Kereta Tanpa Awak Segera Beroperasi di Soetta

 Kereta Tanpa Awak Segera Beroperasi di Soetta

PROSES pembangunan  kereta tanpa awak atau Automated People Mover System (APMS)  di Bandara Soekarno-Hatta, kini sudah mencapai 75 persen. Pengerjaannya terus dikebut, selain untuk memenuhi target waktu, hasil akhirnya diharapkan akan makin  mempercantik kawasan di bandara tersebut.

“Progres pembangunannya sudah melebihi 75 persen,” ujar Publik Relation Manager PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano, belum lama ini.  Dia menejelaskan, AMPS atau Skytrain ini,  nantinya akan melayani  transportasi khusus  di dalam kawasan Bandara Soetta saja.

Skytrain  berada di area perkantoran Bandara Soekarno-Hatta, salah satunya berada di  samping Stasiun Kereta Bandara. Kedepan, kereta Bandara  akan melayani penumpang dari Stasiun Manggarai menuju Bandara Soekarno-Hatta. Berdasarkan pantauan Jayakartanews.com, tampak  beberapa komponen konstruksi seperti tiang  dan rel, sudah  terpasang.

Skytrain dijanjikan dapat melayani pengguna jasa di Bandara Soetta dengan tepat waktu. Setiap lima menit,  Skytrain akan tiba di setiap terminal, mulai  dari terminal 1, 2 dan 3. Dengan ketepanan waktu yang terukur ini, maka  akan mempermudah para pengguna jasa. “Waktunya sekitar 7 menit perjalanan ke antar terminal,” ujarnya.

Yado menyebutkan,  untuk fase pertama, Skytrain akan  beroperasi pada Juni 2017 yang dilayani oleh satu  trainset dari  Terminal 2 ke Terminal 3. Ditambahkan, setiap satu transet Skytrain terdiri dari  2 gerbong dengan kapasitas 176 penumpang. Skytrain akan  beroperasi penuh pada Agustus 2017, yang  terdiri dari tiga  trainset yang menghubungkan Terminal 1 ke Terminal 3.

Manager Humas Bandara Soekarno-Hatta, Dewandono Prasetyo Nugroho menambahkan, sejauh ini pelaksanaan pembangunan Skytrain belum menemui kendala yang berarti. “Pengerjaannya sesuai dengan yang ditargetkan,” kananya. Kelak,  Skytrain akan memberikan layanan kepada pengguna jasa  hingga 24 jam sesuai  dengan  jadwal penerbangan.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *