Connect with us

Kuliner

Lezatnya Kebangetan! Ini Tips Cara Membuat Kolak Pulut Durian

Published

on

Kolak pulut durian siap disantap. (Foto. Monang Sitohang)

MEDAN, JAYAKARTA NEWS – Hampir dua bulan belakangan ini di jalan-jalan, pasar-pasar di Kota Medan selalu terlihat para pedagang durian. Tak heran, memang sedang musimnya.

Durian yang dijuluki ‘raja dari segala buah’ memiliki banyak penggemar di Indonesia. Buah yang memiliki permukaan kulit berduri ini, identik dengan aroma harum kemudian tekstur dagingnya lembut, legit dan kaya rasa. 

Selain enak disantap secara langsung durian juga bisa diolah menjadi berbagai makanan lezat.  Salah satunya kolak pulut (ketan) durian.

Makanan penutup yang satu ini terdiri dari pulut disiram kuah santan manis beraroma durian. Dan ini sudah menjadi hidangan lazim saat berbuka puasa, terutama di Kota Medan, umumnya Sumatera Utara. 

Kolak durian baru siap dimasak, tinggal disajikan dengan mencampur pulut yang telah dikukus. (Foto. Monang Sitohang)

Untuk pecinta durian, resep kolak durian pulut yang lezat berikut ini boleh Anda coba di rumah. Yuk, cek bahan-bahan dan cara membuatnya. 

Durian 3 buah ukuran sedang. 

Beras ketan 1 kg. 

Kelapa 2 butir. 

Gula merah 1/2 kg.

Gula pasir 2 Ons

Garam 1 sendok makan. 

Pandan 2 helai

Air secukupnya. 

Cara membuat kolak durian pulut

Pertama cuci beras ketan (pulut), lalu tiriskan kemudian rendam dan kukus selama 30 menit. 

Kedua pisahkan durian dengan dagingnya. 

Ketiga rebus gula merah masukan daun pandan sampai gula larut, lalu saring. Kemudian panaskan kembali, masukkan santan dari hasil dua butir kelapa, daging durian, garam dan gula pasir lalu diaduk-aduk rata agar santan tidak pecah. 

Kemudian jangan lupa koreksi rasanya dan perhatikan airnya jika dirasa sudah agak menyusut, boleh padamkan api kompor, tunggu hingga agak dingin. Setelah itu kolak durian dapat langsung disajikan dengan pulut yang telah dikukus. 

Kolak durian pulut ini sangat enak sekali disantap dalam keadaan hangat maupun dingin atau yang kerap disebut Kolding (kolak dingin). (Monang Sitohang) 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *