Stop Invasi Rusia ke Ukraina, Sikap Tepat Indonesia

 Stop Invasi Rusia ke Ukraina, Sikap Tepat Indonesia

Martin Hutabarat, Wakil Ketua Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR-RI.

JAYAKARTA NEWS – Martin Hutabarat, Wakil Ketua Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR-RI mendukung posisi Indonesia dalam Sidang Umum PBB, yang bersama 140 negara lain menyetujui Resolusi PBB meminta Rusia menyetop invasi ke Ukraina. Martin menyampaikan hal itu di Jakarta, hari ini (4/3/2022).

Keikutsertaan Indonesia mendukung resolusi tersebut adalah cara yang tepat dalam mengekspresikan politik Luar Negeri Indonesia yang bebas aktif dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan dan perdamaian abadi. 

Martin Hutabarat, mantan Anggota DPR Komisi 1 ini tidak sependapat dengan Guru Besar Universitas Indonesia Hikmahanto Juwana, yang menyayangkan sikap Indonesia yang mendukung resolusi PBB tersebut karena mengekor ke Amerika dan tidak sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dalam pernyataannya baru-baru ini, tidak menyalahkan siapa-siapa dan bahkan tidak menyebut invasi Rusia sama sekali. 

Menurut Martin Hutabarat, yang juga lulusan Universitas Indonesia, dalam hubungan internasional, Indonesia harus tegas dalam setiap kesempatan menyuarakan sikap politik luar negeri yang anti penjajahan dan mendukung perdamaian serta ketertiban dunia. Itu adalah perintah UUD 1945 dan ekspresi pergumulan kita sebagai bangsa sejak kemerdekaan tahun 1945. 

“Kita tidak boleh malu-malu atau setengah hati dalam menegaskan sikap politik Luar Negeri kita ini. Kita harus tegas menolak invasi Rusia ke Ukraina yang telah menyengsarakan puluhan juta rakyat,” tegas Martin Hutabarat.

Tanpa ketegasan sikap, negara-negara lain tidak akan menghargai politik luar negeri Indonesia. Sebab, sikap tidak tegas bisa dimaknai plin plan atau tidak punya pendirian. Yang penting, kata Martin, kita tidak berlebihan atau terlihat seolah-olah arogan dalam menyampaikan politik luar negeri. Sikap tidak setuju invasi Rusia terhadap Ukraina telah dinyatakan Indonesia secara proporsional. (rr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.