Gaun Panjang yang Kini Sedang “In”

 Gaun Panjang yang Kini Sedang “In”

DI ERA tahun  80 an, rok panjang atau long dress hanya dipakai kalangan tertentu saat menghadiri pesta atau acara resmi lainnya. Tidak saja di Indonesia, demikian pula di belahan benua Eropa dan Amerika yang selalu menjadi panutan, kiblat mode saat itu.

Kini jika kita mengamati kreasi para perancang mode Indonesia, baik yang baru muncul atau yang namanya sudah di papan atas dan sudah berkibar sampai luar negeri. Hampir semua mengeluarkan rancangan berupa gaun berpotongan panjang.

Apalagi kini dapat dikatakan busana muslim sedang naik daun, entah untuk digunakan mereka yang memang berhijab maupun kalangan wanita pada umumnya. Hingga mau tidak mau para perancang “harus” ikut mendesain rok panjang dengan segala detail variasi pernak-perniknya. Kalau ingin kreasinya dikenal dan tentu saja dikenakan khalayak pencinta mode.

Salah satunya gaun panjang yang di tempat asalnya disebut Kaftan, tentu tidak asing di telinga para wanita. Mungkin Anda pun memiliki koleksi pakaian khas dari negara Timur Tengah ini. Selain tentunya gaun panjang lainnya yang masih banyak dilirik pencinta mode.

Busana panjang atau long dress yang memiliki potongan longgar sangat sesuai digunakan untuk berbagai kesempatan. Mulai dari sekadar santai di rumah, acara setengah resmi, hang out dan tentu layak digunakan untuk merayakan Hari Raya atau hari besar lainnya.

Penggunaan kaftan tersebut disesuaikan dengan acara, ada kriterianya jika kita ingin tampil chick namun tetap sopan. Artinya model potongan kaftan, tentu saja harus diperhatikan bahan, ornamen, detil dan warna harus disesuaikan dengan event-nya. Dan kaftan tidak harus selalu sampai semata kaki, karena kaftan selutut atau betis sering digunakan dengan apasangan celana panjang atau rok bawahan panjang.

Jika Anda memiliki tubuh tidak terlalu tinggi serta ramping dan ingin menggunakan kaftan sebaiknya memakai hight heels. Menjadikan Anda terlihat lebih tinggi, semampai. Lain lagi jika Anda memiliki tubuh besar, dapat memilih kaftan longgar. Sebaiknya tidak memilih kaftan pas tubuh.

Kurang elok jika lekuk tubuh dan bagian yang menonjol  terlihat. Lebih pas jika memakai kaftan dengan bahan yang jatuh dengan motif sederhana. Atau lebih serasi jika busana yang dipiih polos. Material kain yang dipakai juga akan mendukung kaftan pilihan Anda. Seperti sutra siffon, sutera thailand, satin. Selain katun dan linen untuk digunakan sehari hari.

Anda yang menggunakan hijab, sebaiknya memilih kerudung polos jika busana yang digunakan bermotif. Warna disesuaikan dengan warna dari motif gaunnya. Sebaliknya jika gaunnya polos, akan lebih cantik jika dipadankan dengan hijab bermotif dan warna yang sesuai. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *