Sutradara Ruben Oustland Rebut Palme d’Or di Cannes

 Sutradara Ruben Oustland Rebut Palme d’Or di Cannes

Ruben Oustland dengan piala Palme d’Or untuk film garapannya, The Square. [Photo: Stephane Cardinale – Corbis/Corbis via Getty Images]

Ruben Oustland dengan penghargaan Palme d’Or untuk film garapannya The Square. [Photo: Stephane Cardinale – Corbis/Corbis via Getty Images]
SUTRADARA  Swedia, Ruben Östlund, meraih penghargaan utama  Cannes,  untuk seni film yang menampilkan satire  yang dimainkan oleh Elisabeth Moss dan Dominic West

Satire dunia seni “The Square” telah mengantar  Ruben Östlund  untuk raihan tertinggi,  Palme d’Or di festival film Cannes tahun 2017. Film yang disutradari  Östlund itu bertutur tentang  direktur museum (yang diperankan oleh Claes Bang) yang sangat ingin membuat galeri  sukses. Dia kemudian membuat sebuah instalasi baru yang disebutnya “The Square” untuk mempromosikan museumnya itu.

The Square diterima dengan baik setelah debutnya pada  19 Mei 2017, dan mendapatkan serangkaian ulasan yang memujinya.  Peter Bradshaw dari Guardian misalnya, memberi empat bintang untuk karya tersebut. Dia mengatakan,  The Square menciptakan “tontonan aneh dan keterlaluan, dengan momen-momen keajaiban murni”.

Sutradara Swedia Östlund terkenal dengan film sebelumnya, Force Majeure, yang juga berbicara tentang sifat negatif dari rasa bersalah kelas menengah. Film ini juga dibintangi Mad Men’s Elisabeth Moss dan The Wire’s Dominic West. Tampil pula dengan ciamik,  Terry Notary, yang memainkan pertunjukan yang meniru kera.

Aktor dan Aktris Terbaik

Peran  pembunuh bayaran dalam sebuah film yang mengangkat masalah  psikologis, bertajuk  “You Were Never Really Here”, mengantar aktor asal  Amerika Serikat, Joaquin Phoenix meraih  penghargaan sebagai aktor pria terbaik dalam  festival film Cannes.

Gelar itu diumumkan Senin (29/5/2017) dinihari waktu Indonesia. Dalam pidato singkatnya, Joaquin yang vegetarian itu  meminta  maaf karena dirinya pada kesempatan menghadiri upacara yang mewah itu,  harus mengenakan sepatu olahraga  karena posisi sikap “moralnya”.  “Saya tidak pakai sepatu kulit,” katanya.

Aktor Joaquin Phoenix dengan penghargaan sebagai aktor terpuji, yang bermain pada film You Were Never Really Here. [Photo: Jean-Paul Pelissier/Reuters]
Bintang Hollywood kelahiran Jerman, Diane Kruger, mendapat penghargaan piala untuk  aktris terbaik melalui  perannya dalam film “In The Fade”. Film tersebut mengangkat sisi kelabu bagaimana keadaan seorang ibu yang kehilangan keluarganya dalam serangan neo-Nazi.

Kruger mengaku  sangat terharu, tatkala  menerima penghargaan tersebut. Dia menyatakan  terima kasihnya pula  kepada sutradara keturunan Jerman-Turki, Fatih Akin, yang dia gambarkan  sebagai “kakak.”

Pada festifal kali ini,  sutradara terbaik diraih oleh  Sofia Coppola melalui  karyanya pada film “The Beguiled.” Dalam sambutannya, Sofia menyampaikan bahwa penghargaan ini dia dedikasikan  kepada ayahnya,  Francis Ford Coppola , yang sukses menyutradari  film “Apocalypse Now”. Menurutnya,  ayahnya telah  mengajarkannya menulis dan menjadi sutradara.

Sumber: AFP

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *