Connect with us

Entertainment

‘Catatan Harian Menantu Sinting’: tentang Adat dan Budaya Batak

Published

on

Raditya Dika dan Ariel Tatum (foto Soraya)

JAYAKARTA NEWS— Sutradara Sunil Soraya biasa membuat film bergenre drama. Kali ini, bersama Soraya Films, ia merilis film drama komedi yang berjudul ‘Catatan Harian Menantu Sinting”.

Diadaptasi dari novel laris karya Rosi L Simamora, film ini benar-benar penuh ledakan tawa.
Dari awal hingga akhir, setiap dialog menggiring penonton terpingkal. Terlebih lagi, tiga pemeran utamanya – Raditya Dika Nasution, Ariel Tatum dan dr Lina Marpaung – lihai mengisi celah dengan dialog-dialog cerdas dan saling pingpong tak berkesudahan.

Rumah tangga pasutri Sahat dan Minar dikisahkan penuh lika liku, konflik dan dinamika.
Mereka harus tinggal serumah dengan mamak mertua karena persoalan keuangan.
Karena Minar kerap berselisih paham dengan mamak mertua, sahat dan Minar pindah rumah agar bisa mandiri tanpa campur tangan mertua.
Malam hari hujan lebat, mamak mertua mendadak sontak menyambangi rumah Sahat dan Minar. Terpaksa mereka menerima kehadiran mamak mertua tinggal di rumah baru Sahat.
Tentang konsep cinta dan keluarga, Minar dan mamak mertua berbeda pendapat.
Minar berpandangan, cinta adalah ‘quality time’ dan komunikasi yang baik.
Namun, mamak mertua lain. Cinta diukur dari kehadiran cucu laki-laki penerus keluarga Batak.

“Ketiganya punya peran karakter unik. Kombinasi mereka benar-benar patut digarisbawahi dalam urusan pernikahan, adat istiadat dan budaya Batak. Dari dulu sampai sekarang,” lontar Sunil Soraya.

Dalam soal ranjang sampai kondom, vibrator dan tetek bengek kecil, mamak mertua selalu ikut berpendapat dan ingin tahu lebih detil.

Ariel Tatum bilang nyaman banget tatkala disyut beradegan ranjang bersama Raditya Dika.
“Enggak jadi soal. Kita sebelum syuting mengadakan workshop dsn diskusi lebih dulu. Jadi syuting berjalan lancar dan enak. Enggak ada kendala,” jelas Ariel Tatum.

Begitu pula Raditya Dika yang sudah punya isteri dan dua anak. “Pak Sunil Soraya memberikan keleluasaan bagi pemeran sehingga kita enggak salting (salah tingkah),” urai Raditya Dika, komika dan dosen di Fakultas Sosial dan Politik UI jurusan produksi media.\

Kali ini, Raditya Dika berperan full sebagai aktor. Di beberapa film sebelumnya (‘Koala Kumal’, ‘Cinta Brontosaurus’, ‘Marmut Merah Jambu’ dll), Raditya Dika bertindak sebagai sutradara dan penulis naskah.

Film ini juga dimeriahkan oleh segerobak artis terkenal seperti Robby Purba, Raline Shah, Rizma Simbolon, Dicky Pardosi, Simon Parulian Girsang dan Ruth Riani Pasaribu.
Diakurasi untuk 13 tahun ke atas oleh LSF, ‘Catatan Harian Menantu Sinting’ akan beredar di bioskop 18 Juli 2024.

Yuk kita bergembira (dengan sederet lagu Batak) dan berhahahihi bersama menantu sinting dan mertua ceriwis. (pik)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *