lab yang bergabung dengan kami malam itu. Dengan berakhirnya makan malam yang menyenangkan ini, kami kemudian berpisah dan memutuskan untuk menjelajahi kota, sebelum akhirnya kembali ke penginapan. (Niki&Reiz)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *