Microsoft Rilis Windows 10S

 Microsoft Rilis Windows 10S

Photo & caption by Microsoft

MICROSOFT merilis  Windows 10S, sebuah versi terbaru dari Windows 10, yang disasar  untuk personal computer (PC) murah yang umumnya dipakai  di sektor pendidikan dan bisnis sekala usaha kecil dan menengah (UKM).

Software Windows 10 S ini, dirancang  agar dapat bekerja dengan baik di kompoter  dengan  spesifikasi hardware yang tidak tinggi, yang memiliki  ukuran tidak besar.

Menurut laman GSM Arena, Windows 10 S dirancang supaya bisa bekerja lebih cepat. Untuk  login misalnya, hanya butuh  15 detik.  Jadi, malah  cepat jika  dibandingkan dengan Windows 10 Pro.

Yang membedakan dengan  Windows 10 Pro  adalah, Windows 10 S ini hanya dimungkinkan  diinstal aplikasi yang ada di Windows Store saja. Apabila ada pengembang yang berminat bermitra dengan Microsoft, supaya aplikasinya bisa dipakai pengguna Windows 10s, maka pengembang harus  mendistribusikan aplikasi yang dibangunnya  itu ke Windows Store, supaya dapat diunduh dan diinstal para  pengguna Windows 10S.

 

Good News

Microsoft sejauh ini belum mengungkapkan apakah  Windows 10 S dimaksudkan sebagai kependekan  dari “ speed” atau bukan, tetapi  bagaimana pun juga ‘speed’ memang tetap akan menjadi salah satu pilihan bagi pengguna komputer.  Untuk urusan “nge-boot” Windows 10 S suma butuh waktu 15 detik.

Windows 10 S memang dibuat di atas  Windows 10,  namun lebih ringan, yang dirancang untuk dijalankan  pada konfigurasi perangkat keras yang lebih kecil, yang memungkinkan digunakan untuk  PC yang sangat murah (lebih lambat lagi). Perangkat lunak ini juga dimungkinkan diinstal di PC lama untuk dapat dimanfaatkan kembali.

Apabila  Anda memiliki  beberapa komputer, Windows 10 S juga dapat diinstal melalui USB, dengan opsi yang telah dikonfigurasikan sebelumnya. Hal ini jelas dapat  menghemat waktu yang besar.

 

Daya tahan baterai

Microsoft juga menjanjikan Windows 10 S akan memberikan daya tahan pemakaian baterai yang jauh lebih baik daripada Windows 10.  Microsoft mengklaim,  Windows 10 S yang diinstal di  “Surface Laptop”  baterainya akan dapat bertahan hingga 14,5 jam, dengan hanya sekali pengisian tunggal, dimana laptop tersebut  mengemas  13,5 -inch  layar sentuh sentuh dengan 1080p.

Masalah utamanya, apakah klaim itu nyata adanya.  Soalnya, banyak laptop yang menggunakan Windows 10, yang diklaim konsumsi baterainya irit (bisa  10-20 jam), nyatanya menurut laporan Forbes, tidak pernah ada yang mendekati angka itu.  Penggunaan MacOS dan ChromeOS mampu memberikan masa pakai baterai  yang sangat lama. Jadi,  Windows 10 S perlu membuktikan bahwa hal itu dapat dilakukan secara signifikan, lebih baik daripada Windows 10, saudaranya yang lebih dulu lahir.

 

Kompatibilitas

Soal hal ini, dapat dikatakan singkat  dan manis: jika komputer Anda bisa dijalankan dengan  Windows 10, maka pasti bisa dijalankannya dengan  Windows 10S.

Microsoft  mengklaim Windows 10 S akan dapat bekerja dengan kebanyakan periferal pihak ketiga, karena memiliki akses ke database driver Windows 10. Semua driver yang akan Anda akses, jika Anda perlu menginstalnya secara manual pada pengaturan Anda, maka bisa jadi  akan mengalami masalah dengan Windows 10S.

 

Banyak Fitur Windows 10 Pro

Yang menarik, Microsoft telah membangun Windows 10 S dari inti yang ada di Windows 10 Pro, bukan Windows 10 Home. Namun demikian, Microsoft belum menyediakan daftar lengkap fungsi Pro yang dibundel di Windows 10 S.  Anda akan mendapatkan fitur Pro seperti Azure Active Directory (AD), Mobile Device Management (MDM), edisi bisnis Windows Update dan Windows Store, ditambah   dengan Hyper-V dan Windows Subsystem untuk  Linux.

 

Low Cost 

Tidaklah  mengherankan kalau Microsoft benar-benar ingin agar para penggunanya  mencoba Windows 10 S.  Sebagai daya tariknya,  perusahaan tersebut menawarkan ini kepada siapa pun yang tidak puas dengan itu upgrade gratis ke Windows 10 Pro sebelum akhir 2017. Bagaimana setelah itu? Ya, Microsoft  akan mengenakan  biaya $ 50.

Untuk  semua sekolah yang saat ini menjalankan Windows 10 Pro PC, bisa mendapatkan Windows 10 S secara gratis. Dalam hal ini  akan mencakup Office 365 Education dengan  Microsoft Teams. Mengingat tuntutan kebutuhan hardware yang lebih rendah, maka Windows 10 S PC dapat dibangun dengan harga murah mulai dari hanya $ 189.

 

Bad News

Pada tahap ini mungkin terdengar seperti Windows 10 S terlalu bagus untuk menjadi sebuah kenyataan yang menyenangkan. Sayangnya,  hal ini juga mengandung batasan utama yang akan menjadi “deal breaker” untuk proporsi pengguna yang signifikan.

Seperti platform Windows RT yang gagal, Windows 10 S tidak akan menjalankan perangkat lunak yang harus Anda instal dari desktop. Dengan demikian, maka di perangkat komputer Anda  tidak ada Chrome, tidak ada Firefox, tidak ada iTunes, dan banyak game serta  yang lainnya lagi.***

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *