Di Sini Batik, di Sana Batik, di Mana-mana Batik

 Di Sini Batik, di Sana Batik, di Mana-mana Batik
Batik sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui dunia, makin eksis. Batik tradisional hingga batik kontemporer, digemari masyarakat Indonesia, bahkan disukai bangsa asing. Sejumlah seniman bahkan berekspresi batik painting quilts. Foto-foto: Istimewa

BATIK, batik, dan batik… Indah, menawan dan semakin beragam. Kain tradisional yang satu ini memang memiliki beragam corak yang semuanya memiliki nilai budaya. Banyak daerah di Indonesia memiliki aneka jenis dan motif, sesuai dengan budaya di masing-masing daerah.

Anda memakai batik? Tentu saja Anda pun ingin turut merayakan Hari Batik Nasional yang setiap tahun dirayakan setiap tanggal 2 Oktober. Hari itu, sebagian besar warga masyarakat mengenakan batik. Di sini batik, di sana batik. Ini batikku, mana batikmu? Sungguh, ada rasa bangga membuncah dalam dada, demi antusiasnya bangsa ini mengapresiasi karya leluhurnya.

Penetapan Hari Batik Nasional dilatarbelakangi pengukuhan oleh lembaga Perserikatan Bangsa-bangsa yang membawahi kebudayaan, yaitu United Nations Educational, Scientific and Cultural Oranization (UNESCO) pada tahun 2009. UNESCO mengakui batik sebagai warisan pusaka budaya dunia (world heritage) yang berasal dari Indonesia.

Kue roll bolu dengan tiga motif batik.

Batik tidak saja didesain untuk busana, tetapi  banyak digunakan untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti taplak meja, bed cover, gorden dan lain lain. Bahkan motif batik untuk hiasan dinding semacam typestry, lukisan bahkan motifnya digunakan pula untuk lukisan pada piring, baki, cangkir bahkan menjadi dinner set dan seperangkat alat minum teh.

Hari Batik Nasional diperingati di Tanah Air dari tahun ke tahun semakin semarak saja dengan berbagai acara. Seperti beragam pameran yang menampilkan segala barang yang terbuat dari batik, karnaval, peragaan busana, pemberian diskon di berbagai pertokoan, resto dan rangkaian kegiatan lainnya.

Tentu saja rangkaian kegiatan itu untuk melestarikan budaya bangsa yang satu ini, dengan lebih mendekatkan citra batik ke masyarakat lebih luas lagi. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *