Connect with us

Feature

Mau Berlibur dan Bersantai? Bintan Resorts Surganya

Published

on

Crystal lagoon. Kolam renang air asin terbesar se asia Tenggara dengan luas 6,2 hektar. (Foto. Istimewa)

MEDAN, JAYAKARTA NEWS – Bintan Resorts adalah suatu kawasan wisata yang eksotis. Memiliki dan menawarkan berbagai fasilitas, berlibur dan bersantai di sanalah “surga-nya”. Kawasan resorts dengan luas 5.000 hektar itu berada di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau.

Fasilitas di Bintan Resorts antara lain fasilitas atraksi, wisata alam, tempat/lokasi restoran penyedia makanan dan minuman, spa dan relax, arena golf dan beragam tipe penginapan yang letaknya ideal dengan lokasi fasilitas lainnya.

‘Kemolekan’ alam yang original di seputar pantai tropis bagian utara Pulau Bintan menambah nilai plus menuju kesempurnaan daya tarik sejumlah fasilitas yang dimiliki Bintan Resorts. Terbukti, saat ini Bintan Resorts merupakan resort termegah se-Pulau Bintan dengan disain moderen dan bertaraf internasional.

Salah satu fasilitas atraksi rekreasi yang fantastis adalah Crystal Lagoon, kolam renang air asin terbesar di Asia Tenggara. Luasnya 6,2 hektar., menjorok ke arah Laut Cina Selatan.

Selain itu, di sana juga tersedia Fly Bintan, The Beach Club by Nirwana Gardens, Bintan Watersports, Plaza Lagoi, Club Med Day & Night Pass, dan Rumah Imajinasi. Semua atraksi rekreasi buka Senin-Minggu, kecuali Rumah Imajinasi, Sabtu-Minggu, Jam 08.00-19.00 WIB.

Hutan Mangrove Bintan, Danau Lagoi dan Lagoi Bay menjadi saksi bisu pesona wisata alam di Bintan Resorts. Petualangan melakukan perjalanan melalui hutan bakau yang lebat di sepanjang Sungai Sebung. Dedaunan lebat dan akar pohon yang berhubungan secara alami memunculkan komunitas hewan serta tumbuhan berkembang pesat.

Danau Lagoi, danau air tawar seluas 2,5 hektar memiliki khas keindahan alami tersendiri. Berlokasi di blok wisata khusus Lagoi yang diselimuti tanaman hijau viridian dan dedaunan tropis nan rimbun di hutan Lagoi.

Bukan sekadar kata-kata di atas kertas, kehidupan pulau di Pantai Lagoi benar-benar kehidupan pantai. Hamparan pantainya yang masih asli sepanjang 3,5 kilometer, dan satu-satunya pantai umum di Bintan Resorts.

Destinasi sport tourism, Bintan Triathlon. Ajang kompetisi Lari, renang dan bersepeda. (Foto. Istimewa)

Permainan atau kegiatan olah raga di Pantai Lagoi tak jauh beda dengan pantai lain umumnya. Seperti kayak, jet-ski dan snorkeling. Bangun istana pasir, lari cepat tanpa alas kaki di atas pasir putih, dan permainan voli pantai. Bersantai dan beristirahat di atas bean bag yang diletakkan di pantai sambil menikmati panorama Laut Cina Selatan nan luas serta langit biru yang menenangkan.

Boleh dibilang, Bintan Resorts memang memanjakan para tamu, pelancong atau wisatawan yang berkunjung kesana. Berbagai fasilitas dirancang dan tertata saling terintegerasi satu dengan lainnya. Butuh makanan dan minuman, sejumlah restaurant dan bar cukup mudah dijangkau dari tempat fasilitas lainnya.

Selera makanan terpenuhi, resep bumbu khas melayu tersedia, selera lidah Asia dan Eropa menjadi suguhan di sejumlah restaurant umumnya, dan seafood salah satu pilihan favorit pengunjung Bintan Resorts.

The Anmon Resorts Bintan, Glamping dengan tema padang pasir. (Foto. Istimewa)

Namun tidaklah cukup destinasi resort untuk liburan dan bersantai itu terbilang nikmat tanpa ketersediaan penginapan yang memadai, dan exclusive. Penginapan adalah salah satu pertimbangan para pelancong atau wisatawan bila hendak berkunjung ke tujuan wisata atau liburan.

Demikian halnya Bintan Resorts, membaca pasar para pengunjung, menyediakan berbagai pilihan penginapan atau akomodasi terjangkau sesuai budget dan kocek. Mulai kamar 500 ribu per malam hingga kamar mewah-lux. Dan pihak pengelola Bintan Resorts akan terus mengembangkan sejumlah fasilitas, termasuk penginapan.

Helsa Caesaria

Head of Domestic Marketing & Promotion PT. Bintan Resorts Cakrawala (PT. BRC), Helsa Caesaria mengungkapkan Bintan Resorts merupakan rumah bagi hotel dan resort internasional terkenal berlokasi tepi pantai yang menakjubkan dengan pemandangan Laut Cina Selatan nan indah. 

Head of Domestic Marketing & Promotion PT. Bintan Resorts Cakrawala (PT. BRC), Helsa Caesaria saat di acara Bintan Resorts Product Update Roadshow 2024 di Hotel Adi Mulia, Kota Medan. (Foto. Monang Sitohang)

Pada acara “Bintan Resorts Product Update Roadshow 2024”. Helsa menyampaikan bahwa kehadiran BRC selaku perusahaan pengelola dan pengembang kawasan pariwisata internasional di Lagoi, Bintan Utara, Provinsi Kepulauan Riau ke Medan untuk mempromosikan pariwisata dan akomodasi di Bintan Resorts ke pasar domestik. “Tujuan kita memang untuk mempromosikan ke pasar domestik,” jelas Helsa ke awak media ini, Selasa (25/6) di Hotel Adi Mulia, Medan.

Dipastikan, sungguh tepat memilih Bintan Resorts untuk menikmati liburan penuh ketenangan dan tanpa ‘kebisingan’. Yang ditawarkan liburan tanpa kebisingan. “Ya, kita jual ketenanganlah,” tutur Helsa.

Menurut Helsa, liburan tanpa kebisingan itu sesuai tagline Bintan Resorts,”Escape, Unwind dan Discover”. Di sana para pengunjung benar-benar menikmati liburan, tenang tanpa kebisingan dan kesibukan. “Jadi tagline itu mengandung arti melarikan diri dari kesibukan keseharian,” jelasnya.

Bintan Resorts juga menawarkan sejumlah pilihan akomodasi, dari vila mewah dengan kolam renang pribadi hingga chalet tepi pantai dengan harga terjangkau. Vila romantis yang menghadap ke Laut Ciba Selatan hingga apartemen ramah keluarga. Salah satu resort terkenal di kawasan wisata berskala internasional tersebut di antaranya Doulos Phos The Ship Hotel, terbuat dari kapal pesiar tertua di dunia yang masih ada sampai kini.

Moda Transportasi

Untuk menuju Bintan, ada beberapa alternatif yakni melalui Singapura, Indonesia atau menggunakan kapal Yacht pribadi. Jika melalui Singapura terdapat layanan feri reguler yang dioperasikan Bintan Resorts Ferries (BRF).

BRF layanan rute antara Tanah Merah Ferry Terminal (TMFT) di Singapura dengan Bandar Bentan Telani (BBT) Ferry Terminal di Bintan Resorts. Jenis kapal yang digunakan Catamaran berkecepatan tinggi. Kedua rute ini dapat ditempuh hanya 60 menit. 

Penerbangan domestik ke Pulau Bintan juga tersedia. Para pengunjung dapat menggunakan pesawat domestik dengan tujuan Raja Haji Fisabilillah (Kode Bandara:TNJ) yang berlokasi di Kota Tanjung Pinang. Sementara perjalanan darat dari Bandara Raja Haji Fisabilillah menuju Bintan Resorts menyita waktu sekitar satu jam.

Walau rute penerbangan langsung (direct flight) ke Tanjung Pinang terbatas, namun para wisatawan (baik wisatawan domestik maupun mancanegara di Indonesia) dapat memilih opsi penerbangan melalui Bandara Hang Nadim di Batam.

Kalau melalui Batam bisa naik speed boat muatan 38 orang, tarif di angka 50-60 ribuan ke pelabuhan umum. Bila langsung ke pelabuhan Bintan Resort lumayan mahal mencapai 120 ribu. Untuk tiket speed boat bisa dipesan langsung di tempat. Tapi untuk ke pelabuhan Bintan bisa dibantu pihak Bintan Resorts.

Edy pemilik Travel Embun Pagi, member Asita mengatakan wisata Pulau Bintan itu menarik. Kendalanya, hanya di transportasinya. Kalau dari Medan harus terlebih dahulu ke Batam, kemudian naik fery jadi dia kali. Sedangkan berwisata ke Pulau Penang cukup sekali biaya tempuh.

Wakil Ketua DPD Astindo Sumut Ahmad Fauzi Lubis, mewakili Ketua DPD Wilson Halim, berharap semoga melalui pertemuan dalam acara Bintan Resorts Product Update 2024, kurang lebih 70 buyer dan 4 seller yang hadir dapat memberikan manfaat kepada semua yang hadir, informasi ter-update dan wisata terbaru di Bintan. Sehingga para pelaku pariwisata dapat mempromosikan wisata Bintan yang tepat dan berkelanjutan.

Liburan dan Olah Raga 

Bintan merupakan andalan Kepulauan Riau. Bintan terkenal dengan deretan resort mewahnya  lapangan golf kelas dunia dan keindahan pesisir pantai yang menakjubkan. Berbagai jenis perhelatan olah raga pariwisata yang menarik perhatian wisatawan dari seluruh penjuru dunia di gelar Bintan, antara lain marathon dan turnamen golf.

Destinasi golf, Ria Bintan. (Foto. Istimewa)

Helsa menambahkan, liburan juga bisa sambil berolah raga. Bagi penggemar kegiatan luar lapangan dapat melakukan olah raga air dan aktivitas darat yang mengasyikkan. Lakukan tee-off di salah satu dari empat lapangan golf kejuaraan.

Atraksi baru bersepeda di Bintan merupakan surga utama bagi pengendara sepeda yang mencari perpaduan sempurna antara keindahan pemandangan dengan jalur yang mendebarkan dan aman. “Baru-baru ini, Event Bintan Triathon 2024 diselenggarakan di kawasan wisata Lagoi, pada 1 dan 2 Juni, berjalan aman dan lancar,” kata Helsa.

Terkait olah raga golf, belum lama ini, Sabtu (29/6/2024) dalam pelaksanaan even Wonderful Indonesia Golf Tour di Batam di Kepulauan Riau (Kepri) Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Kepulauan Riau memiliki fasilitas pendukung yang memadai untuk menjadi destinasi wisata golf di Indonesia, seperti dikutip dari website kemenparekraf.go.id.

Kompetisi ini, kata Menparekraf, diikuti oleh 140 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri seperti Malaysia dan Singapura. Sehingga, potensi ini patut dimanfaatkan semaksimal mungkin. “Ini menunjukkan bahwa minat (wisata golf) ini tinggi, jadi kita bisa tingkatkan lagi,” ujar Sandiaga. (Monang Sitohang) 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *