Connect with us

Kabar

UNIMAL Terapkan Pembelajaran dan Pemanfaatan Media VR

Published

on

Mahasiswa Unimal saat praktik Virtual Reality. (Foto. Istimewa)

JAYAKARTA NEWS – Mahasiswa Program Studi Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Aceh Utara menerapkan pembelajaran berbasis media Virtual Reality. 

Pembelajaran menggunakan media Virtual Reality (VR) atau realitas maya merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi berbasis digital sehingga memungkinkan penggunanya untuk terlibat aktif dalam dunia simulasi berbentuk virtual. 

Media ini menghasilkan suasana tiga dimensi (3D) dan seolah-olah pengguna berada di dalam dan dapat berinteraksi dengan dunia virtual. 

Sebagai calon guru di era digital ini, mahasiswa di Program Studi Pendidikan Fisika diharapkan memiliki kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan, memanfaatkan dan membuat media VR dalam proses pembelajaran fisika. 

Mengingat konten virtual merupakan media 3D yang memungkinkan untuk melihat ke berbagai sisi, sehingga memudahkan dalam memahami konsep secara realistis. 

Dosen FKIP Universitas Malikussaleh, Halimatus Sakdiah, S.Pd., M.Pd. (Foto. Istimewa)

Dalam pengembangan pembelajaran berbasis media VR ini dilakukan oleh Halimatus Sakdiah, S.Pd., M.Pd, dosen FKIP Universitas Malikussaleh. Selain itu juga peneliti dalam pengembangan media VR, yang didanai oleh dana penelitian PNBP UNIMAL. 

Halimatus Sakdiah menyampaikan kepada awak media ini melalui WhatsApp nya, Senin (24/6/2024), bahwa mengingat saat ini siswa tingkat SMP dan SMA sudah dibekali smartphone oleh orang tua masing-masing maka harapan besar dalam pemanfaatan media VR dalam proses pembelajaran di daerah Lhokseumawe-Aceh Utara. 

Pemanfaatan media VR diharapkan dapat menunjukkan konsep abstrak dari materi Fisika menjadi nyata kepada peserta didik. Selain itu pemanfaatan media VR dapat digunakan untuk meningkatkan fokus siswa, menarik perhatian siswa, dan mengurangi biaya simulasi. (Mons) 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *