Marie Curie Terpilih Jadi Wanita Paling Berpengaruh Dalam Sejarah

 Marie Curie Terpilih Jadi Wanita Paling Berpengaruh Dalam Sejarah

ILMUWAN  peraih hadiah Nobel, Marie Curie dinilai sebagai  wanita paling berpengaruh dalam sejarah.

Pilihan  wanita paling berpengaruh sepanjang sejarah jatuh pada Curie tersebut merujuk pada hasil  jajak pendapat  BBC Inggris yang diumumkan  Kamis (9/8/2018), terkait dengan peran ilmuwan tersebut dalam upayanya menyembuhkan kanker.

Para pembaca majalah  BBC History menempatkan wanita  kelahiran Polandia itu di posisi teratas dalam  daftar 100 wanita yang berpengaruh mengubah dunia, yang telah membawanya menjadi  orang pertama yang memenangkan dua Hadiah Nobel dan terkait pula dengan  penelitiannya tentang keradioaktivitaan.

“Sangat penting bahwa kami menyoroti karya para pemikir besar seperti Marie Curie,” kata Heenali Patel, juru bicara Fawcett Society, lembaga amal hak-hak wanita terkemuka Inggris, seperti dikutip  Thomson Reuters Foundation. 

“Sangat penting kami merayakan karya sejarah yang kaya dan beragam yang mereka tinggalkan – dan menggunakan kisah mereka untuk menginspirasi generasi penerus perempuan di masa depan.”

Jajak pendapat ini dilakukan di tengah upaya untuk meningkatkan representasi perempuan di Inggris dan memperdebatkan tentang kesenjangan gaji gender, karena negara itu menandai seratus tahun perempuan memenangkan suara.

Badan amal National Trust berencana untuk menggandakan jumlah patung wanita di Inggris,  karena sampai sekarang hanya ada sekitar seperenam dari 925 patung publik Inggris yang mewakili wanita.

Aktivis hak-hak sipil AS Rosa Parks, yang pernah menolak menyerahkan kursinya di bus untuk orang kulit putih, berada di tempat kedua dalam jajak pendapat, diikuti oleh Emmeline Pankhurst, pemimpin gerakan hak pilih Inggris, yang membantu perempuan memenangkan hak untuk memilih.

Ilmuwan perempuan tampil menonjol dalam daftar, seperti  programmer komputer awal Ada Lovelace di tempat keempat, dan kimiawan Inggris Rosalind Franklin – yang berkontribusi pada pemahaman DNA – berada di urutan  kelima.

“Daftar ini adalah bukti bagaimana peran  perempuan dalam sejarah yang telah berjuang melawan rintangan untuk mencapai prestasi luar biasa,” kata Patel.***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *