Tiga Pentolan Teater Beri Materi Workshop

 Tiga Pentolan Teater Beri Materi Workshop

JAYAKARTA NEWS – Pagi ini, Minggu (9/10), tiga pentolan Teater Alam Yogyakarta akan memberikan materi workshop teater. Mereka adalah Meritz Hindra, Puntung CM Pudjadi, dan Wahyana Giri MC. Workshop Teater ini adalah bagian dari rangkaian acara peringatan 50 Tahun Teater Alam (1972 – 2022).

Meritz Hindra

“Workshop teater hari ini menyajikan tiga materi menarik. Masing-masing, yakni keaktoran, penyutradaraan, dan penulisan naskah,” ujar Dinar Saka, penanggung jawab workshop, di Yogyakarta, hari ini (9/10).

Meritz Hindra, salah satu anggota Teater Alam angkatan awal (70-an), akan menyajikan materi “Keaktoran”. Sedangkan, Puntung CM Pudjadi, senior Teater Alam yang lain, berbagi ilmu tentang “Penyutradaraan”. Adapun materi “Penulisan Naskah”, diampu oleh Wahyana Giri, yang sarat prestasi di bidangnya.

Puntung CM Pudjadi

Dinar Saka menambahkan, panitia workshop awalnya membatasi jumlah peserta di angka 50 orang. Akan tetapi animo calon peserta ternyata sangat besar. “Akhirnya kami beri toleransi tambahan peserta, sehingga total menjadi 60,” ujar Dinar Setiawan, nama lengkapnya.

Anggota Teater Alam tahun 2000-an ini juga mengatakan, dibatasinya jumlah peserta antara lain karena pertimbangan “pementasan”. “Tidak bisa dibayangkan, kalau kami buka pendaftaran hingga ratusan peserta, bagaimana pengaturan pementasannya. Di samping itu, ada kekhawatiran, materi kurang terserap dengan baik jika peserta terlalu banyak,” katanya.

Workshop Komplet

Wahyana Giri MC

Menurut Dinar, workshop teater “50 Tahun Teater Alam” ini adalah paket workshop komplet. “Pemateri bukan hanya menyajikan teori, tetapi juga praktek pentas,” tambah Dinar. Karena itulah, workshop dibagi menjadi dua sesi besar. Yakni, sesi penyajian materi teknis dan sesi pembahasan pementasan.

Saat sesi teori, tiga materi diselenggarakan secara terpisah. Menurut Dinar, peserta dikelompokkan berdasarkan minat. “Jadi Gedung Societet, Taman Budaya Yogya tempat berlangsungnya workhsop, kami bagi menjadi tiga. Bagian lobby untuk materi penyutradaraan, bagian panggung untuk materi keaktoran, dan bagian taman untuk materi penulisan naskah,” paparnya.

Workshop dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir 16.45 WIB. “Peserta tidak dipungut biaya. Kami beri konsumsi, sertifikat, dan pengalaman pentas. Pentas hasil workshop akan dilakukan pada puncak acara peringatan 50 Tahun Teater Alam pada tanggal 17 November 2022.

Dinar Saka

Bukan hanya itu. Menurut Dinar, peserta workshop yang berkenan, bahkan bisa langsung menjadi anggota Teater Alam. “Jadi workshop ini adalah bagian dari pola regenerasi di tubuh Teater Alam,” ujar Dinar yang juga berprofesi sebagai guru. (rr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.