Connect with us

Kabar

Gus Fawait Pimpin Upacara HUT Kemerdekaan ke-79 Bersama Partai Pengusung

Published

on

Gus Fawait saat memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 (foto: istimewa)

SURABAYA, JAYAKARTA NEWS— Momen HUT RI ke 79 tahun ini merupakan momen yang spesial bagi bakal calon bupati Jember gus Fawait.

Bersama ribuan relawan, gus Fawait menggelar upacara bendera di sebuah pinggir perkebunan di kabupaten Jember.

Kemudian yang menjadi inspektur upacara dalam kegiatan tersebut langsung Gus Fawait, politisi Gerindra.

Gus Fawait saat dikonfirmasi mengatakan alasan digelarnya upacara bendera tersebut di wilayah perkebunan sebagai simbol di mana di wilayah perkebunan ada di pedesaan dan ada dipinggir pantai juga.

“Desa, wilayah perkebunan dan pinggir pantai hampir mayoritas dihuni oleh masyarakatnya yang miskin, termasuk di Jember,” jelasnya.

“Kami ingin Indonesia termasuk Jember segera terbebas dari kemiskinan. Apalagi secara jumlah terbesar Jember berada diurutan nomor dua se Jawa Timur.

Momen HUT RI Kemerdekaan ke 79 ini sebagai tonggak sejarah kemerdekaan Jember dari kemiskinan, “jelasnya Sabtu(17/8/2024).

Dibeberkan Presiden LSN ini, Kabupaten Jember berada di urutan kedua dengan jumlah penduduk miskin di Jatim.

“Mereka tersebar di tiga wilayah, yakni perdesaan, pinggiran hutan dan kebun serta pantai,”jelasnya.

Gus Fawait mengatakan sekarang ini di saat angka kemiskian di Jatim turun, jumlah penduduk miskin di Jember justru meningkat.

“Permasalahan kemiskinan adalah permasalahan pekerjaan rumah bersama. Oleh sebab itu, fenomena kemiskinan tersebut ke depan jangan sampai terjadi lagi di Jember, ” jelasnya.

Berdasarkan data BPS Jember yang dikutip Gus Fawait -sapaan akrabnya-, tren jumlah penduduk miskin di Kabupaten Jember selama periode Maret 2022-Maret 2023 bertambah sebanyak 3,73 ribu jiwa.

Dari 232,73 ribu jiwa pada Maret 2022 menjadi 236,46 ribu jiwa pada Maret 2023. 

Persentase penduduk miskin di Kabupaten Jember dalam rentang waktu satu tahun tersebut juga mengalami peningkatan sebesar 0,12 persen.

Dari 9,39 persen pada Maret 2022 menjadi 9,51 persen pada Maret 2023.

Ditambahka juga, penduduk miskin di Kabupaten Jember tidak ditangani dengan serius. Pemberian subsidi dan bantuan langsung kepada keluarga penerima manfaat hanya bersifat sementara dan senang sesaat.

Bahkan, sekarang ini dengan kondisi prasarana yang cukup memadai salah satunya infrastruktur, maka tak ada investor satupun yang melirik ingin berinvestasi di Jember.

“Oleh sebab itu, ke depan, jika dipercaya rakyat memimpin Jember, saya akan all out dan memastikan untuk pengentasan kemiskinan di Jember akan banyak investor masuk ke Jember sebagai upaya pengentasan kemiskinan di Jember,”tandasnya.

Upacara memperingati hari kemerdekaan yang dilakukan oleh relawan gus fawait itu secara sederhana, lokasi di desa karangkedawung kecamatan mumbulsari Jember di monumen pahlawan Muhammad Sroedji.

Dihadiri oleh seluruh partai pengusung PKS, PPP, NASDEM, GOLKAR, PKB GERINDRA dan PAN, serta dihadiri peserta partai non parlemen.***poedji

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *