Sutopo Beri Tips Ani SBY Cara Kurangi Efek Kemoterapi

 Sutopo Beri Tips Ani SBY Cara Kurangi Efek Kemoterapi
Ani SBY–foto instagram

JAYAKARTA NEWS—Bagi penderita kanker, salah satu masa terberatnya adalah saat menjalani kemoterapi. Bukan hanya rasa sakit yang dirasakan, tapi berbagai hal yang tidak mengenakan lainnya. Yang pasti di masa itu stamina tubuh drop, nafsu makan turun, belum lagi rasa mual dan muntah, dll. Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data,  Informasi dan Humas BNPB Pusat mengalami masa-masa sulit itu.

“Menjalani kemoterapi pasti membuat stamina tubuh drop, nafsu makan turun, Hb darah turun, rasa mual, muntah, rambut rontok, dan tubuh rasanya tidak nyaman dan menyakitkan. Apalagi ditambah masih harus minum obat-obatan,” tulis Sutopo di instagramnya yang ditujukan kepada Ani SBY yang sedang menjalani pengobatan penyakit kanker yang dideritanya di Singapura.

Disatu sisi, katanya, tubuh kita harus tetap sehat karena harus menjalani kemoterapi berikutnya per 3 minggu sekali. “Saya juga pernah mengalami hal itu saat kemoterapi. Para survivor kanker pun juga merasakan hal yang sama seperti itu,” ujar Sutopo.

Sebagai sesama penderita kanker, Sutopo yang terkena kanker paru stadiun lanjut, berusaha menguatkan istri mantan Presiden RI itu. Lewat tulisannya di instagram dia juga mengungkapkan apa-apa yang dilakukannya guna mengurangi efek kemoterapi.

Menurut Sutopo, untuk mengurangi efek kemoterapi itu, perbanyak minum jus buah naga, bit dan buah lainnya. “Minum air putih yang banyak untuk melarutkan cairan kemo di tubuh. Makan ikan gabus atau yang protein tinggi. Minum penambah nafsu makan. Coba untuk meditasi untuk menenangkan hati,” tambahnya.

Dia berharap Ani Yudhoyono tetap semangat menjalani rangkaian pengobatannya, sabar serta ikhlas. “Ibu tidak sendirian. Kami survivor kanker selalu mendoakan ibu. Kita sama-sama saling menguatkan. Semoga Ibu cepat sembuh dan bisa berkumpul kembali dengan keluarga. Semangat ya Bu Ani SBY,” tutup Sutopo.***ebn

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *