Presiden Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung

 Presiden Jokowi Mendongeng Lutung Kasarung

Presiden Joko Widodo mendongeng di tengah-tengah anak-anak.

SEBAGAI Kepala Negara, sudah tentu sibuk luar biasa. Namun, di tengah padatnya acara sehari-hari, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap peduli dengan anak-anak kecil. Misalnya, seperti dilakukan Presiden ketika menjadi pendongeng dalam acara Gemar Membaca dalam rangka Hari Buku Nasional, di halaman tengah Istana Merdeka, Rabu (17/5/2017) sore.

Dalam acara yang dipandu oleh Duta Baca Nasional yang juga seorang jurnalis, Najwa Shihab ini, hadir sekitar 500 siswa SD/sederajat dan SMP/sederajat. Para siswa ini, selain dihibur permainan sulap dan pembacaan dongenag, tak ketinggalan, Presiden Jokowi juga ikut mendongengkan cerita rakyat berjudul “Lutung Kasarung”.

“Tadi baru saja saya mendongeng sebuah cerita nusantara mengenai “Lutung Kasarung” pada anak-anak. Melalui cerita itu, saya hanya ingin menyampaikan bahwa negara ini kaya terhadap cerita-cerita, dongeng – dongenag di setiap daerah ada semuanya,” ujar Presiden Joko Widodo kepada para jurnalis usai acara.

Mengingat banyaknya cerita Nusantara yang tersebar di setiap daerah di Tanah Air, Kepala Negara pun memerintahkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi untuk terus meningkatkan minatbaca anak-anak Indonesia lewat cerita-cerita Nusantara.

 

“Masih banyak lagi yang perlu dikenalkan kepada anak – anak, sehingga minat baca anak ini menjadi lebih baik lagi. Dan saya juga minta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan agar cerita – cerita Nusantara ini disebarkan, disampaikan kepada ana-anak kita sejak dini,” tutur Presiden.

Hal ini dilakuka pemerintah guna menanamkan nilai-nilai budi pekerti kepada anak – anak Indonesia. Apalagi di era keterbukaan saat ini, nilai – nilai kesantunan di Indonesia harus dijaga dan diterapkan dalam kehidupan sehari – hari. “Nilai – nilai moral, etika, kesantunan, kejujuran, keberanian, itu ada di anak – anak kita karena cerita – cerita yang baik tadi,” paparnya.

Presiden sendiri menyatakan bahwa dirinya selalu menyempatkan diri untuk membaca di tengah kesibukannya menjalankan tugas pemerintahan. Sejumlah tempat seperti mobil, hingga pesawat menjadi tempat favorit Presiden untuk membaca. “Selalu waktu luang saya di pesawat, di mobil, saya gunakan untuk membaca,” ungkapnya.

Digiqole ad

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *