Sejuta Dapat Lukisan Bagus? Cuma di Sini

 Sejuta Dapat Lukisan Bagus? Cuma di Sini

JAYAKARTA NEWS – Adalah Godod Sutejo, pelukis senior Yogya yang menggelar kegiatan “gila”. Sebanyak 30 pelukis berbagai aliran, diajaknya pameran lukisan sekaligus bursa lukisan dengan catatan harga lukisan maksimal dibandrol Rp 1 juta. Padahal, di antara mereka terdapat nama-nama pelukis ngetop.

“Saya bermaksud memaknai bulan spesial dan kondisi luar biasa dengan tetap berkarya. Dalam konteks semua keistimewaan tadi, faktor harga kami kebelakangkan,” ujar pelukis kelahiran Wonogiri, itu.

Sejumlah keistimewaan ia sebutkan. Pertama, pameran digelar untuk memeriahkan peringatan ulang tahun Kemerdekaan RI ke-77. Kedua, momentum HUT kemerdekaan RI bertepatan jatuh di bulan Suro/Muharram.

Ketiga, pandemi Covid-19. Manusia di seluruh dunia sedang dilanda wabah covid-19 yang belum berakhir. “Pageblug ini adalah peristiwa bersejarah. Siklusnya bisa berbilang abad. Jika kita selamat, itu artinya rahmat. Di tengah keprihatinan itu, manusia diwajibkan tetap ikhtiar,” ujarnya.

Gagasan itulah yang disampaikan kepada rekan-rekan pelukis. Tak kurang 30 pelukis “nyengkuyung” gawe Godod dan menyatakan keikutsertaannya pada Pameran dan Bursa Lukisan yang digelar di Posnya Seni Godod, Suryodiningratan, Mantrijeron, Yogyakarta. Event itu diberinya tajuk Laga Rupa Suro Nusantara.

Catat tanggalnya. Pameran dan bursa lukisan dibuka Selasa Kiwon tanggal 2 Agustus 2022 pukul 01.00 dinihari. Aneh, mungkin. Tapi menurut Godod, penetapan tanggal dan waktu didasarkan pada perhitungan kelender Jawa, paralel dengan pemaknaan bulan Suro. Pameran dan bursa lukisan itu akan ditutup Selasa Kliwon bulan berikutnya, yang jatuh pada 6 September 2022.

Di antara deretan pelukis yang mendukung event ini dapat kita temui Hajar Permadi, Tulus Warsito, Syaiful Adnan, Nanang Widjaya, Hatta Hambali, Ikhman, Nunuk Ribanu, Ledek Sukadi, dan Godod Sutejo. Pameran lukisan di-display di lantai bawah, sementara bursa lukisan ditempatkan di lantai atas.

Satu hal menarik, bursa lukisan dipatok harga maksimal Rp 1 juta. Bagi penikmat lukisan tenti ini kesempatan menarik. Sangat ramah dompet, dengan Rp 1 juta dapat memiliki lukisan-lukisan berkualitas. Sepertinya Godod dan kawan-kawan lebih berniat sedekat lewat lukisan.

Daftar Peserta Pameran

Agus Winarso, Arfial Arsad Hakim, Ari Sugiarto, Dewobroto, Edi Purwanto, Fatkur  Rochman, Godod Sutejo, Hajar Pamadhi, Harsono, Haryadi, Hatta Hambali, Hendro Purwoko, Heri Mujiono, Ikhman, Indarin, Joko Sarjono, Kondang Sugito, Ledek Sukadi, Mahroji, Nanang Wijaya, Naryo, Nunuk Ribanu.

Pebri Valentino, Purwadmadi, Rakhmat S, Ris Maryono, Rujiman, Sabar Jambul, Semi Kaswara, Sumadi, Skren Karya, Sukamto DS, Sukaptianto, Sumaji Madura, Supri Cemen, Suradi PW, Syaiful Adnan, Teguh Suwarto, Totok Buchori, Trimakno, Tulus Warsito, Ukaptianto, Yarno, Yulianto, Yusuf Santoso. (rr)

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.