Twitter Lite, Jurus Anti Kesal Hadapi Koneksi Lemot

 Twitter Lite, Jurus Anti Kesal Hadapi Koneksi Lemot

Analisis teknis Medium.com tentang Twitter Lite. (On Screen Photo Medium)

PARA penggiat dunia maya, penggemar dan pemilik akun mini blog Twitter di Indonesia, kini dapat menggunakan Twitter Lite, menyusul diluncurkannya twitter lite secara global pada April lalu di India.

Dengan menggunakan Twitter Lite, para penggiat mini blog, menurut klaim Twitter, akan menikmati kecepatan dalam ber-ciutan di internet. Lebih dari itu, ini yang paling penting, untuk pemilik smartphone yang “sederhana”, konsumsi data Twitter Lite lebih sedikit apabila dibandingkan aplikasi.

Direktur Senior Pengembangan Bisnis Twitter Asia Pasifik, Arvinder Gujral yang ditemui media pada Rabu (3/5/2017) selepas acara peluncuran Twitter Lite mengatakan, bahwa pada kenyataannya masih banyak para pengguna internet yang masih dihadapkan pada situasi koneksi internet yang tidak cepat. Persoalan lainnya, kapasitas penyimpanan ponsel yang kecil.

Dengan memanfaatkan teknologi Progressive Web App (PWA), jelas Arvinder, maka pengguna akan mampu menghemat data hingga 70%. Selain itu, pengguna juga akan menikmati koneksi 30% lebih cepat jika dikomparasikan dengan akses dari aplikasi di ponsel.

Twitter Lite memberikan keuntungan lain. Seandainya aplikasi Twitter di Android berukuran puluhan hingga ratusan megabit, maka Twitter versi ringan ini cukup membutuhkan kapasitas kurang dari 1MB di ponsel.

Arvinder mengakui, Twitter Lite memang disasar untuk pasar di negara berkembang, khususnya bagi para pengguna yang tak punya koneksi internet cepat, sulit menjangkau paket data, dan telepon mobilnya tidak berkapasitas besar. Dengan posisi sebagai salah satu negara dengan penduduk terbanyak yang menggunakan twitter, maka Indonesia menjadi pilihan kedua sebagai tempat peluncuran Twitter Lite setelah India.

Twitter menemukan bahwa para penggunanya di kota-kota kecil Indonesia, tampaknya sangat ingin terlibat dalam perbincangan di dunia maya. Mereka banyak menyukai konten olah raga dan hiburan. Masalahnya, mereka terhambat oleh harga paket data yang kurang bersahabat, belum lagi dengan problem koneksi internet yang tidak lancar, dan terbatasnya memori ponsel.

Untuk memberikan akses informasi dua konten tersebut, Twitter pun bekerjasama dengan Indosat Ooredo, termasuk dalam hal ini menyangkut menyediakan akses berlangganan internet.

Twitter Lite dapat diakses di mobile.twitter.com dengan menggunakan browser apapun, baik di perangkat seluler dan komputer, sekaligus menawarkan pengalaman yang sama dengan pemanfaatan aplikasi. ***

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *