BPPT Tetap Gelar Operasi TMC Antisipasi Bencana Karhutla Riau

 BPPT Tetap Gelar Operasi TMC Antisipasi Bencana Karhutla Riau

Ilustrasi kebakaran hutan dan lahan–foto istimewa

JAYAKARTA NEWS— Di saat hampir semua perhatian tertuju pada penyebaran virus corona, kebakaran hutan dan lahan masih melanda Riau. Pemerintah daerah setempat harus membagi perhatiannya dengan kebakaran hutan dan lahan yang masih melanda Riau.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengatakan, pihaknya melalui BBTMC tetap melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengantisiapasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau.

BBTMC tetap melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengantisiapasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau–foto instagram bppt

“Sebagaimana kita ketahui, bahwa setiap tahun terjadi karhutla di Riau, itu terjadi sekitar Februari-Maret akibat adanya musim kemarau pertama di Riau”, dikatakan Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca Teknolog (BBTMC-BPPT) Tri Handoko Seto, melalui pesan singkat (19/03).

Seto menambahkan, sejak awal maret lalu BBTMC- BPPT mulai terjunkan tim untuk melaksanakan operasi teknologi modifikasi cuaca di Riau. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya karhutla yang lebih luas tak terkendali.

TMC kali ini dilakukan untuk membasahi lahan gambut agar tidak mudah terbakar atau dibakar. Semoga TMC mampu mencegah bencana asap karhutla yang dapat mengganggu kesehatan masyarakat terutama ISPA, ujar Seto. –

Pencegahan kahurtla yang memberikan dampak asap ini tentu mengganggu kesehatan, ditengah masyarakat Indonesia sedang melawan Covid 19 kita perlu mencegah bahaya lain yang diakibatkan oleh kahurtla, tambahnya.

Sebagai informasi Tim TMC BPPT sudah melakukan operasi sejak 11 Maret 2020 di Provinsi Riau dengan dukungan TNI AU. ***/ebn


Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *