Rawon Setan yang Tidak Ada Setannya

 Rawon Setan yang Tidak Ada Setannya
Resto Rawon Setan di Jl Embong Malang, Surabaya. Foto: S. Resti Handini

RAWON apa yang paling enak di Surabaya? Bagi pecinta kuliner rawon sejati, bisa beragam jawaban. Sebut saja Rawon Srikandi, Rawon Nguling, Rawon Gajah Mada, Rawon Setan, Rawon Bungkul dan rawon-rawon lainnya. Semua akan kembali ke selera…Tapi kalau ditanya rawon paling kondang, tentu semua setuju menyebut Rawon Setan (RS) Surabaya.

Lokasinya yang sangat strategis, di Jalan Embong Malang, persis di depan Hotel JW Marriot Surabaya dan tidak jauh dari Tunjungan Plaza. Mudah bagi siapa saja yang sedia menikmati atau sekadar mencicipi RS.

Kenapa disebut RS, sulit untuk memastikan ihwal nama Rawon Setan itu. Bisa jadi karena jam bukanya yang malam hari. Konon warung ini awalnya buka mulai pukjul 23.00 sampai pagi. Atau bisa juga dikarenakan rasa sambalnya yang amat sangat pedas. hingga keringat pun bercucuran jika kita menambahkan sambal pada kuah rawon.

Nasi rawon campur.

Rawon adalah makanan khas dari Jawa Timur semacam soto tapi berkuah hitam pekat yang berasal dari bumbu bernama kluwek. Rawon yang berisi potongan daging sapi disajikan dengan campuran tauge pendek mentah, daun kemangi. Campuran tersebut akan memunculkan sensasi beragam rasa dan aroma.

Bagaimana dengan rawon di kedai Rawon Setan yang kondang ini? Rasanya memang enak, pas. Kluweknya tidak terlalu pekat, daging rawonnya cukup banyak dengan potongan yang besar dan empuk. Disajikan dengan tauge dan sambal. Menu lain yang tersedia di meja, telur asin, perkedel aneka gorengan seperti paru, empal daging, tempe dan macam-macam kerupuk.

Anda dapat menikmati rawon ini untuk makan pagi, karena sudah buka dari pukul 08.00 hingga malam hari. Bahkan hari Rabu sampai Sabtu buka hingga pukul 03.00 dini hari. Sedangkan untuk harga seporsi rawon dibandrol Rp 40 ribu. Diperkirakan setiap orang yang makan di RS mengeluarkan Rp 50 ribu ++. Bisa lebih kalau menyambar lauk tambahan.

Sementara menunggu pesanan yang datang dalam hitungan 5-10 mnt, kita bisa melihat di sebagian dinding terpampang foto-foto pengunjung RS, yang dipasang. Ada petinggi negeri, juga para. Sebut saja wakil presiden kita Jusuf Kalla, beberapa anggota DPR dan MPR.

Seperti tempat makan lain, di sini pun tersedia tempat makan yang bisa merokok, dan tidak bisa merokok (ruang AC). Kalau malam hari, pengunjung memilih duduk di teras, yang tak jauh dari area pedestrian Embong Malang. ***

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.