Connect with us

Kabar

PT. Mirah Sosialisaikan Gas LPG Subsidi 3Kg Tepat Sasaran

Published

on

JAYAKARTA NEWS – Pendistribusian Gas LPG 3 Kg sering mengalami kendala sehingga tidak tepat sasaran dan berimbas pada masyarakat kurang mampu, target masyarakat kurang mampu yang seharusnya mendapatkan Gas LPG subsidi justru beralih ke masyarakat yang tidak layak mendapatkan Gas LPG subsidi tersebut.

Gas LPG 3 Kg bersubsidi diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu dan usaha mikro.
Pendistribusian Gas LPG 3 Kg yang sudah dicanangkan sebagai program pemerintah seharusnya tepat sasaran, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat miskin.

Data pengguna Gas LPG 3 kg untuk mendukung Transformasi Subsidi LPG 3 kg Tepat Sasaran terus dilakukan Pertamina Patra Niaga. Dan untuk meningkatkan layanan integrasi data, mulai tanggal 1 Juni 2024, Pangkalan akan beralih dari pencatatan logbook manual ke logbook digital melalui aplikasi berbasis website yang dinamakan Merchant Apps Pangkalan (MAP) yang merupakan inovasi dari Pertamina Patra Niaga.

Pencatatan transaksi LPG 3 kg secara digital melalui MAP mulai 1 Juni 2024, bagi yang belum daftar, dipersilahkan bawa KTP saat membeli LPG 3 kg di Pangkalan agar terdata. Bagi yang sudah daftar, dapat membeli seperti biasa dengan menunjukkan KTP.

Melalui MAP ini, siapa saja dan berapa konsumsi Gas LPG 3 kg per pengguna per bulan dapat dilihat lebih jelas, sehingga subsidi penyaluran LPG 3 kg lebih dapat di dipertanggungjawabkan kepada Pemerintah. Pangkalan mayoritas mengakses logbook manual ini melalui HP masing-masing.

Hal senada diungkapkan I Nengah Parwita selaku Pengawas Operasional PT. Mirah, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (23/7/2024).

“Dengan diberlakukannya sistem MAP untuk pembelian Gas LPG subsidi 3 Kg, diharapkan subsidi yang diberikan kepada masyarakat penerima dapat dimaksimalkan, dimana pihaknya selaku mata rantai distribusi mendukung dengan penuh apa yang menjadi program dari Pemerintah tersebut, tegasnya.

Ditambahkan, pihaknya melakukan penjualan melalui pangkalan sebagai mata rantai resmi yang dimilikinya dan berupaya menjual Elpiji 3 Kg sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Untuk mendukung program pemerintah, kami distribusikan Elpiji 3 Kg sesuai dengan HET dan memang benar diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu dan usaha mikro,” pungkasnya. (cmg)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *