Connect with us

Revie Product

Review Lenovo ThinkBook 13x: Baterai Tahan Seharian

Published

on

Lenovo ThinkBook 13x (Foto: Lenovo)

JAYAKARTA NEWS – Lenovo ThinkBook 13x (Gen 4) adalah laptop bisnis 13 inci yang dirancang untuk portabilitas. Lini ThinkBook menawarkan alternatif yang lebih terjangkau dibandingkan dengan laptop high-end Lenovo ThinkPad. Namun, laptop ini tidak hanya unggul dalam harga dibandingkan ThinkPad, tetapi juga dalam daya tahan baterai.

Dengan harga $1,106 atau kisaran Rp 18 jutaan, ThinkBook ini jauh lebih murah daripada ThinkPad X1 Carbon. Meskipun tidak memiliki sentuhan mewah seperti ThinkPad X1 Carbon, ThinkBook 13x adalah perangkat yang sangat praktis untuk bekerja, baik saat bepergian maupun di meja kerja.

ThinkBook 13x adalah laptop bisnis ultraportabel yang mumpuni. Dilabeli sebagai laptop “Intel Evo”, perangkat ini dilengkapi dengan CPU Intel Core Ultra berbasis Meteor Lake dan grafis Intel Arc. Model ulasan kami termasuk CPU Intel Core Ultra 5 125H, namun Lenovo juga menawarkan varian dengan prosesor Intel Core Ultra 9 185H dengan tambahan $432. Peningkatan ini tampaknya berlebihan untuk laptop di titik harga ini, dan lebih masuk akal jika Lenovo menawarkan opsi dengan prosesor Intel Core Ultra 7 sebagai peningkatan.

Laptop ini dilengkapi dengan RAM LPDDR5X 16 GB yang disolder ke motherboard. Ini sudah cukup untuk banyak keperluan, tetapi Anda tidak bisa mendapatkan RAM 32GB tanpa juga meningkatkan ke CPU Intel Core Ultra 9. Jadi, laptop ini mungkin tidak cocok bagi Anda yang membutuhkan atau menginginkan RAM 32GB.

Unit ulasan ini juga juga mencakup SSD 512GB. Anda bisa meningkatkan kapasitas tersebut menjadi 1 TB dengan tambahan $89 (Rp 1,5 jutaan), yang cukup masuk akal.

Platform Meteor Lake dari Intel mencakup unit pemrosesan saraf (NPU), namun NPU generasi pertama Intel belum cukup kuat untuk fitur AI yang akan datang di Windows 11. Laptop ini tidak akan mendapatkan fitur AI yang baru saja diumumkan Microsoft, yang eksklusif untuk PC Copilot+. Jika fitur-fitur tersebut penting bagi Anda dan Anda menginginkan PC bertenaga Intel, Anda mungkin perlu menunggu perangkat keras Intel Lunar Lake.

Spesifikasi:

  • CPU: Intel Core Ultra 5 125H
  • Memori: 16GB LPDDR5X-8400MHz
  • Grafis/GPU: Intel Arc graphics
  • Layar: 13,5 inci 2880×1920 IPS dengan refresh rate 120Hz dan layar sentuh
  • Penyimpanan: 512GB M.2 PCIe Gen 4 SSD
  • Webcam: 1080p dengan sakelar fisik untuk menutup webcam
  • Konektivitas: 3x Thunderbolt 4 (USB-C), 1x jack audio kombo
  • Jaringan: Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3
  • Biometrics: Kamera IR untuk Windows Hello
  • Kapasitas baterai: 74 Watt-jam
  • Dimensi: 11.6 x 8.1 x 0.5 inci
  • Berat: 2.7 pon
  • MSRP: $1,106 untuk unit yang diuji

Desain dan Kualitas Bangun Lenovo ThinkBook 13x
Lenovo ThinkBook 13x memiliki desain metalik yang elegan dengan warna abu-abu dan perak. Tepiannya sedikit melengkung agar tidak terasa tajam saat dipegang. Nama “ThinkBook” tertera di penutup laptop dan merek “Lenovo” muncul di area kanan bawah keyboard serta di penutupnya.

Kualitas bangunan terasa luar biasa, baik saat memegang laptop atau membuka dan menutup engselnya. Di bagian atas layar, area dengan webcam dan kamera IR sedikit menonjol, mengurangi bezel di sekitar layar dan memberikan pegangan yang baik saat membuka laptop. Dengan berat 2,7 pon, laptop ini terasa ringan, meskipun tidak se-ringan ThinkPad X1 Carbon. ThinkPad X1 Carbon juga memiliki desain yang lebih tahan lama, sehingga lebih cocok untuk lingkungan ekstrem. Namun, ThinkBook sudah lebih dari cukup untuk para pebisnis yang sering bepergian.

ThinkBook 13x memiliki satu keunggulan: koneksi “Lenovo Magic Bay” di bagian atas penutup, di belakang bar webcam. Ini memungkinkan Anda menghubungkan aksesori “Magic Bay” secara magnetis. Lenovo menyediakan Lenovo Magic Bay Light yang dirancang untuk memberikan pencahayaan ekstra untuk panggilan video dan rekaman lainnya. Namun, tidak banyak aksesori Magic Bay lainnya yang tersedia untuk laptop ini di toko online Lenovo, dan Lenovo menyatakan bahwa aksesori yang tersedia bervariasi di setiap wilayah.

Keyboard dan Trackpad Lenovo ThinkBook 13x
Keyboard ThinkBook 13x nyaman untuk digunakan. Ukurannya pas dan perjalanan kunci terasa responsif. Meskipun bukan keyboard paling premium yang pernah saya gunakan — Lenovo ThinkPad X1 Carbon yang lebih mahal menawarkan pengalaman mengetik yang lebih premium — keyboard ini sudah cukup baik.

Keyboard ini juga memiliki lampu latar LED putih sehingga Anda bisa melihat tombol di ruangan gelap. Namun, tidak ada “nub” merah untuk mengontrol mouse di tengah keyboard seperti pada ThinkPad.

Seperti keyboard-nya, trackpad terasa responsif dan halus. Tidak sehalus touchpad pada ThinkPad X1 Carbon yang lebih premium, tapi sudah cukup memuaskan untuk penggunaan sehari-hari. Aksi kliknya juga terasa pas.

Layar dan Speaker Lenovo ThinkBook 13x
Layar 13,5 inci ThinkBook 13x sangat cocok untuk laptop bisnis portabel. Layar ini memiliki resolusi 2880×1920 IPS dengan refresh rate 120Hz dan rasio aspek 3:2. Rasio 3:2 menawarkan banyak ruang vertikal untuk bekerja.

Layar ini juga menawarkan kecerahan hingga 500 nits, meskipun memiliki lapisan glossy yang rentan terhadap refleksi. Ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk penggunaan di luar ruangan di bawah sinar matahari langsung, tetapi kecerahan tinggi dapat membantu mengatasi masalah ini. Layar ini juga merupakan layar sentuh, yang memudahkan navigasi dokumen dan sistem operasi Windows.

Speaker laptop ini juga cukup baik untuk laptop bisnis. Lenovo menyatakan bahwa speaker ini adalah speaker Harman Kardon, dan Anda akan menemukan logo Harmon Kardon di laptop ini. Laptop ini juga mendukung audio Dolby Atmos. Anda tidak akan mengganti sistem home theater Anda dengan laptop ini, tetapi volume dan kejernihannya cukup baik untuk menonton video di kamar hotel dengan pengkondisi udara yang berisik.

Webcam, Mikrofon, dan Biometrics Lenovo ThinkBook 13x
Webcam ThinkBook 13x beresolusi 1080p yang memberikan hasil yang baik untuk webcam laptop. Anda mungkin hanya akan mendapatkan hasil yang lebih baik dengan webcam eksternal 4K. Ada juga sakelar fisik untuk mematikan webcam laptop di sisi kanan, yang merupakan fitur privasi umum pada laptop bisnis.

Laptop ini juga dilengkapi Magic Bay Light yang dapat disambungkan secara magnetis, menawarkan pencahayaan yang dapat disesuaikan untuk rekaman video yang lebih alami. Namun, pencahayaan yang terang bisa sedikit melelahkan saat menatap layar laptop.

Array empat mikrofon juga menawarkan kualitas suara yang jernih. Dengan webcam, mikrofon, dan speaker ini, laptop ini memberikan pengalaman yang hebat untuk pertemuan dan panggilan video online tanpa aksesori tambahan.

ThinkBook 13x juga memiliki kamera IR yang mendukung pengenalan wajah dengan Windows Hello, dan dengan cepat mengenali wajah saya dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Konektivitas Lenovo ThinkBook 13x
Opsi konektivitas pada ThinkBook 13x agak terbatas, yang bisa menjadi masalah untuk laptop bisnis. Anda mendapatkan tiga port Thunderbolt 4 (USB-C): satu di sisi kiri laptop, dan dua di sisi kanan, dengan salah satunya digunakan untuk mengisi daya laptop. Ada juga jack audio kombo di sisi kiri.

Tidak ada port USB Type-A klasik, port HDMI, atau pembaca kartu SD. Untuk keperluan koneksi yang lebih beragam, Anda memerlukan dongle.

Untuk konektivitas nirkabel, ThinkBook ini mendukung Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3. Router Wi-Fi 7 belum tersebar luas, jadi tidak mengherankan jika laptop ini memilih perangkat keras Wi-Fi 6E. Namun, jika Wi-Fi 7 masa depan menjadi prioritas Anda, laptop ini bukanlah pilihan yang tepat.

Performa Lenovo ThinkBook 13x
ThinkBook 13x menangani tugas-tugas desktop sehari-hari dengan performa yang cepat. Kami juga menjalankan benchmark standar kami untuk mengukur kinerjanya.

Dalam PCMark 10, ThinkBook 13x mencetak 6,911, hasil yang bagus untuk laptop ultraportabel. Di Cinebench R20, ThinkBook 13x dengan CPU Core Ultra 5 mencetak 5,117, lebih kuat dibandingkan ThinkPad X1 Carbon. Untuk pengkodean dengan Handbrake, ThinkBook menyelesaikan proses dalam 1.174 detik, lebih cepat dari ThinkPad X1 Carbon.

Dalam benchmark grafis 3DMark Time Spy, grafis Intel Arc pada laptop ini lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya. ThinkBook 13x memberikan performa yang luar biasa untuk laptop bisnis, dan pendinginan yang lebih baik tampaknya menjadi faktor besar.

Daya Tahan Baterai Lenovo ThinkBook 13x
ThinkBook 13x dilengkapi baterai 74 Watt-jam yang memberikan daya tahan baterai yang sangat baik dalam penggunaan sehari-hari. Dalam pengujian pemutaran video 4K dengan mode pesawat aktif, laptop ini bertahan selama 783 menit atau lebih dari 13 jam. (pcword/sm)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *