Connect with us

Kabar

Tiru NTB, Pembangunan Rumah Korban Gempa Maluku Agar Segera Dilakukan

Published

on

Presiden Joko Widodo menjawab wartawan seusai mengunjungi korban terdampak gempa Maluku di Universitas Darussalam Maluku Tengah, Selasa (29/10/2019) — foto setkab

JAYAKARTA NEWS— Pembangunan rumah tahan gempa untuk korban terdampak gempa di Nusa Tenggara Barat hampir selesai. Cepatnya pengerjaan pembangunan rumah-rumah anti gempa itu selain karena dukungan dari pemerintah pusat juga karena pemerintah daerah yang didukung intansi-instansi terkait melakukan gerak cepat pemulihan pemukiman masyarakat.

Presiden Joko Widodo berharap hal yang sama juga dilaksanakan di Ambon, Maluku. Pembangunan kembali rumah warga terdampak gempa agar bisa segera dikerjakan oleh masyarakat karena sistemnya memang nanti swakelola, sebagaimana dilakukan pemeritah di Nusa Tenggara Barat (NTB).

”Yang jelas konstruksinya akan diarahkan oleh Kementerian PU konstruksi yang tahan gempa, ya,” ujarnya.

Menurut Jokowi,, dirinya  sudah mendapatkan laporan komplet dari Gubernur Maluku, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengenai jumlah rumah dan fasilitas umum yang rusak yang akibat gempa di provinsi Maluku.

“Kurang lebih 12.300an rumah yang rusak dan rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan, ini yang telah teridentifikasi,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai berdialog dengan pengungsi warga terdampak gempa di Provinsi Maluku, Universitas Darussalam, Maluku Tengah, Selasa (29/10) pagi.

Mengenai transfer dana bantuan bagi warga terdampak gempa, Presiden Jokowi meyakinkan akan segera dilakukan. Namun seperti yang dilakukan pemerintah di NTB, Presiden Jokowi mengingatkan tahapan-tahapannya. “Memang tidak mudah dalam pengerjaan di lapangan tetapi model seperti di Nusa Tenggara Barat saya kira bisa kita pakai di sini,” pungkasnya. ***setkab/ebn

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *