Connect with us

Kabar

Benarkah Gula Aren Lebih Sehat daripada Gula Pasir? Ini Faktanya

Published

on

JAYAKARTA NEWS— Benarkah gula aren lebih sehat dari gula pasir? Pertanyaan itu kerap menjadi perdebatan kalangan awam. Ada yang bilang, gula aren lebih rendah kalori, bebas kolesterol dan lemak, serta kaya mineral. Entah benar atau tidak klaim itu. Berikut paparannya yang dikutip dari laman alodokter.

Gula aren adalah gula yang terbuat dari kristalisasi nira pohon aren atau enau. Gula ini berwarna cokelat sehingga sering disamakan dengan brown sugar, padahal keduanya berbeda. Walaupun sama-sama berwarna coklat, brown sugar adalah gula pasir yang melewati proses molases dan terbuat dari tebu.

Faktanya, gula aren memang bisa kamu jadikan sebagai pemanis yang lebih sehat dibandingkan jenis gula lainnya, seperti gula pasir. Hal itu bisa diperoleh berkat kandungan nutrisinya. Berikut adalah perbandingan kandungan nutrisi dalam 100 gram gula pasir dan gula aren:

NutrisiGula arenGula pasir
Energi368 kal394 kal
Karbohidrat92 g94 g
Lemak00
Kalsium75 mg5 mg
Fosfor35 mg1 mg
Besi3 mg0,1 mg
Natrium15 mg1 mg
Kalium390 mg4,8 mg
Vitamin B20,01 mg0

Dari tabel di atas, gula aren terlihat memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi dibandingan gula pasir. Selain itu, jenis gula ini juga mengandung vitamin B2. Jadi tidak salah untuk menjadikah gula aren sebagai pilihan pemanis alami, apalagi jika kamu memang ingin memenuhi kebutuhan beberapa jenis mineral penting, seperti kalium, kalsium, fosfor, natrium, atau besi.

Manfaat Gula Aren untuk Kesehatan Tubuh

Berkat nutrisinya, gula aren mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menjadi sumber energi

Gula aren dan gula pasir sama-sama mengandung kalori yang cukup tinggi, sehingga bisa dijadikan sumber energi. Namun, kamu perlu berhati-hati jika menderita kencing manis atau diabetes. Hal ini karena kedua jenis gula ini sama-sama memiliki indeks glikemik yang cukup tinggi.

2. Mendukung kesehatan tulang

Gula aren mengandung sejumlah mineral, mulai dari kalium, kalsium, fosfor, besi, dan natrium. Perlu diketahui, kalium, kalsium, dan fosfor merupakan mineral yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang serta gigi, lho.

3. Membantu menangkal efek radikal bebas

Gula aren mengandung vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B2 memiliki efek antioksidan yang bisa membantu menangkal efek paparan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan sel hingga DNA.

Selain itu, sinergi antara riboflavin dengan vitamin B lainnya juga akan membantu proses pertumbuhan sel darah merah.

4. Menurunkan tekanan darah

Gula aren kaya akan kandungan kalium yang berperan penting dalam menjaga kerja jantung dan pembuluh darah, lho. Oleh karena itu, gula aren juga bisa dijadikan opsi pemanis alami bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).

Meski mengandung sejumlah nutrisi sehingga bisa dikatakan lebih sehat, kamu tetap disarankan mengonsumsi gula aren dalam batas yang wajar. Anjuran konsumsi gula harian orang dewasa tidak lebih dari 30 gram atau 7 sendok teh per hari, anak 2–10 tahun berkisar di rentang 19–24 gram atau 4–6 sendok teh per hari.***alodokter

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *