Connect with us

Feature

Sakura Science Program 2023: Hari Terakhir

Published

on

Sakura Science Program-Yamagata University (5)

PENGANTAR REDAKSI

Pada tanggal 15 Februari – 23 Februari 2023, berlangsung program “Sakura Science Program Universitas Gadjah Mada dan Universitas Yamagata Jepang”. Sebanyak 15 mahasiswa Biologi UGM dipandu dua orang dosen berangkat ke Jepang mengikuti program tersebut di Yamagata University. Laporan ke-5 (dari 5 tulisan) ini ditulis oleh Muhammad Danang Rachnadhyr dan Sabrina Mahdiyah Tsany.

***

Pagi (22/02/2023) itu langit cerah dan suhu Yamagata tak beringsut dari -5℃ (minus 5 derajat). Seperti biasa, kami memulai pagi dengan perjalanan menuju Universitas Yamagata pukul 08.00 dan tiba pukul 09.00. Sarapan, masih menyantap makanan yang disediakan Profesor Yokoyama.

Setelah sarapan yang lezat, kami menuju laboratorium untuk mempersiapkan tugas hari itu. Semalam, hasil PCR sudah selesai dan kami semua menuju lab DNA untuk mengambil hasilnya. Asisten laboratorium membantu kami mentransfer file ke komputer untuk kemudian siap diproses.

Kami mengunduh dan menginstal aplikasi MEGA 11 yang digunakan untuk menyelaraskan urutan DNA. Hasil PCR diolah menggunakan  MEGA 11 dan pencarian melalui database NCBI. Tugas kami selanjutnya adalah membuat pohon filogenetik dari hasil yang dikumpulkan dan dibandingkan dengan hasil yang telah terekam di Genebank bersama dengan spesies dengan genus berbeda dari famili yang sama.

Tak terasa jarum jam menunjuk pukul 12.00. Itu tandanya kami istirahat untuk makan siang dan sholat. Inilah makan siang terakhir selama program Sakura Science ini.

Usai santap, dilanjutkan persiapan presentasi hasil. Persiapan dilakukan dengan menyiapkan materi berupa PPT berisi pendahuluan, metode, hasil, dan kesimpulan sesuai dengan genus tanaman dari masing-masing kelompok.

Presentasi dimulai pukul 14.00. Setiap kelompok menampilkan presentasi yang dikemas dengan apik. Terdapat 5 kelompok dengan masing-masing genus tanaman anggrek yaitu Bulbophyllum, Vanda, Cymbidium, Dendrobium, dan Phalaenopsis.

Setelah seluruh kelompok selesai menampilkan presentasi hasil dan menjawab semua pertanyaan dari para professor, selanjutnya Profesor Jun Yokoyama menyerahkan sertifikat kepada kami karena telah berhasil menyelesaikan Sakura Science program 2023. Sertifikat ini langsung ditandatangani oleh ketua Badan Sains dan Teknologi Jepang, Dr. Hashimoto Kazuhito.

Hari terakhir kemudian ditutup dengan pesta kecil di Kafetaria Universitas Yamagata. Pesta kecil dihadiri oleh para peserta Sakura Science Program 2023, Profesor Jun Yokoyama, Profesor Miyazawa, Profesor Fujiyama, Dr. Kanao, dan beberapa mahasiswa bimbingan dari Profesor Yokoyama dan Profesor Miyazawa.

Beragam makanan dan minuman disajikan dalam pesta kecil sebagai penutup program. Mulai dari buah-buahan, kue, makanan khas Jepang “taiyaki”, sushi, sashimi, hingga minuman berupa milk tea, ocha, jus jeruk, teh, dan lainnya. Setelah menyantap seluruh hidangan, kami kembali menuju hotel untuk beristirahat dan mempersiapkan barang untuk kembali ke Yogyakarta, keesokan harinya. Sayonara…. (Dan&Sab).

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *