Rasionalisasi Biaya Operasi

 Rasionalisasi Biaya Operasi

Ilustrasi webinar–foto optinmonster.com

Ilustrasi webinar–foto optinmonster.com

Meningkatnya biaya operasional membuat banyak perusahaan mencari jalan untuk menghemat tanpa mengurangi kualitasnya. Tingginya biaya komunikasi untuk penyelenggaraan meeting dan training menjadi salah satu yang menjadi perhatian para eksekutif.

Salah satunya perusahaan nasional yang berlokasi di kawasan Cawang, Jakarta Timur. Setiap tahun, perusahaan ini menganggarkan biaya puluhan miliar rupiah untuk meeting dan training. Meeting koordinasi rutin berlangsung setiap bulan. Demikian pula trainingnya: ribuan karyawan harus mengikuti pelatihan berjenjang sesuai bidang dan jenis pekerjaannya.

Berdasarkan hasil assessment internal, disimpulkan bahwa biaya meeting dan training bisa dirasionalisasi. Ongkos  bisa diturunkan secara signifikan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan aplikasi meeting dan webinar.

Assessment itulah yang mempertemukan perusahaan tersebut dengan Jagaters, perusahaan saya, sebagai penyedia jasa online meeting dan webinar.

Pekan lalu, kami janjian. Bikin demo online meeting di kantornya yang megah, di lantai 11. Jadwalnya hari ini: pukul 10:00 – 12:00.

Alhamdulillah. Demo online meeting berlangsung sukses. Dari kantor tersebut, saya hubungkan dengan Mas Rio di Semanggu, Mas Moh Bahrun di Bintaro dan Mas Eddy Tatto  Tebet.  Semua terkoneksi dengan baik. Video bagus. Audio mantap. Share screen juga lancar.

Sebelum meninggalkan kantor itu, klien dengan wajah puas mengingatkan agar segera mengirimkan penawaran. Sistem akan segera digunakan untuk mengelola kebutuhan rapat kerja, rapat koordinasi, assessment online, rapat triwulanan dan training karyawan.

Infrastruktur  telekomunikasi di sebagian besar wilayah negeri ini sudah memadai untuk online meeting dan webinar. Terlalu mahal kalau hanya dimanfaatkan untuk mengakses video Youtube atau Facebook.(joko intarto)

 

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *