Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia Peringati Hari Lingkungan Hidup

 Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia Peringati Hari Lingkungan Hidup

Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Bike to Work (B2W), Minggu (5/6/2022) (KLHK)

JAYAKARTA NEWS – Lebih dari seribu pesepeda dari berbagai komunitas di Jadetabek ikut dalam Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bekerjasama dengan Bike to Work (B2W), Minggu, 5 Juni 2022.

Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Sigit Reliantoro menyebutkan jika masa depan kita adalah masa depan yang menggunakan renewable energi, sehingga masyarakat harus didorong untuk mau beralih menggunakan energi ramah lingkungan salah satunya dengan bersepeda untuk mobilisasi harian mereka.

“Kita harus memulainya. Salah satunya dengan bersepeda. Kita juga mendorong dengan menggunakan mobil listrik. Ini mestinya akan menjadi gerakan masyarakat secara bersama-sama,” ujarnya dalam Siaran Pers, Senin (6/6).

Ia melanjutkan jika Aksi Sejuta Sepeda Satu Indonesia pada Peringati HLH sekaligus memperingati hari sepeda dunia yang jatuh pada tanggal 3 Juni 2022 lalu. Ia  pun menyatakan jika peringatan HLH tahun ini memberi porsi besar pada ajakan kepada generasi muda untuk menjadi bagian dari gerakan lingkungan.

“Jadi konsepnya kita menyerahkan bumi ini kepada anak-anak muda sebagai generasi mendatang, tapi sebetulnya kita juga sudah mengajak generasi muda ini untuk mulai berkarya dari sekarang untuk mulai peduli menjadi Champions untuk perubahan di masa mendatang,” jelasnya.

Hari Sepeda Sedunia yang diperingati setiap tanggal 3 Juni dan Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 Juni telah melahirkan inisiatif untuk bersinergi dan bekerjasama antara KLHK dengan Bike to Work untuk mendorong Gerakan Bersepeda melalui penyelenggaraan kegiatan bersepeda bersama serempak di seluruh Indonesia “Sejuta Sepeda, Satu Indonesia”.

Kegiatan Ini juga merupakan wujud nyata dan komitmen para pesepeda untuk mengurangi Gas Rumah Kaca (GRK). Memasyarakatkan Gerakan Bersepeda  melalui kegiatan bersepeda bersama ini bertujuan untuk mengajak, mendorong, dan mengedukasi masyarakat luas dalam berkontribusi mengurangi emisi GRK yang bersumber dari kendaraan bermotor.  Harapannya adalah menjaga kualitas udara semakin bersih, menjadikan sepeda sebagai moda transportasi dalam menjalankan aktivitas sehari hari. Mewujudkan hidup lebih sehat di lingkungan yang sehat.

Aksi bersepeda ini merupakan rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni. Pada tahun 2022 ini merupakan HLH ke 50 sejak dicetuskan pada Konferensi Stockholm tahun 1972. Tema tahun ini, yaitu Only One Earth. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga menetapkan tema Hari Lingkungan Hidup untuk Indonesia yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan”. Pemilihan tema tersebut sebagai pengingat bahwa bumi adalah satu-satunya rumah kita yang sampai saat ini masih bergandengan erat dengan krisis lingkungan.

Pada kesempatan ini rute bersepeda dimulai dari Balai Kota Jakarta dan berakhir di Gedung Manggala Wanabakti KLHK. Bersama dengan kegiatan bersepeda bersama juga dilakukan beberapa kegiatan bertajuk lingkungan, yaitu Deklarasi para pesepeda untuk berkomitmen menggunakan sepeda sebagai moda transportasi sehari hari, mendorong jalur khusus pesepeda, dan terlibat dalam program program ramah lingkungan.

Selain itu juga dilakukan pelepasliaran burung kutilang dan penanaman pohon mahoni yang berfungsi sebagai penyerap polutan udara, dan sebagai wujud nyata KLHK mendukung Gerakan Bersepeda, maka diresmikan juga parkir sepeda dan launching komunitas pesepeda KLHK. Harapannya gerakan bersepeda dapat menjadi budaya masyarakat Indonesia.

Turut hadir dalam aksi ini Direktur Pengendalian Pencemaran Udara, dan jajaran Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional lingkup KLHK, Perwakilan Struktur Organisasi Bike to Work, serta jajaran staf KLHK.***/mel

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.