Connect with us

Feature

Wapres JK Selalu Jalan Kaki ke Markas PBB di New York

Published

on

Wapres Jusuf Kalla dan delegasi Indonesia berjalan kaki dari hotel ke Markas Besar PBB. Tampak di depan, Egy Massadiah, Staf Ahli BNPB yang turut serta dalam delegasi. (ist)

Jayakarta News – Sejak tahun 2015 hingga 2019, tidak ada yang berubah dari kebiasaan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla beracara di Markas Besar PBB New York. “Beliau selalu memilih berjalan kaki dari hotel tempat menginap ke Markas PBB. Jauh dari kesan protokoler. Sederhana sekali,” ujar Egy Massadiah, Tenaga Ahli BNPB yang turut serta dalam rombongan Wapres JK di New York, kepada Jayakarta News, hari ini (25/9/2019).

Hal lain yang relatif tidak berubah adalah padatnya jadwal acara. Protokol kenegaraan diatur sedemikian ketat, antara agenda menghadiri sidang-sidang di Markas Besar PBB, juga agenda bilateral, jumpa kepala negara lain, serta serangkaian agenda lain.

Apa pun dan sepadat apa pun agendanya, Wapres JK selalu mengawali hari dengan berjalan kaki dari hotel ke Markas PBB. Pemandangan itu pula yang tampak hari ini, hari ketiga Wapres JK menjadi peserta Sidang Umum PBB.

Pagi hari pukul 08.00 waktu setempat, Wapres RI dijadwalkan menghadiri Joint Access to Face the Coffee Price Crisis and Achieve Its Sustainable Production di Conference Room, di Markas Besar PBB New York. Di sela agenda Sidang Majelis Umum PBB, Wapres berbicara pada acara Business Forum yang diselenggarakan oleh KADIN dan US Chamber of Commerce di Gedung KJRI New York pada pukul 10.00. Dii tempat yang sama Wapres juga akan bertemu Presiden Boeing Internasional Michael Arthur.

Setelah itu, Wapres Jusuf Kalla beranjak ke Markas Besar PBB lagi untuk bertemu Presiden International Committe Of The Red Cross (ICRC) Peter Maurer di Bilateral Booth GAB 11. Acara itu sedianya berlangsung kemarin, tetapi tertunda.

Agenda bilateral berikutnya direncanakan bertemu Perdana Menteri Fiji Komodor Josaia Voreqe Bainimarama OStJ, atau lebih dikenal dengan Frank Bainimarama di temat yang sama.

Sedangkan agenda Wapres menjadi co-moderator bersama dengan Menteri Luar Negeri Malta, rencananya digelar pada pukul 16.05 WS di Trusteeship Council pada acara High Level Political Forum Leaders Dialogue.

Selanjutnya, Wapres menghadiri agenda bilateral dengan Presiden Kenya Uhuru Muigai Kenyatta, sekaligus menutup rangkaian kegiatan hari ini. (*)

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama delegasi Indonesia menyusuri pedestrian kota New York. Kiri depan, Egy Massadiah, Staf Ahli BNPB yang ikut dalam rombongan Wapres. (ist)
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *