Connect with us

Entertainment

Solo Keroncong Festival 2024 Sukses Membawa Musik Keroncong Lebih Dekat dengan Masyarakat

Published

on

Solo Keroncong Festival 2024/Foto: dok panitia

JAYAKARTA NEWS— Riuh meriah mewarnai Pamedan Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, dalam gelaran Solo Keroncong Festival 2024 yang bertajuk “Becik Ketitik Keroncong Ketara”. Festival yang berlangsung selama dua hari, 19-20 Juli 2024 ini, menghadirkan berbagai pertunjukan musik keroncong yang memukau dari para maestro, musisi, dan seniman ternama tanah air.

Opening Ceremony yang Meriah

Acara diawali dengan Opening Ceremony yang dimeriahkan dengan penyerahan piagam kepada para bintang tamu dan grup peserta. Penampilan Tari Rajamala yang memukau membuka suasana, dilanjutkan dengan kolaborasi memukau antara SMK N 8 Surakarta dengan penyanyi kondang Peni Candrarini berkolaborasi dengan pertunjukan Fashion Show Belle Ame by Dinna Owastera. 

Solo Keroncong Festival 2024/Foto: dok panitia

Penampilan Istimewa dari Berbagai Bintang Tamu

Para pecinta musik keroncong dimanjakan dengan berbagai penampilan istimewa dari para bintang tamu. Olah Gubang dari Kutai Kartanegara membawa nuansa budaya Kalimantan, Ok. Gambir Merdeka dari DKI Jakarta memukau dengan suaranya yang merdu, dan legenda musik keroncong Ibu Waldjinah memberikan penampilan yang tak terlupakan kemudian dilanjutkan dengan Awarding Pengabdian Keroncong kepada Ibu Waldjinah menjadi momen spesial untuk mengapresiasi para tokoh yang telah berjasa dalam melestarikan musik keroncong.

Penghargaan dan Penampilan Spesial

Penampilan dari Singapura Nobat Kota Singa, Keroncongisasi feat Sruti Respati bersama Mlenuk Voice, Panji Sakti dan Indro Hardjodikoro, Orkes Puspa Jelita pimpinan Lilik Shaggy Dog bersama Heruwa, Keroncong side of X-Trenggalek, menjadi pertunjukan yang memukau dan berkesan.

Solo Keroncong Festival 2024/Foto: dok panitia

Penutupan yang Istimewa

Festival ditutup dengan penampilan spesial dari Bambang Heri n friends dan ditutup pantun oleh Ketua tim event Jawa Tengah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Joko Sudarbowo, S.Sn. dan dilanjutkan penyerahan alat musik ukulele oleh Drs. Aryo Windyandoko, MH (Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) kepada GRAj Sura. 

Para penonton memadati area pertunjukan main stage dan supporting stage untuk menikmati alunan musik keroncong yang indah. Supporting stage dari Keroncong SMA N 3 Yogyakarta, Jagad Keroncong Nusantara, Keroncong Omkara. Bestie Keroncong juga terlihat memadati area Keplek Ilat, dan berbagai penampilan di area Activity semakin memeriahkan festival ini.

Solo Keroncong Festival 2024: Sukses Membawa Musik Keroncong Lebih Dekat dengan Masyarakat

Solo Keroncong Festival 2024 “Becik Ketitik Keroncong Ketara” telah sukses membawa musik keroncong lebih dekat dengan masyarakat, khususnya generasi muda. Festival ini menjadi bukti bahwa musik keroncong masih relevan dan digemari oleh berbagai kalangan. 

“Keroncong adalah genre musik yang jenius, karena saya penikmat musik keroncong sejak bapak saya Allmarhum beliau sering mendengarkan musik keroncong, saya besar dengan langgam-langgam dan tentunya musik keroncong jadi saya seneng bgt bisa di Solo Keroncong Festival.”

“Saya tidak terlalu percaya diri dan terus berlatih setiap hari tapi allhamdullillah temen-temen Keroncongisasi memberi energi yang lebih untuk saya percaya diri, karena yang mengundang saya mbak Sruti Respati yang kita tahu semua elaktibilitas beliau pada musik keroncong. Luar biasa malam ini” ujar Panji Sakti. ***PR

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *