Connect with us

Kuliner

Cara Mudah Memasak Gulai Kuning Kepala Kakap Merah

Published

on

Gulai kuning kepala kakap merah sudah siap dimasak dan siap untuk dihidangkan. (Foto. Monang Sitohang)

MEDAN, JAYAKARTA NEWS – Makan apa siang ini? Bagaimana kalau menunya Gulai kuning kepala kakap merah? Hmmm membayangkannya saja perut sudah terasa lapar.

Pasti kebanyakan orang yang sering mampir ke warung makan padang, pasti tahu menu ini. Cita rasanya yang gurih dan lezat menjadikan menu yang satu ini banyak diminati orang, walaupun harganya terbilang relatif mahal jika dibandingkan dengan menu lainnya. 

Nah, dari pada membeli dengan harga lumayan, bagaimana kalau kita mencoba membuat sendiri. Mudah kok membuatnya.

Yuk…langsung simak resep di bawah ini

Bahan-bahan yang diperlukan

Siapkan 600 gram Ikan kakap merah, terdiri dari kepala ikan dibelah dua plus dagingnya dipotong-potong. Setelah itu dibersihkan menggunakan jeruk nipis dan garam. Kemudian kelapa tua 1 buah, peras lalu campur air secukupnya pisahkan santan kental dan encer.

Siapkan 11 siung bawang merah, 6 siung bawang putih, daun kunyit 1 lembar, daun ruku-ruku sejumput, sereh 1 batang potong setengah, 1 ruas lengkuas, 1 ruas kunyit, 1 ruas jahe, 3 asam potong dan cabai rawit sesuaikan dengan selera pedas masing-masing.

Bumbu yang dihaluskan, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan cabai rawit sedangkan lengkuas dan sereh cukup di geprek saja. 

Monang Sitohang saat sedang memasak gulai kuning kepala kakap merah. (Foto. Bia)

Cara Memasak 

Setelah kompor dinyalakan, masukkan santan encer ke dalam kuali kemudian bumbu-bumbu  yang telah dihaluskan, lalu aduk rata sampai mendidih agar tidak pecah santan.

Setelah mendidih masukkan daun kunyit, sereh, lengkuas yang telah di geprek dan asam potong sambil tetap diaduk.

Setelah itu, masukkan kepala ikan kakap beserta potongan dagingnya, diaduk kembali, tunggu sampai mendidih, kemudian masukkan santan kentalnya. Lalu kembali diaduk rata agar santan tidak pecah atau ‘terbang’.

Terakhir masukkan daun ruku-ruku. Selain daun ruku-ruku, anda juga bisa menggunakan daun kemangi. Hanya saja menurut saya, ruku-ruku lebih harum jika dipadu dengan kuah gulai. 

Saran saya, mengaduk kuah gulainya lebih baik dari sisi pinggir dan atas agar tidak hancur. Sebab kepala ikan termasuk bagian yang banyak tulang rawan dan daging yang lunak. 

Kemudian masak gulainya dengan api sedang sampai seluruhnya matang sambil sesekali diaduk, maka tidak lama kemudian akan terlihat perubahan kuah gulai mulai berkurang dan santannya tampak lebih mengental dan berminyak sehingga warnanya pun mulai berubah, pertanda gulai kuning kepala kakap merah siap untuk dihidangkan.

Selamat mencoba! (Monang Sitohang) 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *