Connect with us

Kuliner

Tips Memasak Rendang Padang yang Benar

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Rendang masakan khas asal Padang, Sumatera Barat, populer di Indonesia bahkan dunia. Di Indonesia, khususnya saat Hari Raya Iduladha rendang seolah menjadi sajian ‘wajib’. Banyak orang memilih untuk mengolah daging kurbannya menjadi rendang. 

Seperti kemarin, daging kurban milik saya masih ada, belum diolah. Saya dan isteri sepakat untuk dimasak rendang. Meskipun memasak rendang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun mengingat cita rasa lezatnya jadi semangat untuk mengerjakannya.

Rendang daging sapi dimasak dalam campuran aneka bumbu rempah-rempah selama empat jam kurang lebih sehingga daging menjadi empuk dan bumbu-bumbunya meresap dengan sempurna hingga terasa dalam setiap gigitan.

Cara memasak rendang sebenarnya tidak begitu sulit. Namun membutuhkan kesabaran dan agar rasanya menggugah selera, maka  perlu memperhatikan langkah-langkah yang benar dalam mengelola campuran aneka bumbunya. Ini resep bumbu rendang saya. 

Aneka Bumbu Rendang

Dengan bahan rendang 1 kg daging sapi, saya menggunakan banyak kombinasi aneka rempah tradisional yang khas seperti, daun jeruk purut dua lembar, daun kunyit dua lembar, daun salam dua lembar, sereh tiga batang kupas lalu potong setengah, lengkuas, jahe, kunyit, bawang merah sekitar 30 siung, bawang putih sekitar 20 siung, cabai merah sekitar 2 ons, garam secukupnya dan dua butir kelapa parut ukuran besar. 

Aneka bumbu rendang (Foto. Monang Sitohang)

Rempah-rempah inilah yang memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada rendang dan perpaduan antara rempah ini menciptakan kompleksitas rasa yang luar biasa, dengan sentuhan pedas, gurih, manis, dan rempah-rempah yang saling melengkapi.

Cara Memasak 

Langkah pertama bersihkan rempah-rempah yang sudah dipersiapkan, lalu blender (dihaluskan). Setalah itu bersihkan daging sapi dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. 

Setelah itu kelapa yang telah diperas, santannya masukkan ke dalam kuali, begitu juga dengan daun kunyit, daun salam dan daun jeruk. Perlu diingat santan juga menentukan kenikmatan dari resep rendang daging sapi khas Padang ini. Lalu masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan, kemudian aduk-aduk jangan sampai santannya ‘pecah’.

Setelah beberapa menit kemudian santan akan mendidih, selanjutnya masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong tadi, dan tetap diaduk hingga nanti akan berubah warnanya. Setelah beberapa jam kemudian santan mengering. Hingga sampai masak tetap diaduk agar tidak gosong. 

Jadi ada sekitar 4 jam lebih memasak rendang ini, rasa bosan dan lelah itu terbayar rasanya setelah menikmati kelezatan rendang padang yang telah memikat banyak lidah di seluruh dunia. (Monang Sitohang) 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *