Connect with us

Kuliner

Resep Na Tinombur, Menu Ikan Panggang Kuliner Khas Batak 

Published

on

MEDAN, JAYAKARTA NEWS – Na Tinombur merupakan kuliner khas masyarakat Batak Toba berbahan utama ikan. Sama halnya dengan arsik yang pada umumnya menggunakan ikan mas, bisa juga ikan mujair dan nila. Hanya saja na tinombur tidak sepopuler arsik, tetapi rasanya tidak kalah nikmat, bisa membuat lidah Anda jumpalitan tidak karuan.

Paduan antara rasa pedas dan rasa ketir andaliman membuat lidah kita bergetar dan ketagihan. Maniak Nai! (pedas kali) kalimat tersebut pun terkadang keluar tanpa disadari. Maka tidak heran kuliner khas Batak yang satu ini selalu dicari bagi penyuka makanan pedas atau membuat para perantau ‘Halak Hita’ (orang Batak) akan rindu dengan kampung halamannya di Danau Toba.

Sebelum na tinombur dihidangkan, terlebih dahulu bumbunya dihaluskan setelah itu dituangkan atau siram ke atas ikan yang telah dipanggang, kemudian diaduk sampai merata. Seperti dikatakan oleh salah seorang masyarakat di Samosir beberapa hari lalu, “Tombur itu diaduk-aduk bumbunya ke ikan yang telah dipanggang”.

Na Tinombur , kuliner khas Batak Toba/foto: Monang

Berikut ini resep cara memasak na tinombur. Semoga bermanfaat dan sedikit bisa melepas rasa kangen Anda akan kampung halaman. Untuk bahannya usahakan yang baik dan segar, seperti ikan, saya memilih ikan nila dari Danau Toba yang masih hidup dan segar agar tercipta rasa yang sempurna.

Resep memasak na tinombur  

Ikan nila segar 2 kg, cabe merah kriting 2 ons, cabe caplak 15 buah, tomat 1 buah, bawang merah 12 siung, bawang putih 6 siung, kemiri 12 butir, sejumput andaliman, arias 1 batang, jeruk nipis 2 buah dan jahe sebesar ibu jari orang dewasa.

Cara memasaknya pun cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah berikut : 

Pertama, bersihkan ikan nila kemudian belah dua dengan potongan panggang supaya daging bisa matang dengan sempurna, lalu lumuri ikan dengan perasan air jeruk nipis dan garam sampai merata. 

Kedua, panggang ikan dengan bara api atau dengan teflon, karena saya menggunakan teflon jadi sebelum memanggang oleskan sedikit terlebih dahulu dengan mentega agar ikan tidak lengket. Kemudian perhatikan apinya dan jangan lupa bolak balik ikannya saat memanggang agar hasilnya baik.

Ketiga, bawang putih, merah dan jahe di gongseng sedangkan cabe merah, caplak, tomat dan arias direbus setelah itu gabungkan semua bumbu kemudian blender bersama andaliman. Jika bumbu sudah halus, tambahkan garam sesuai selera dan campur dengan sedikit air panas lalu tambahkan sedikit perasan jeruk nipis ke dalam bumbu, supaya semakin nikmat rasanya.

Keempat, letakkan ikan nila yang telah dipanggang di pinggan, lalu, lumuri ikan tersebut dengan bumbu tinombur yang sudah dihaluskan, kemudian aduk-aduk sampai merata jika langsung ingin disantap, tetapi bisa juga disajikan terpisah supaya tidak cepat basi. Setelah itu semua saatnya Na Tinombur siap disajikan dan disantap. (Monang Sitohang)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *