Pelatihan Menulis Feature

 Pelatihan Menulis Feature

“GUS…, acara pelatihan bisa gagal kalau tidak ada Katmin,” begitu kurang lebih pesan yang ditulis Roso Daras, Pemimpin Redaksi Jayakartanews.com kepada Agus Sundayana melalui whatsapp, tadi malam (10/3).  Agus, aktivis Jayakarta dari divisi non redaksi ini pun berjanji akan berkirim sms ke Katmin, dan berharap yang dikirimi sms belum tidur. “Katmin besok siap di lokasi jam delapan,” lapor Agus. Jarum jam mennjuk pukul 23.15 WIB.

Begitulah sekelumit persiapan Pelatihan Menulis Feature yang diselenggarakan media online jayakartanews.com, hari ini dan besok (Sabtu – Minggu, 11 – 12 Maret). Pelatihan diselenggarakan di Rumah Internet Atmanto (RIAT), Jl. Pengadegan Utara No. 14, Jakarta Selatan. Selain mendapatkan materi teori yang disampaikan oleh Roso Daras, para peserta juga mendapat bimbingan reportase dari para jurnalis senior Jayakartanews.

Pelatihan diikuti tak kurang dari 29 orang, yang terdiri dari awak non redaksi Jayakarta. “Niat semula, pelatihan ini saya tujukan untuk teman-teman non redaksi. Tujuannya agar makin banyak tenaga penulis yang mengisi website jayakartanews,” ujar Roso, seraya menambahkan, “tapi kemudian berkembang, ada yang mengajak teman, bahkan ada yang mengikutkan anak-anak mereka.”

Demi efektivitas jalannya pelatihan, Ketua Panitia Pelatihan, Ketty Saukoly membaginya ke dalam dua gelombang. Setiap gelombang, diikuti antara 14 – 15 orang. Gelombang pertama dimulai pukul 10.00 sampai 12.00. Usai makan siang, mereka langsung dibimbing para mentor terjun ke lapangan. Sedangkan gelombang kedua, dimulai pukul 13.00 – 15.00, dilanjutkan praktek liputan hingga pukul 17.00 WIB.

Selain mendapatkan materi teori dan praktek lapangan, para peserta juga diberikan sertifikat. Keesokan harinya, Minggu (12/3), seluruh peserta akan bergabung dalam satu sesi evaluasi dan tanya-jawab. Sebagai akhir rangkaian pelatihan, manajemen akan menggelar rapat pengembangan usaha. ***

Digiqole ad

Related post

1 Comment

  • Pak Pemred Pelatihan Menulis Feature sangat bagus, bagi kalangan Pemula, tapi pelatihan kemarin rasa sangat kurang waktu yang diberikan, walaupun materi yg diberikan cukup padat, kalau boleh usul honon diaadakan lagi Pelatihan Menulis jilid II, selain sangat bermanfaat bagi kita, juga teman – teman junior
    terima kasih Pak Pemred, maju terus Jayakarta jangan melawan Arus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *