Sisi Lain dari Susi Pudjiastuti: Impian, Cintanya pada Keluarga hingga Foto Merokok yang Viral

 Sisi Lain dari Susi Pudjiastuti: Impian,  Cintanya pada Keluarga hingga Foto Merokok yang Viral

Susi Pudjiastuti mengenalkan laut sejak dini pada cucunya–foto instagram fika fawzia

Fika Fawzia dan bosnya, Susi Pudjiastuti. Ini bukan senang-senang lho tapi bekerja. Foto ini diambil pada 23 Maret 2017–sumber instagram Fika Fawzia

Berikut ini adalah kisah menarik tentang sisi lain dari Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan, yang dikutip dari instagram Fika Fawzia, Asisten Susi Pudjiastututi. Fika banyak menulis tentang bos dan kegiatannya. Berikut sebagian kutipannya:

“Bos meminta Pak Sandi untuk menunaikan janjinya untuk membersihkan danau lainnya di Jakarta dan tidak hanya Danau Sunter,” ujar Asisten Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan,  Fika Fawzia dalam tulisanya di instagram. Wanita cantik ini menyebut Susi dengan ‘bos’.

“Bos juga memberikan tantangan terbuka kepada kepala daerah di seluruh Indonesia untuk berlomba paddling/renang bersama Bos dengan syarat mereka harus membersihkan perairan di seluruh Indonesia, baik itu danau, waduk dan tentunya wilayah pesisir. Sportivitas demi Indonesia, air menjadi bersih, dan masyarakat pasti senang,” kata Fika.

Dalam tulisan lain di instagram miliknya Fika juga menulis tentang impian Bos-nya yang ingin punya kapal riset sendiri. “Boss pernah bercerita, impiannya semasa kecil ingin punya kapal selam riset sendiri agar bisa melihat kehidupan di bawah laut dan tidak diganggu banyak orang. Meskipun belum kesampaian punya kapal selam sendiri, tapi kemarin sudah bisa naik kapal selam milik TNI AL KRI Nagapasa-403 sewaktu penyematan Brevet Kehormatan Hiu Kencana,” tulis Fika.

Meski terlihat sangat sibuk dan memiliki agenda kerja yang padat, namun keluarga adalah nomor satu. Fika dalam tulisannya di instagram bercerita tentang sisi lain dari Sang Bos. “Pernah ada yang bertanya kepada saya, sisi apa dari Boss yang jarang orang tahu. Saya jawab, sebetulnya bagi Ibu, keluarga nomor satu. “

“Meskipun pekerjaan banyak menyita waktu, namun Boss selalu mendahulukan peran sebagai seorang Ibu dan (Eyang) Uti. Pada akhirnya anak dan cucu pun ikut dibawa ke laut agar bisa tetap bersama meskipun tugas tetap menanti. Tidak jarang, akhirnya mereka pun juga ikut dibawa paddling”.

Inilah foto Susi Pudjiastuti yang sempat viral di media beberapa waktu lalu–sumber instagram Fika Fawzia

Sementara di lain kesempatan Fika di instagram pribadinya  bercerita tentang kisah di balik foto  Susi merokok yang menjadi viral di berbagai media. “Minggu sore di kediaman pribadi Boss di Pangandaran, saya bilang bahwa saya upload foto kegiatan Boss meninjau gladi tempur Kopaska Armabar di Twitter saya. Caption saya, “Badass boss chilling with her homies”.

Beliau tertawa dan meminta untuk ambil HP dan mengeceknya. Selang beberapa waktu, saya heran kenapa foto Boss lagi paddling jadi viral. Saya tanya, “Ibu yang upload sendiri?” Beliau tertawa keras dan menjawab, “Iya”.

Kemudian saya tanya lagi, “Terus yang foto lagi duduk sambil ngerokok dan ngopi kenapa Ibu upload? Nanti Bu Menkes marah lagi. Ibu kan udah minta kita supaya jangan pernah nunjukin foto Ibu ngerokok”. Dijawab dengan nada lempeng, “Soalnya ada yang bales, ‘ending abis paddling kecebur ya Bu?’, jadi saya tunjukin foto pribadi dari HP saya itu. Saya ga jatoh kok.” Saya tidak bisa berkata-kata, antara heran campur takjub.

Begitulah alasan kenapa foto itu menyebar dengan segala macam permutasi meme. Banyak yang berspekulasi ini sebuah statement politis tentang reklamasi, sampah di laut, atau tentang gender, tapi sesungguhnya ini karena Boss hanya ingin menunjukkan bahwa beliau ga jatuh kalo lagi stand-up paddling.

Di Pangandaran akhir pekan lalu, saya diminta Boss untuk mengadakan lomba paddling bagi Kopaska yang sedang latihan tempur di sana. Sewaktu perlombaan, di atas paddle board besar yang Boss naiki (dan saya yang diminta mengayuh), kami melihat anggota-anggota Kopaska terjatuh mencoba paddling berdiri.

Boss terbahak-bahak melihat mereka jatuh satu per satu dan bilang, “Lihat Fik, hiburan kan. Pelajaran juga bahwa sejago-jagonya orang ada beberapa hal yang kita tidak bisa lakukan”.

Kembali ke foto ini, antara ini memang sikap Boss yang tidak mau kalah (yang menantang di Twitter juga hanya bertanya sederhana), atau mungkin ya, ada maksud lain di balik itu yang beliau tidak jelaskan ke saya. Tapi foto ini memang menunjukkan Boss apa adanya yang sehari-hari saya lihat. Secangkir kopi tubruk dari Lampung dan sebatang Sampoerna merah di tangannya (yang saat itu dibawakan ke laut oleh kami-kami yang mendampingi di paddle board dan perahu sebelahnya). Foto asli diambil oleh Samuel Benini.”

***sumber foto dan kisah: dikutip dari instagram Fika Fawzia, Asisten Susi Pudjiastuti***

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *