Trik Meraup Untung di Pasar Global

 Trik Meraup Untung di Pasar Global

JAYAKARTA NEWSDalam iklim ekonomi global saat ini, membawa bisnis e-Commerce malampuai lintas batas, merupakan langkah fantastik untuk memastikan keberlangsungan bisnis Anda dalam jangka panjang.

Ada tip dari Payoneeer yang perlu disimak, yang dapat memandu Anda mempelajari dasar-dasar bagaimana memperluas pasar yang lintas batas. Menariknya, Payoneer juga memberi saran bagaimana cara Anda  memilih pasar yang tepat, termasuk melokalkan toko Anda secara efektif.

Menurut sebuah risett yang dikutip Payoneer,  sebanyak 48% pembeli online di Eropa merupakan  pembeli dari berbagai negara.  Pembeli pasar online di Inggris misalnya, 31,4% berasal dari luar negeri.

Berdasarkan deteksi Bahasa yang digunakan, pasar eCommerce setidaknya menggunakan 23 bahasa. Variasi lainnya adalah, mereka berasal dari berbagai  budaya dengan kebiasaan konsumen yang sangat beragam, menggunakan berbagai mata uang, termasuk euro. Mereka juga menggunakan berbagai metode pembayaran.  Data seperti itu perlu  dipertimbangkan oleh Anda sebagai seller. 

“Memperluas bisnis ke penjualan lintas batas atau negara  membutuhkan penelitian yang kuat dan pemahaman utama tentang sasaran pasar, diikuti dengan strategi yang kuat untuk berhasil di pasar tersebut,” kata Naomi Botting.

Memilih Pasar yang Tepat

Sebelum membuat strategi lintas negara, Anda harus memilih pasar yang tepat untuk ekspansi internasional Anda. Ada beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan kepada diri Anda sebelum memilih sasaran pasar Anda:

  • Apakah Anda sudah memiliki pelanggan internasional? Dimana mereka berada?
  • Apakah ada permintaan untuk produk Anda di luar pasar lokal Anda?
  • Dengan siapa Anda akan bersaing di pasar baru Anda?
  • Saluran komunikasi dan apa akuisisi yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan pelanggan dengan cepat?

Langkah selanjutnya adalah bagaimana mengoptimalkan sumber daya Anda dan berapa targetnya terhadap pasar tertentu dengan potensi pertumbuhan bisnis tertinggi. Setelah itu, Anda dapat menetapkan posisi dalam hal nilai dan harga serta mengidentifikasi saluran pemasaran yang tepat untuk bisnis Anda.

Mengidentifikasi Saluran Pemasaran

Konsumen mempercayai pasar dan umumnya mereka lebih cenderung untuk membeli produk Anda di situs terkenal ini. Memang untuk masuk ke marketplace yang kenamaan, persyaratannya ketat. Namun harus disadari,  dengan cara ini memungkinkan pengecer menjangkau jutaan klien potensial.

Strategi yang baik adalah memulai dengan pasar global, seperti Amazon, eBay, dan marketplace lainnya untuk menguji berbagai produk di beberapa pasar. Namun, saat meluncurkan di pasar baru, jangan mengabaikan pemain lokal.

Pasar khusus dominan di beberapa pasar nasional – contohnya  Tokopedia dan Shopee di Indonesia, ASOS di Inggris, Zalando di Jerman. Di Prancis, pasar memainkan peran yang sangat penting dengan berbagai platform utama bersama para pemimpin global, termasuk Cdiscount, FNAC, dan La Redoute.

Berpikir global, bertindak lokal

Saat globalisasi seperti sekarang ini,  juga sangat penting untuk tampil se-lokal mungkin untuk benar-benar terhubung dengan audiens target Anda. Hal ini  berarti menyesuaikan bahasa di toko Anda dengan budaya lokal sambil memenuhi preferensi pasar.

Bahasa Lokal Penting

Sebuah studi yang dilakukan oleh Common Sense Advisory memberi gambaran bahwa  hampir 60% pelanggan online tidak akan berbelanja dari situs web yang tidak menggunakan bahasa asli mereka. Lembar produk dan pemasaran konten Anda harus multibahasa – yang mencakup blog, tutorial, dan video Anda. Kuncinya adalah melokalkan konten, bukan hanya menerjemahkannya: gunakan kosakata, kata-kata, ekspresi, dan bahkan bahasa gaul untuk beresonansi dengan pasar sasaran. Ukuran, bobot, dan volume semuanya harus disesuaikan dengan standar lokal.

Konsumen menghargai alamat email lokal dan nomor telepon untuk dihubungi, terutama agar mereka dapat dengan mudah menghubungi tanpa membayar biaya internasional. Memiliki layanan pelanggan lokal dan tim penjualan adalah kunci untuk memastikan kepuasan pelanggan.

Mengenali Pasar

Promosi pemasaran harus dilakukan sesuai dengan hari libur dan acara yang populer di target pasar Anda. Musim juga dapat berdampak signifikan pada apa yang Anda jual di tempat. Pertimbangkan, misalnya, koleksi musim dingin yang diluncurkan di Australia pada waktu yang sama dengan Inggris – kemungkinan besar akan gagal di pasar yang saat ini bukan musim dingin.

Pengiriman dan Pengembalian

Hal krusial lain yang perlu diperhatikan adalah masalah pengiriman yang cepat  dengan menawarkan bebas ongkos kirim misalnya, akan  meningkatkan loyalitas pelanggan. Dalam hal pengemasan untuk pengiriman lintas batas, yang terpenting adalah meminimalkan biaya. Selain itu, ketahui pasar Anda dan preferensinya. Perlu diantisipasi pula dengan semakin banyaknya pelanggan yang mengharapkan barang dikirim  pada hari yang sama. Pasar matang seperti ini sudah terbentuk di pasar eCommerce yang ada di  AS, Inggris, dan Jerman.

“Sekalipun sebagian besar pasar lebih memilih pengiriman ke rumah, klik dan kumpulkan (pembelian online yang diikuti dengan pengambilan di toko) sangat populer di Inggris, Jerman, dan Prancis,” tambah Naomi Botting.

Biaya pengiriman pengembalian barang, kebijakan pengembalian yang ketat, dan layanan pelanggan yang buruk merupakan  tiga faktor utama yang menyebabkan pengalaman buruk pelanggan saat berbelanja online. Untuk amannya, pertimbangkan untuk membuat seperangkat syarat dan ketentuan terpisah untuk setiap wilayah, negara, atau bahkan industry, agar sesuai dengan persyaratan dan harapan masing-masing.

Masalah Mata Uang

Penggunaan mata uang lokal telah terbukti dapat menghasilkan penjualan yang lebih tinggi. Pada platform tertentu, seperti di Google Shopping mensyaratkan hal tersebut.

Ada asumsi yang menyatakan  bahwa kartu kredit adalah cara terbaik dan satu-satunya alat untuk menerima pembayaran pembelian online. Asumsi tersebut tidak sepenuhnya  benar. Memang kartu kredit merupakan metode pembayaran yang paling populer di seluruh dunia (mendominasi lebih dari 50% pasar di sebagian besar negara pada tahun 2016), tetapi pada prinsipnya ada metode pembayaran lain yang benar-benar diperhitungkan di beberapa negara. Kita mdengenal di Indonesia ada OVO, Gopay, Sopheepay, dan transfer vua ATM.

Karena belanja online menggunakan smartphone telah menjadi norma di Eropa, maka pengecer lintas batas perlu memastikan bahwa metode pembayaran mereka juga ramah dengan smartphone.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *