Connect with us

Ekonomi & Bisnis

Yang Muda Menangkap Peluang Emas

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Mohammad Rizal  (36 th) pemilik rental playstation (PS) di Jl. Syech Yusuf, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari. Sudah 10 tahun ia buka usaha rental PS dan kini mempekerjakan dua orang.  Semula PS hanya usaha sampingan. Yang utama adalah warung kopi. Namun yang berkembang justru rentalnya yang terletak di ruang samping warung.

Dengan menjual emas 17 gram, usaha rental dibenahi dan ditambah unitnya hingga sekarang  15 unit. Tempatnya makin luas karena kedai warkop  seluruhnya dijadikan area rental PS. “Meja kursi ga beli lagi, tinggal ganti usaha saja, “ papar Rizal yang mengaku kalah bersaing dalam bisnis warung kopinya.

Ia bersyukur masih punya simpanan emas sehingga bisa cepat berbenah. Hal serupa dialami Ibu Andari (58), beralamat di Jl. Donorejo, Kec. Wonorejo, Pasuruan, Jawa Timur.  Untuk merehab toko dan menambah barang jualan dari modal jual perhiasan emas. “Jika memerlukan 2-3 juta ya disekolahkan saja, “ Istilah dia jika menggadaikan emas ke Pegadaian.

Punya perhiasan emas sebagai simpanan/ tabungan cukup membantu dalam memenuhi kebutuhan terutama yang mendesak meski gramasinya kecil. Karena emas mudah dijual atau digadaikan saja jika kebutuhannya kecil. Itulah pandangan mereka.

Hal yang sama dilakoni Hayati (46) ibu rumah tangga asal Pelembang  yang tinggal di Banjeng, Depok, Yogyakarta.  Instrumen emas sebagai tabungan dilakukan atas saran mertuanya yang suka beli perhiasan emas tapi bukan untuk dipakai melainkan sebagai simpanan/ tabungan. Namun Hayati simpan emasnya di Pegadaian.

Simpanan emas dialokasikan untuk kebutuhan jangka menengah dan panjang, membangun rumah maupun biaya sekolah ketiga anaknya. “Puji Tuhan, cukup tercover dengan simpanan emas itu. Kebetulan harga emas kan terus naik, jadi tidak terlalu pusing ketika anak-anak masuk sekolah, SMP dan SMA, “ aku Hayati yang suaminya seorang ASN ini.

Harkat atau nilai  emas  tampaknya tidak hanya melekat pada namanya tapi juga esensinya. Menurut falsafahnya,  emas sebagai  simbol kemakmuran dan kecemerlangan. Ternyata benda logam yang banyak digunakan sebagai perhiasan ini, emas bernilai investasi yang purbawi dan cukup aman.    

“Instrumen investasi emas itu  sudah  turun temurun dari nenek moyang kita. Instrumen  emas ini dipercaya sebagai instrumen investasi yang  sudah  terbukti dari zaman ke zaman, “ kata Kadek Eva Suputra, Kepala Divisi Produk Emas PT Pegadaian,  Jakarta kepada jayakartanews, Senin lalu (3/4).  Bahkan emas, menurut pria asal Bali ini  dianggap sebagai alat lindung nilai atau safety haven.

Kadek Eva Suputra Kadiv Produk Emas PT Pegadaian

Di saat krisis, seperti ketika terjadi wabah Covid 19 tahun 2020, katanya,  harga emas cenderung naik,  mencapai Rp 1 juta/ gram. Sebuah literatur yang ditulis Asriani, MH dalam desertasinya terkait investasi emas juga menyatakan hal serupa. Nilai emas akan semakin naik dengan cepat,  karena pada saat terjadi krisis ekonomi, para investor akan cenderung memilih investasi yang lebih aman dan emaslah yang dinilai paling aman.

Kadek Eva Suputra juga mengemukakan, meski harga emas fluktuatif sebagaimana kurs mata uang, namun dalam jangka panjang  cenderung naik. Analoginya demikian, jika dulu beli kambing setara 4 gram emas, maka sekarang pun beli kambing  ya senilai 4 gram emas, meski angka rupiahnya mungkin lebih besar dibanding dulu.

Menangkap Peluang

Menurut Kadek,  anak-anaklah  muda  yang cenderung bisa menangkap peluang dengan menabung emas. Jumlahnya cukup signifikan. “Sebenarnya investasi emas itu untuk semua segmen. Namun  investasi emas ini  tampaknya  diminati orang muda. Bahkan trennya  banyak dari kalangan mileneal, “ ungkap Kadek.

Di Unit Pegadaian Cabang (UPC) Pasar Baru, Kabupaten Karawang misalnya,  menurut seorang karyawan para nasabah yang nabung emas cenderung meningkat dan banyak dari kalangan mileneal. “Rata-rata  usia 17 tahun, “ kata Dian Kwintiti  yang sudah lebih dari 10 tahun di Pegadaian Karawang. 

Kadek menyebutnya suatu realita yang unik  terkait nasabah tabungan emas ini, lebih-lebih  dengan perkembangan digitalisasi. Di Pegadaian tersedia aplikasi Tabungan Emas Digital  sehingga kemudahan  tersebut cenderung diminati kalangan muda, generasi digital.    Menurut data  2022, saldo tabungan emas  Pegadaian  meningkat  sebesar 5%. Usia  nasabah antara 24-40 tahun. Laki-laki  sebesar 67,1 % dan  perempuan 32,9%  sehingga  saldo emas nasabah  di Pegadaian mencapai  lebih dari  7  ton.

Penabung emas harus benar-benar bijak, imbau Kadek.  Belinya harus di tempat yang  benar-benar kapabel dengan permasalahan emas. Menabung emas di Pegadaian sangat aman karena pertama,  dijamin kualitasnya, 24 K kedua keamanan standar, ketiga milik pemerintah yang pasti dikelola dengan baik.

“Layanan Tabungan Emas Pegadaian sekarang under OJK (Otoritas Jasa Keuangan), benar-benar diawasi, diperiksa oleh regulator-regulator, OJK dll . Jadi aman, “  tandasnya.

Dari beberapa pengakuan nasabah, mengapa mereka menabung emas, menyimpan emas. Alasan pertama,  keamanan, baik keamanan menyimpannya  seperti di Pegadaian maupun  nilai harganya. Akses pun kini lebih mudah dengan digitalisasi.

Faktor keamanan harus jadi perhatian utama, imbau Kadek. Selain kemudahan,  yang pertama  adalah  keamanannya. “Aman, mudah, dan cepat, “ tegasnya lagi.

Sebagaimana diketahui terkait hukum investasi emas, kita bisa lihat fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia No. 77/DSN-MUI/VI/2010 tentang Jual-Beli Emas Secara Tidak Tunai. Sebenarnya, seperti  dikatakan Kadek di atas,  tabungan emas  ini sudah berlangsung turun temurun. Apakah ini sesuai syariah, sumber lain di Pegadaian mengatakan sesuai, karena tanpa bunga sebagaimana investasi emas pada umumnya. Dan bagi nasabah hanya membayar Rp 30 ribu/ tahun  berapa pun jumlah tabungan emasnya.

Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Tabungan Emas Pegadaian tersedia di Kantor Cabang atau Unit Pegadaian Cabang   (UPC) di seluruh Indonesia yang berjumlah 4400 outlet. Selain di outlet  Pegadaian, tabungan emas yang sudah dibuka layanannya  sejak Juli 2015, masyarakat bisa memanfaatkan layanan Tabungan Emas Digital.

Seiring perkembangan teknologi dan kian maraknya dunia digital, maka Tabungan emas digital menjadi pilihan yang mudah dan cepat.. 

Pembelian untuk nabung emas dengan harga terjangkau, mulai dari 0,01 gram atau sekitar Rp 10 ribu. “Jika kita punya  uang Rp 10 ribu, Rp 50 ribu, atau  Rp 100 ribu,  bisa nabung emas. Emasnya disimpan di Pegadaian. Emasnya 24 K atau emas murni. Itu tabungan emas, “  jelas Kadek.

Dikatakan, menabung  emas ini  sebagai  alternatif investasi yang aman untuk menjaga portofolio aset. Untuk Top up saldo Tabungan Emas dapat dilakukan secara online melalui chanel perbankan. Jika sewaktu-waktu memerlukan, hal itu mudah dan cepat dicairkan

Selain melalui aplikasi Tabungan Emas Digital, Pegadaian bekerjasama dengan  e commerce seperti  Shopee, Bukalapak,  Tokopedia, dan lainnya  sehingga mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan melakukan transaksi dan mempermudah aktivitasnya.

Bagi  pelaku UKM bisa pilih e-commerce mana yang sesuai dengan instrumen usahanya. Di  Shopee misalnya, atau Tokopedia. Di Shopee sama saja dengan di Pegadaian.  “Bedanya kalau  langsung di Pegadaian, di sana banyak promo , juga di outlet, “ katanya berpromosi.

Buka tabungan emas lewat Pegadaian Digital. “Itu mudah banget kok caranya. Cukup data KTP saja sudah bisa buka rekening tabungan emas, “ ujar Kadek Eva Suputra.

Trust Meningkat

Kepemilikan tabungan emas ini berkembang cukup signifikan karena semakin mudah, cepat aksesnya/ transaksinya, serta aman. Sehingga  trust-nya meningkat.  Apalagi kalangan  muda yang sangat familiar menikmati hidup serba digital di era kini dan   Pegadaian pun  memanjakan nasabahnya dengan digitalisasi termasuk tersedianya aplikasi Tabungan Emas Digital.

Meningkatnya nasabah tabungan emas juga diakui Direktur Utama PT Pegadaian. Dalam keterangan tertulisnya Februari lalu (10/2)   Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan   mengatakan bahwa   kesadaran masyarakat  berinvestasi atau menabung emas semakin tinggi. Maka  sebagai institusi yang mempunyai rekam jejak panjang dalam bisnis emas, perusahaan berkomitmen untuk membantu masyarakat agar semakin kuat ketahanan ekonominya dengan melakukan investasi atau menabung emas.

Jumlah nasabah yang dilayani Pegadaian secara keseluruhan memang meningkat. Data sampai Desember 2022 nasabah Pegadaian sebanyak  21, 86 juta atau   naik 11, 11 % dari tahun 2021  yakni sebesar  19,67 juta orang.

Mengapa Emas

Dibanding menabung dalam  “bentuk rupiah” maka menabung emas  lebih stabil. Menurut Kadek, risiko-nya kecil. Memang harga emas fluktuatif, namun itu dalam jangka pendek. Dalam jangka menengah -panjang nilai harganya cenderung naik.

Pengalaman Mohammad Rizal, setelah 2-3 tahun menabung emas  baru terasa untungnya. Makanya, saran dia,  jangan tergoda untuk diambil jika baru setahun menabung emas. Demikian pula Hayati mengaku dalam 3-5 tahun  menabung emas bisa dinikmati untungnya karena harga emas cenderung naik

Menurut Kadek, sesuai data, 10 sampai 15 tahun yang lalu kenaikan harga emas pertahun 7-8 persen. “ Artinya  kalau  uang akan tergerus inflasi, dll. Kalau nabung emas justru meningkat. Ini  data historis 15 tahun terakhir, “ Kadek menandaskan.

Kadiv Produk Emas Pegadaian ini  pun memaparkan, ada banyak riset mengatakan agar  kita menjaga aset kita. Syukur apabila nilai aset itu  cenderung meningkat. Jadi orang investasi emas itu bukan untuk langsung kaya mendadak, tapi  untuk  menjaga kekayaan kita. Dianjurkan,  kalau bisa  7-15 persen aset kita itu berbentuk emas dan tentunya ada identifikasinya. Jika sewaktu-waktu ada keperluan, kondisi darurat, emas tsb bisa dijual. “Emas mudah dijual, dan likuiditasnya tinggi, “ ujarnya.

Pegadaian juga melakukan edukasi terhadap masyarakat terkait investasi emas. Bentuk edukasi dalam bentuk seminar/  tatap muka langsung maupun webinar. Misalnya edukasi  terhadap  komunitas ibu-ibu, karyawan  agar bisa merencanakan keuangan untuk biaya sekolah anak, kuliah,   membangun rumah, dan lainnya. Termasuk merencanakan keuangan hari tua atau pensiun. Bagi pelaku UKM  pengembangan investasi emas cukup menarik. Mereka bisa  menyimpannya dari hasil penjualan. Jadi harus mengalokasikan tabungan ke emas.

“Kami selalu melakukan edukasi. Peran kami edukasi,  dan edukasi ke masyarakat itu terus kami jalankan sehingga masyarakat antusias memiliki dan menabung emas agar kondisi keuangannya terjaga, “  kata Kadek lagi.  iswati

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *