Ratusan Atlet Siap Bertarung di Seleknas

 Ratusan Atlet Siap Bertarung di Seleknas

Kepala Bidang Turnamen dan Perwasitan Mimi Irawan /foto: PBSI

JAYAKARTA NEWS— Ratusan atlet dari berbagai provinsi siap bertarung di Seleksi Nasional PBSI 2022 demi satu tiket bergabung di Pelatnas. Seleksi Nasional (Seleknas) PBSI 2022 akan bergulir pada 10-15 Januari mendatang di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Turnamen dan Perwasitan Mimi Irawan di Pelatnas Cipayung, Rabu (5/1) siang.

“Setelah pendaftaran ditutup kemarin malam, kami masih merekap jumlah atlet yang mendaftar untuk Seleknas. Kami juga berkoordinasi dengan Kabid Sistem Informasi dan Keabsahan untuk mengecek data atlet agar sesuai dengan persyaratan yang PBSI keluarkan,” ucap Mimi sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima redaksi.

“Tapi dapat kami sampaikan bahwa 90% dari 34 pengprov PBSI mengirim wakilnya ke ajang ini. Tentunya saya senang dengan antusiasme mereka dan juga menjadi kesempatan para atletnya untuk bergabung dengan pelatnas,” lanjutnya.

Mimi juga menegaskan bahwa sistem Seleknas yang akan berlangsung ini sudah dibuat dengan sangat fair play dan sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku.

“Walau dengan banyak peserta, kami tetap memberlakukan sistem round robin terlebih dahulu. Tidak langsung sistem gugur. Ini agar semua bisa bersaing, tidak terpatok satu pertandingan saja. Untuk peringkat kami gunakan poin pada bulan Maret 2020,” jelas Mimi.

“Besok (6/1) kami akan langsungkan pengundian pembagian grup dan baru akan diketahui jumlah peserta yang tepat. Lebih adil juga karena Seleknas tidak dibagi berdasarkan divisi,” kata Mimi lagi.

Seperti yang sudah diinfokan sebelumnya, bahwa Seleknas PBSI 2022 tidak ada pembagian divisi 1 dan 2. Semua akan bertarung di kompetisi yang sama. Untuk kelompok umur, Seleknas akan mempertandingkan dua kategori, Taruna (kelahiran 2004 dan seterusnya) dan Dewasa (kelahiran 2002 dan 2003).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky menyambut positif banyaknya atlet yang mendaftar. Ia yakin bahwa akan mendapat bibit-bibit atlet yang bagus dari Seleknas ini. “Saya yakin dari hasil Seleknas ini, kita bisa dapat atlet-atlet terbaik untuk masa depan bulutangkis Indonesia,” ujar Rionny. ***/azn

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *