Pesona Tersembunyi, Curug Leuwi Hejo

 Pesona Tersembunyi, Curug Leuwi Hejo

APAKAH Anda merasa jenuh dengan destinasi wisata akhir pekan yang itu-itu saja? Pergilah ke Curug Leuwi Hejo, di Desa Cibadak, Kec. Sukamakmur, Bogor. Nikmati sensasi keindahan tersembunyi di sana.

Seperti Curug atau air terjun lainnya di kawasan Jawa Barat, Curug Leuwi Hejo mendapatkan namanya dari ciri khas yang dimiliki oleh tempat tersebut. Warna airnya yang jernih kehijauan saat terkena sinar matahari menjadi inspirasi untuk menamakan Curug yang merupakan bagian dari Sungai Cileungsi ini.

Meskipun harus melalui beragam jenis jalanan, mulai dari jalan beraspal hingga berbatu, rute yang kami lalui dari wilayah Sentul ini menawarkan pemandangan indah berupa lansekap perbukitan dan area persawahan. Karena berada jauh dari keramaian dan kepadatan lalu- lintas jalan raya, kami pun dapat berhenti sejenak untuk menikmati udara segar sambil memeriksa peta digital dalam telepon genggam untuk memastikan tujuan sudah semakin dekat.

Sebelum sampai di lokasi area wisata yang sejatinya bernama Curug Bengkok, jangan lupa menyiapkan pecahan Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 15.000 bagi anda yang membawa kendaraan roda empat sebagai biaya retribusi kawasan wisata. Setelah memarkirkan kendaraan di area yang sudah disediakan, Anda harus berjalan kaki menuruni tangga-tangga bebatuan dan melewati beberapa kios pedagang makanan serta suvenir.

Untuk merasakan dinginnya air curug yang alirannya berbelok-belok ini, kami berjalan kaki sekitar 10 menit melalui sebuah jembatan kayu sebelum kembali bertemu sebuah pos dan dikenakan biaya lagi Rp. 5.000 per orang untuk masuk ke lokasi curug.

Salah satu kawan kami pun berkomentar, “Meski harus jalan kaki lagi dan bayar dua kali sebelum tiba di curug, airnya yang menyegarkan membuat kita semua lupa dengan hal tersebut”, ujar Ryan (23). Kami semua pun sepakat dengannya sambil menikmati beragam cemilan berupa gorengan dan kopi panas.

Sebagai salah satu tempat wisata alternatif tak jauh dari ibukota, sayangnya keindahan Curug Leuwi Hejo masih terganjal fasilitas pendukung yang saat ini membutuhkan perhatian lebih lanjut oleh pihak pengelola. Dengan memperbaiki akses, dijamin lokasi ini bakal menjadi destinasi wisata favorit. ***

Digiqole ad

Related post

8 Comments

  • Tulisan keren ditunggu reportase destinasi lainnya

  • Baguuuss….jd pgn liat langsung…terus semangat menulis yaaaa

  • Boleh jadi destinasi wisata alternatif saat liburan di Bogor niiih ???

  • Ternyata tdk perlu jauh-jauh untuk berwisata keluarga, trims atas informasinya, sangat bermanfaat.

  • Boleh dicoba nih..wisata yg murmer tapi menarik untuk dikunjungi..

  • Semoga uang tanda masuk yang dibayar pengunjung juga dialokasikan untuk menjaga kealamian dan kebersihan lingkungan wisata disana. Pengunjung pun juga tetap menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan…termasuk para penjual yang berdagang disana.

  • Semoga uang tanda masuk yang dibayar pengunjung juga dialokasikan untuk menjaga kealamian dan kebersihan lingkungan wisata disana. Pengunjung pun juga tetap menjaga kebersihan, dengan tidak membuang sampah sembarangan…termasuk para penjual yang berdagang disana.

  • Bang Farhan… keren tulisannya…
    sebagai info, masih ada curug2 lain yg lokasinya diatas Curug Leuwi hejo, ada Curug kembar, dan curug lain yg keunikannya berbeda beda antara curug satu dg lainnya..
    Sok di eksplore ke atas lagi Bang Farhan…. keren2 pokok nah mah..
    Selanjutnya ditunggu reportase berikutnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *