Connect with us

Feature

Nikmatnya Buka Puasa di Masjid Agung Granada Spanyol

Published

on

 

SEBUAH  masjid di kota Granada, Andalusia, terletak di kawasan Spanyol selatan. Masjid yang  menghadap ke Istana Alhambra yang terkenal tersebut, manerik  banyak Muslim untuk berziarah selama bulan Ramadhan.

Masjid ini bernama “Mezquita Mayor de Granada” (Masjid Agung Granada). Di sini pas banget untuk menjadi pilihan  saat Anda berada di Granada dan tengah menjalankan puasa Ramadhan seperti sekarang ini. Pengurus masjid ini menyediakan hidangan untuk berbuka puasa dengan berupa kurma dan sup Harira Maroko.

Sekretaris Jenderal Masjid, Zacarias Lopez Rejon mengatakan  bahwa mereka menyediakan hidangan untuk  puasa hari Minggu kemarin dengan hidangan susu dan kurma, sementara sup Harira disajikan setelah sholat Tarawih.

“Setelah sholat isya, kami melakukan sholat Tarawih. Selama sebulan penuh, Quran dibaca dari awal hingga akhir dua kali,” kata Rejon.

Menurut Rejon, masjid ini dibangun   oleh komunitas Muslim di Granada 30 tahun yang lalu ketika ayahnya masuk Islam.

“Kami mengalami kesulitan dalam pembangunan masjid. Prosesnya memakan waktu lama karena alasan keuangan dan politik. Akhirnya masjid itu diresmikan untuk ibadah pada tahun 2003,” kata Rejon.

Rejon menambahkan, bahwa mereka membutuhkan bantuan keuangan dari seluruh dunia untuk tetap memelihara masjid.

Muhammed Ibrahim Perez, seorang pengunjung masjid yang berusia 60-an, mengatakan Muslim di Granada memiliki tempat penting dalam hal aspek lokal, nasional dan internasional.

Perez mengatakan bahwa Ramadhan adalah bulan terbaik dan ditunggu tahun ini.

Kota di selatan Granada dikenal sebagai tanah Umayyah Andalusia, selama delapan abad hingga Perang Granada pada 1492, ketika kaum Muslim kehilangan semua kekuasaan mereka di Spanyol.

Setelah kemenangan Spanyol, Granada dianeksasi ke Kastilia, sebuah kerajaan di Semenanjung Iberia selama Abad Pertengahan.

Perang ini adalah bagian dari “Reconquista”, yang berarti merebut kembali.***

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *